Selain Gak Bikin Kantong Jebol, Ini 5 Manfaat Gaya Hidup Minimalis untuk Keuanganmu

Kamu gemar berbelanja? Seperti mengejar diskon, free ongkir dan sebagainya. Sebenarnya tidak salah asalkan sesuai dengan kebutuhan. Gaya hidup pun menjadi konsumtif. Yuk, mulai mengenal gaya hidup minimalis.

Perlu diingat apabila memulai gaya hidup minimalis juga perlu disertai dengan cara pandang yang minimalis pula. Banyak manfaat yang bisa kamu dapat dengan memulai gaya hidup minimalis seperti berikut ini!

Manfaat gaya hidup minimalis untuk kesehatan keuangan kamu!

 

Manfaat gaya hidup minimalis #1 Tabungan kamu aman

 

Banyak cara untuk memulai gaya hidup minimalis seperti merawat barang yang telah kamu miliki selama ini agar lebih awet. Hal inipun berdampak kamu tidak boros mengeluarkan uang lagi untuk sering berganti barang yang rusak.

Barang-barang seperti mobil, motor, handphone, tas, sepatu dan lain-lain. Barang keseharian yang sering kamu pakai memang rentan rusak namun belilah barang yang berkualitas bagus, bukan mengejar kuantitas barang. Selain tidak perlu sering membeli barang pengganti, kamu juga tidak perlu membeli begitu banyak barang apabila fungsinya pun sama.

Ini juga membuat kamu berkontribusi menyumbang banyak limbah. Awalnya memang membutuhkan biaya yang lebih besar namun di kemudian hari kamu lebih bisa berhemat. Ini mengurangi barang yang duplikasi. Ketika memutuskan membeli barang yang baru, buanglah barang lama/rusak yang tidak memungkinkan terpakai lagi sehingga tidak mengotori rumah juga.

Gaya hidup ini bikin tabungan aman dan tidak boros. Karena sekali-kali membeli sepatu baru atau baju baru. 

 

#2 Hidup lebih sehat dan terlepas stress 

 

Dengan lingkungan rumah yang bersih dan tidak berantakan, bisa membuat kamu juga lebih sehat. Misalkan barang yang rusak/tidak terpakai terus menerus bisa membuat penyakit karena penuh debu dan tempat bersarang serangga.

Kamu bisa bernafas lebih lega dengan ruangan yang bersih dan tidak sumpek. Selain itu, efektif membeli barang yang berguna saja juga membantu kamu untuk tidak tergoda menyicil barang lain yang fungsinya sama. Kamu jadi bisa hidup dengan rutin menyicil dan berutang walau sebenarnya barang tersebut tidak benar-benar kamu butuhkan.

Hidup dengan memilih kebutuhan sebagai prioritas bukan karena mengejar untuk memiliki barang-barang materil semata. Misalnya membeli bahan makanan tidak terlalu banyak juga akan mempengaruhi kesehatan kamu. Kalau terlalu banyak bisa tersisa banyak karena membusuk dan menjadi boros. Selain itu, tidak membawa barang bawaan terlalu banyak dan benar-benar menggunakan barang-barang yang praktis.

 

#3 Lebih banyak memiliki pengalaman

 

Ketika kamu tidak mengejar materi semata, kamu bisa memiliki budget lebih untuk berwisata ke tempat baru yang bisa menjadi pelajaran untuk kamu. Ketika berlibur pun, kamu tidak fokus mengejar souvenir yang tidak diperlukan atau mencari materi ini itu.

Namun fokus menjelajah dan menghabiskan waktu yang lebih banyak untuk menjalani pengalaman baru. Waktunya dihabiskan dengan lebih bermanfaat untuk mengumpulkan memori indah.

 

#4 Hidup lebih produktif

 

Gaya hidup minimalis membuat seseorang memiliki kendali terhadap diri sendiri. Dengan pengendalian diri, pikiran lebih tenang dan bebas memiliki ide. Kamu pun menjadi lebih produktif dan fokus mengejar tujuan hidup. Kehidupan dan pekerjaannya pun menjadi lebih baik.

Dengan mengurangi barang tak perlu, kamu juga tidak memberatkan dirimu dan orang di sekitarmu. Kamu lebih berani dan tidak takut kehilangan apapun. Gaya hidup minimalis membuat kamu juga memiliki cara pandang yang lebih minimalis. Pikiranmu lebih positif sehingga dapat meraih kebahagiaan dan pencapaian berikutnya.

 

#5 Hubungan dengan keluarga dan sekitar lebih erat 

 

Gaya hidup minimalis bisa membuat hidupmu lebih bermakna karena cara pandangmu yang luas. Kamu akan memiliki waktu luang yang lebih panjang yang bisa dihabiskan bersama teman, keluarga dan lingkungan sekitar kamu. Kamu juga menghabiskan waktu untuk me time atau mendalami hobi, minat dan olahraga yang kamu seringkali tinggalkan. Yuk mulai gaya hidup minimalis sekarang!

Sumber: IDNTimes, Detik, Cermati

Baca juga:

Jangan Dibiarkan, Stres di Tempat Kerja Harus Segera Ditangani dengan Cara Ini!

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here