Apa Itu ETF (Exchange Traded Fund)?

DEFINISI

Exchange Traded Fund – ETF adalah melacak banyak saham atau sekuritas lain untuk memudahkan kamu berinvestasi di sektor, industri, atau bahkan wilayah, jadi kamu tidak perlu memilih saham individu.

etf adalah
Perusahaan dalam grafik di atas ditampilkan hanya untuk tujuan ilustrasi. Perusahaan yang terdaftar tidak dimaksudkan untuk mewakili perusahaan yang terdiri atas ETF tertentu atau aktual.

Memahami ETF

Beberapa orang menginginkan saham hanya di satu perusahaan. Yang lain ingin saham dalam satu jenis perusahaan. ETF diperuntukkan bagi yang terakhir – masing-masing ETF terdiri dari beberapa investasi dalam saham dasar yang berbeda atau sekuritas lainnya.

Ada berbagai varian ETF tergantung pada fokus investasi mereka, yang dapat berupa industri tertentu (otomotif atau teknologi), wilayah tertentu (Eropa atau saham pasar berkembang), atau kategori sekuritas tertentu lainnya, misalnya. ETF memungkinkan kamu berinvestasi di seluruh sektor tanpa harus memilih perusahaan mana pun di dalamnya. Dan kamu dapat membeli atau menjual ETF seperti halnya kamu membeli saham.

CONTOH

Jika kamu yakin cybersecurity adalah investasi cerdas, tetapi tidak tahu perusahaan cybersecurity tunggal mana untuk berinvestasi, kamu mungkin tidak harus memilih satu. Sebaliknya, ETF cybersecurity mencakup saham dari berbagai perusahaan cybersecurity, memberi kamu investasi yang lebih beragam di industri cybersecurity.

Kesimpulan

ETF adalah seperti investasi minuman smoothie … 

Mirip dengan smoothie, itu adalah satu hal yang dapat kamu investasikan yang terdiri dari campuran bahan, tersedia dalam berbagai varian aset (mis., Industri, sektor, dll.).

Ketahui Lebih Lanjut….

ETF Umum

Apakah ETF adalah sama dengan reksadana?

Keuntungan ETF

Kerugian dari ETF

ETF Umum

Smoothie hadir dalam berbagai aroma, ukuran, dan rasanya – mirip dengan ETF mu. Terkadang mereka melacak indeks saham, seperti S&P 500. Tetapi mereka juga dapat menyediakan akses ke jenis sekuritas lainnya. Ada berbagai jenis ETF saham.

Kamu juga dapat menemukan ETF yang melacak campuran mata uang (uang asing), obligasi (utang perusahaan), atau bahkan komoditas (seperti produk yang tidak terdiferensiasi, seperti minyak atau jus jeruk). 

Beberapa ETF umum yang sering diperdagangkan yang mungkin kamu temukan adalah:

  • SPY: SPDR S&P 500 ETF dimaksudkan untuk melacak indeks saham S&P 500, yang terdiri dari 500 perusahaan AS yang diperdagangkan secara publik terbesar berdasarkan nilainya dengan kapitalisasi pasar. Menawarkan varian tertentu dari pasar saham AS umum (yaitu, saham berkapitalisasi besar). ETF ini biasanya naik dan turun dengan cara yang berkorelasi erat dengan indeks saham S&P 500.
  • GLD: Saham Emas SPDR ETF dimaksudkan untuk melacak dengan cermat harga sejumlah emas tertentu (bahkan menjadi salah satu pemegang emas terbesar di dunia). Ini adalah ETF yang pada dasarnya terdiri dari satu jenis bahan. Ini memungkinkan kamu memiliki sesuatu yang sangat mirip emas, tetapi dalam bentuk ETF. 
  • EEM: iShares MSCI Emerging Markets ETF dimaksudkan untuk memberikan paparan pada pergerakan umum lebih dari 800 saham yang diperdagangkan secara umum dan besar dari negara-negara ekonomi berkembang. ETF ini mungkin dipegang oleh investor dengan keinginan untuk mendiversifikasi portofolio mereka dengan saham asing, potensi tertentu untuk pertumbuhan, dan keinginan yang lebih besar untuk mengambil risiko. Tetapi investor dalam ETF ini biasanya terpapar risiko politik, mata uang, dan pasar yang sama yang memengaruhi dana perusahaan-perusahaan pasar berkembang yang mendasarinya.

Apakah ETF adalah sama dengan Reksadana?

Keduanya mengandung kata “dana,” tetapi tidak persis sama. Reksa dana dan ETF juga dapat memberikan akses atau paparan pada investasi yang lebih luas dalam satu, gabungan dana. Reksadana juga datang dalam dua jenis utama (terbuka dan tertutup), yang masing-masing dapat menawarkan fitur yang berbeda.

Tetapi sementara ETF dan reksa dana sama-sama memberikan diversifikasi investasi, mereka berbeda dalam struktur, manfaat, dan risiko (reksa dana tidak ditawarkan oleh Robinhood Financial LLC).

