Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati, Berikut Biaya Tes Kesehatan di Jakarta

Tes kesehatan teratur atau medical check up penting untuk mengecek kesehatan tubuh secara berkala. Selain untuk pemeriksaan rutin, tes ini umum diperlukan untuk administrasi perusahaan, instansi, atau pra-menikah. Berapa, ya, biaya tes kesehatan atau harga medical check up?

Pepatah tentang lebih baik mencegah daripada mengobati adalah mengapa kita membutuhkan tes kesehatan berkala. Dengan mengecek keadaan tubuh dari waktu ke waktu, kita akan tahu dinamika kesehatan kita dan dapat menanggulangi kemungkinan-kemungkinan terburuk bagi tubuh.

Tes kesehatan penting untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh dan mendeteksi adanya gangguan sejak dini.

Namun, hingga saat ini, banyak orang ragu melakukan tes kesehatan berkala karena takut akan biaya tes kesehatan ini. Padahal, kita bisa lho menyisihkan dana apabila sudah menetapkan harga medical check up yang tepat dan menganggarkannya. 

Yuk, kita mengecek kebutuhan tes kesehatan ini dan bersiap menganggarkan dana.

Baca juga: Amit-amit! Ini 5 Pertanda Kamu Ketemu Jalan Buntu untuk Bayar Utang

#1 Ketahui keperluan melakukannya dan harga medical check up

Beberapa keadaan yang memerlukan tes kesehatan di antaranya:

  • Rencana menikah: Ini diperlukan bila pasangan hendak merencanakan pernikahan. Umum dikenal juga sebagai pre-marital check up. Bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan terkait kebutuhan reproduksi. Ini tentu membutuhkan biaya tes kesehatan tambahan selain biaya yang hanya dikenakan bagi pemeriksaan rutin.
  • Syarat kerja atau sekolah: Prasyarat melampirkan dokumen bukti cek kesehatan umumnya perlu disertakan untuk mendaftar lowongan pekerjaan atau ujian sekolah.
  • Pemeriksaan rutin: Ini untuk kebutuhan berkala yang dilakukan minimum satu tahun sekali dan dianjurkan bagi semua kalangan, baik anak-anak atau orang dewasa, perempuan-laki-laki, dalam keadaan sehat maupun sakit.
  • Pemantauan penyakit: Apabila telah terdiagnosis penyakit tertentu, cek kesehatan ini diperlukan untuk memantau situasi penyakit, apakah keadaan tubuh membaik atau memburuk.

Secara umum, tes kesehatan ini dilakukan untuk memeriksa riwayat penyakit dan juga riwayat kesehatan keluarga. Untuk riwayat kesehatan keluarga, ini akan penting dilakukan karena dapat mendeteksi risiko yang mungkin diturunkan oleh orang tua.

Untuk pemeriksaan ini, umumnya kamu dikenakan kisaran biaya Rp300.000.

Baca juga: Dibanderol Rp1,5 Juta per Kg, Kinmemai Premium jadi Beras Termahal di Dunia

#2 Apa yang biasanya diperiksa untuk biaya tes kesehatanmu

Prosedur medical check up umumnya dilakukan di laboratorium atau rumah sakit dengan langkah-langkah pemeriksaan yang menyesuaikan dengan kondisi dan tujuan. Umumnya, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang.

biaya tes kesehatan

Pemeriksaan fisik akan meliputi mengecek Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh berdasarkan berat badan dan tinggi badan, pemeriksaan tanda-tanda vital seperti tekanan darah (yang normal adalah 120/80 mmHg), denyut nadi (normal pada 60-100 kali denyut per menit), laju pernafasan (normalnya 12-20 kali per menit), dan suhu tubuh (normal 37,5 derajat celcius).

Untuk mata, pengecekan meliputi ketajaman pelihatan, ada atau tidaknya kelainan refraksi, astigmatisma, katarak, tekanan di dalam bola mata, pemeriksaan lapang pandang, buta warna, ataupun infeksi mata.

Pemeriksaan THT, di telinga dilihat ada atau tidaknya intak atau serumen di gendang telinga, juga pengecekan kemampuan pendengaran pada umumnya. Sementara di hidung meliputi ada atau tidaknya septum deviasi, massa di dalam rongga hidung, dll. Dan untuk rongga mulut, akan diperiksa tanda-tanda infeksi rongga mulut, pembesaran kelenjar tonsil, dll.

Sementara untuk organ dalam, dilakukan pemeriksaan pada rongga dada meliputi organ paru-paru dan jantung. Dan untuk pemeriksaan rongga perut meliputi organ hepar (hati), usus, dan limfa.

Harga medical check up tidak tampak terlalu banyak untuk mengecek semua itu, kan?

Belum lagi ditambah bila kamu hendak melakukan pemeriksaan penunjang. Ini disesuaikan dengan kebutuhan pasien, meliputi: pemeriksaan laboratorium darah, pemeriksaan urin, rontgen dada, elektrokardiografi (EKG), treadmill, dan pemeriksaan laboratorium khusus.

Baca juga: Pengin Jalan-jalan ke Luar Negeri? Ini Caranya Bikin Paspor Online

#3 Biaya tes kesehatan di Jakarta

Biayanya umumnya bervariasi tergantung pada rangkaian tes yang dilakukan, instansi kesehatan yang dipilih untuk melakukan prosedur, dan fasilitas yang ditawarkan.

Harga medical check up ini di rumah sakit umumnya berkisar antara Rp350.000-Rp10.000.000.

Di RS Carolus Jakarta, layanan tes kesehatan ini berkisar pada harga Rp675.000-Rp915.000.

Untuk di RS Siloam Jakarta, layanan dikenai biaya Rp255.000-Rp8.290.000.

Sementara untuk di RS Premier Bintaro, harga medical check up sekitar Rp450.000-Rp.10.000.000.

Tidak hanya dilakukan di rumah sakit, tes kesehatan bisa juga dilakukan di klinik-klinik yang menyediakan laboratorium untuk pemeriksaan kesehatan secara umum. Biayanya di rentang Rp300.000-Rp5.000.000.

Biaya-biaya ini akan lebih ringan tentunya apabila kamu memiliki asuransi kesehatan yang mendukung.

Sumber: Honestdocs, Tirto

Simak juga:

Penebangan Liar hingga Prostitusi, Ini 5 ‘Barang’ Pasar Gelap Indonesia yang Hasilkan Triliunan Rupiah

Demi Nawacita, Jokowi Kembangkan Tol Laut untuk Pengembangan Daerah Terpencil

Nadiem Makarim sebagai Menteri Termuda dengan Ide Segar, Ini 5 Menteri Muda Lain dari Seluruh Dunia

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here