Harga Emas Naik Turun, Bagaimana Cara Prediksi?

Ingin memulai investasi emas? Amati dahulu bagaimana pergerakan harga emas sebelum memutuskan membeli emas.

Harga emas memang selalu berubah-ubah. Salah langka atau tidak sabar bisa berdampak buruk.

Mengetahui pergerakan emas bermanfaat supaya bisa memilih ‘timing’ yang cocok untuk membeli atau menjual emas. Untuk mempelajari bagaimana pergerakan harga emas akan naik atau turun, pahami dahulu apa penyebab harga emas bisa berubah setiap harinya.

Biasanya banyak orang paham pengerakan emas dipengaruhi oleh situasi perkembangan dunia. Namun ada faktor lain di sekitar kita yang mempengaruhi.

Perubahan Nilai Tukar Dolar Amerika Serikat

Harga emas dan nilai tukar dolar AS selalu berlawanan. Jika harga dolar menguat, maka harga emas akan menurun. Begitupun sebaliknya.

Ini menandakan membaiknya ekonomi AS membebani turunnya harga emas karena emas yang dihargakan dalam dolar AS menjadi lebih mahal bagi investor. Maka, nilai tukar dolar bisa menjadi patokan kamu kapan harus membeli atau menjual emas.

Terjadinya Inflasi

Apabila terjadi inflasi, maka harga emas cenderung naik. Karena saat inflasi, nilai uang turun, maka orang mencari alternatif alat tukar lain yang lebih berharga seperti emas.

Akibatnya, permintaan emas meningkat yang membuat harga emas cenderung akan naik. Setiap negara memiliki prediksi inflasi. Jika prediksi tersebut meleset, maka orang-orang umumnya akan membeli emas.

Kenaikan Tingkat Suku Bunga

Suku bunga juga bisa menjadi patokan kapan waktu yang tepat membeli atau menjual emas. Ketika suku bunga naik, maka harga emas akan turun.

Begitu juga sebaliknya, apabila suku bunga melemah, harga emas akan mengalami kenaikan. Hal ini dikarenakan apabila suku bunga sedang tinggi maka dapat menarik masyarakat untuk menyimpan uangnya di bank.

Pengaruh Industri yang Berbahan Baku Emas

Kelebihan atau kekurangan produksi emas dapat mempengaruhi harga emas. Apabila produksi emas berlebihan, hai ini dapat membuat harga emas turun.

Namun, di sisi lain jadi membebani para produsen emas, apabila stok emas berlebihan maka hutang perusahaan-perusahaan produsen emas ini akan semakin meningkat dan kesulitan untuk mengembangkan usaha.

Apabila produksi emas mengalami kesulitan, misalkan karena permintaan perhiasan, medis atau elektronik yang menggunakan bahan baku emas mengalami peningkatan, maka emas menjadi langka.

Hal ini membuat harga emas menjadi naik. Alasan lain yang menyebabkan produksi emas mengalami kesulitan karena proses penambangan emas yang rumit, harga emas akan melonjak karena stok emas terbatas.

Terjadinya Krisis Global

Situasi perekonomian dunia yang tidak menentu seperti perang atau panasnya situasi politik di suatu negara bisa berdampak pada harga emas. Misalkan, saat krisis terjadi pada negara-negara besar, maka orang-orang akan panik dan mulai berinvestasi emas dalam jumlah besar.

Maka ketika permintaan akan emas naik, harga emas pun melonjak. Permintaan emas tidak hanya bisa berasal dari masyarakat, tetapi juga dari bank-bank sentral dunia.

Bank-bank tersebut bisa memonopoli pembelian emas dalam jumlah besar. Emas yang langka bisa membuat harga emas naik. Sebaliknya, jika permintaan emas rendah, harga emas akan cenderung turun.

Harga Emas Naik Turun, Bagaimana Cara Prediksinya
Harga Emas Naik Turun, Bagaimana Cara Prediksinya

Lalu bagaimana harga emas di Indonesia? Sesuai faktor di atas, para investor bisa melihat apakah ekonomi AS sedang membaik atau adakah ancaman krisis di AS atau Eropa.

Apabila mata uang negara-negara tersebut membaik, maka harga emas bisa merosot. Misalkan tahun 2018, mata uang dolar AS menguat karena munculnya ketegangan geopolitik, perang dagang dan kenaikan suku bunga. Maka para investor lebih tertarik menyimpan dolar AS yang membuat harga emas turun.

Kemudian untuk menentukan kapan saat tepat membeli emas, faktor-faktor di atas bisa menjadi patokan. Selain melihat saat harga emas turun, pilihlah saat dana kamu siap dialokasikan untuk investasi jangka panjang.

Jika ingin mempermudah melihat cara pergerakan nilai emas, bisa mengunduh aplikasi Pluang atau melihat website Pluang.com. Di segmen ‘Harga Emas Hari ini’ kamu bisa melihat harga emas terkini dari berbagai sumber seperti Pluang (emas), Indogold, Tokopedia, Pengadaian, dll.

Grafik ini selalu diperbarui setiap harinya. Kamu juga bisa melihat pergerakan emas dari waktu ke waktu seperti tiap hari, perminggu, perbulan pertiga bulan bahkan sampai pertahun. Ini membantu untuk menganalisa dan memprediksi harga emas.

Setelah melihat pergerakan emas dan sudah yakin untuk berinvestasi, aplikasi ini juga menyediakan fasilitas jual beli emas secara online. Pembelian bisa dimulai dari nominal kecil dan ‘ditabung’ di aplikasi Pluang sehingga tidak perlu biaya penyimpanan atau biaya cetak emas. Jadi, sudah siap membeli emas?

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here