Sepekan Anjlok, Harga Emas Antam Mulai Menguat Tipis

Beberapa hari terakhir, harga emas antam turun dan menjadi harga terendah dalam 3 bulan terakhir. Harga emas antam terbaru hari ini yang dapat dibeli lewat aplikasi Pluang menyentuh angka Rp686.809 per gram.

Sejak Jumat, harga emas Antam turun. Situs Logammulia mencatat, penurunan harga hingga Rp4.000/gram terjadi sejak pada Jumat, dan hari ini Senin (11/11) harga emas menguat tipis  dibandingkan Jumat lalu.

Di luar harga aplikasi Pluang, Informasi Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, harga emas antam terbaru berada di level Rp742.000 per gram. Ini naik Rp1.000 per gram setelah sepanjang pekan ini emas antam terus menunjukkan pelemahan.

Harga emas turun ini ditentukan oleh harga di pasar global yang memang sedang jatuh ke level terendah dalam tiga bulan ini. Di pasar, harga emas turun ke level 1.355,80 USD/troy ons dan ini tentu berpengaruh juga ke harga emas antam terbaru.

Diperkirakan, ini terjadi karena sedang ada perseteruan dagang antara AS-Tiongkok. Perjanjian perdagangan yang akan direalisasikan antara dua negara ini membuat harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) terpengaruh.

Baca juga: 7 Alasan Nabung Emas di Pluang Paling Aman

Harga Emas Antam Turun karena Pengaruh Kesepakatan Damai Dagang AS-Tiongkok

Juru bicara kementerian perdagangan Tiongkok Gao Feng menyebutkan baik AS maupun Tiongkok setuju untuk membatalkan rencana pengenaan berbagai tarif be masuk. Perundingan ini membuat dua negara dekat dengan kesepakatan damai dagang fase I.

harga emas antam turun

Namun, persoalan penghapusan tarif ini masih dibantah oleh pemerintah AS dan kabar angin bahwa Tiongkok melakukan propaganda dagang membuat realisasi perjanjian dagang antara kedua negara ini berada dalam kondisi simpang siur.

Sementara itu, investor mulai mendengar kabar bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed) yang menghentikan periode pemangkasan suku bunga.

The Fed memang sempat memangkas suku bunga 25 basis poin. Ini mendorong sepanjang pekan lalu emas anjlok hingga 3,7%, level terlemah harga emas sejak 5 Agustus.

Baca juga: Sudahkah Kamu Mengenali 4 Jenis Emas Ini Sebelum Mulai Investasi?

Harga Emas Antam Terbaru, Menguat Tipis

Pada akhir Oktober lalu, bagaimanapun, harga emas masih berada di atas 1.500 USD/troy ons. Namun, kenaikannya diprediksi berakhir oleh Chief Commodities Economist di Capital Economics, Caroline Bain.

Lembaga riset makro-ekonomi ternama yang berbasis di London ini bahkan memproyeksikan harga emas dunia akan ada di kisaran 1.350 USD/troy ons pada akhir 2020. Untuk tahun 2021, harga emas bahkan diprediksi turun lagi menjadi di kisaran 1.250 USD/troy ons.

Bain bahkan berani menyimpulkan bahwa “investasi terbaik” untuk tahun depan bukan logam mulia. Ini karena pada tahun-tahun mendatang, pertumbuhan ekonomi global akan membaik. Ini akan membuat selera terhadap risiko (risk appetite) pelaku pasar meningkat, yang berdampak emas tidak akan menarik lagi.

Sementara itu, harga emas antam terbaru berada di level Rp742.000 per gram dan ini sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9%. Jika ingin peroleh harga yang lebih rendah, bisa membawa NPWP saat bertransaksi.

Harga jual kembali (buyback) emas antam di level Rp658.000/gram. Jika nominal pembelian lebih dari Rp10 juta, harga akan mengikuti PMK No. 34/PMK.10/2017 dengan penjualan kembali emas batangan ke PT Antam Tbk dengan nominal lebih dari 10 juta dikenakan PPh 22 sebesar 1,5% (untuk pemegang NPWP) dan 3% (untuk non-NPWP).

Sumber: CNBC Indonesia, Bisnis.com

Simak juga:

Emas atau Perak, Pilihan Investasi Logam Manakah yang Lebih Menguntungkan?

Takut Investasi karena Istilah Rumit? Simak Kamus Investasi Emas Ini!

Enam Cara Investasi Emas bagi Pemula

Investasi Emas Non-Fisik dalam Bentuk Emas ETF VS Emas Berjangka, Apa Bedanya?

Mulai dari Zaman Mesir Kuno, Telusuri Yuk Sejarah Emas Hingga Hari Ini!

Kenapa Investasi Emas Online Lebih Praktis dari Emas Fisik?

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here