Berikut adalah beberapa perbedaan:

1. ETF dapat diperdagangkan sepanjang hari di bursa dengan harga yang berbeda, seperti saham. Tetapi banyak reksa dana (seperti reksa dana terbuka) hanya dihargai sekali sehari, pada akhir hari perdagangan, dan hanya dapat ditebus setelah harga ditentukan setiap hari begitu perdagangan berakhir.

2. ETF biasanya tidak dikelola secara aktif. Mereka biasanya dirancang untuk secara pasif melacak industri tertentu, indeks, atau bundel sekuritas, sehingga biaya manajemen dapat lebih rendah. Reksa dana cenderung dikelola secara aktif oleh manajer investasi.

Keuntungan ETF

ETF memberikan berbagai manfaat relatif terhadap jenis dana lain, seperti reksa dana. Ingatlah bahwa terlepas dari keuntungan ini, semua ETF membawa risiko berdasarkan investasi dasar yang mereka miliki (dan kamu, sebagai investor, akan mendapatkan eksposur sebagai pemegang ETF, misalnya):

  • Perdagangan “Intraday”: Sama seperti saham, harga ETF dapat bergerak pada siang hari dan dapat diperdagangkan sepanjang jam perdagangan. Misalnya, pedagang harian dapat membeli ETF di pagi hari, menjualnya saat makan siang, dan kemudian membelinya lagi di sore hari. Reksa dana terbuka, di sisi lain, hanya dapat ditebus sekali sehari, setelah pasar tutup, dengan harga akhir hari dana tersebut.
  • Perdagangan Ganda: ETF diperdagangkan seperti saham di bursa dalam lebih dari satu cara. Selain membeli satu saham ETF, dengan beberapa broker (meskipun bukan Robinhood Financial LLC), kamu juga dapat menjual beberapa ETF pendek atau membeli ETF tertentu dengan margin.
  • Keragaman: Berbagai macam ETF yang tersedia memudahkan untuk memberikan keragaman pada portofoliomu. ETF yang berbeda dan semakin khusus mengkhususkan pada sektor, area, dan sekuritas tertentu yang dapat membantu menyeimbangkan investasimu yang lain.
  • Dividen dan Keuntungan: Pemegang ETF adalah pemilik tidak langsung dari perusahaan yang mendasari tempat dana disimpan, sehingga mereka menerima beberapa manfaat dari saham yang mendasari di mana ETF berinvestasi, termasuk dividen yang didistribusikan kepada pemegang saham.
  • Dividen dan Keuntungan: Pemegang ETF adalah pemilik tidak langsung dari perusahaan yang mendasari tempat dana disimpan, sehingga mereka menerima beberapa manfaat dari saham yang mendasari di mana ETF berinvestasi, termasuk dividen yang didistribusikan kepada pemegang saham.

Baca juga: Apa Itu Obligasi?

Kerugian dari ETF

Berinvestasi serius, apa pun jenis investasinya – saham, komoditas, reksa dana, atau ETF. Selain manfaat ETF, ada juga kelemahan penting yang perlu diingat. Dan seperti halnya investasi apa pun, ETF membawa risiko, apakah itu risiko pasar umum atau risiko spesifik perusahaan tempat ia berinvestasi. Berikut adalah beberapa kerugian utama yang perlu diingat:

  • Keberagaman : Meskipun ETF adalah dapat membawa keragaman ke dalam portofolio, ETF tidak semuanya beragam. Beberapa menyediakan akses ke berbagai stok dalam wilayah, sektor, atau topik tertentu, tetapi tidak semua melakukannya. Pastikan kamu mengetahui persis apa yang termasuk dalam ETF tempatmu berinvestasi dan apakah itu benar-benar mendiversifikasi investasimu, jika itu yang kamu tuju.
  • Lebih banyak (atau lebih sedikit) manajemen aktif: Beberapa ETF adalah lebih aktif dikelola daripada yang lain yang secara pasif melacak indeks. Pastikan kamu mengetahui gaya manajemen ETF, karena yang memiliki manajemen lebih aktif biasanya akan membebankan biaya yang lebih tinggi untuk layanan itu. Biaya dapat mengikis pengembalian atau memperparah kerugian.

Baca juga: Apa Itu Pendapatan?

  • Ketidakstabilan pasar: ETF telah mendapatkan perhatian serius. Pertumbuhan popularitas ETF selama dekade terakhir telah menghasilkan lonjakan dana yang melacak berbagai indeks atau industri. Akibatnya, volatilitas pasar dapat diperbesar karena investasi yang digerakkan oleh algoritma oleh beberapa dana.
  • Dapat diperdagangkan: ETF dapat berdagang sepanjang hari seperti saham, tetapi itu tidak berarti mereka mudah untuk berdagang. Beberapa ETF yang berfokus pada lebih banyak ceruk atau sektor yang tidak jelas mungkin memiliki pembeli dan penjual yang relatif sedikit, menjadikannya lebih sulit untuk memperdagangkan saham ETF mu dengan cepat pada harga yang kamu inginkan.
  • Pengaruh dan Volatilitas: Beberapa ETF adalah dirancang untuk memperkuat pergerakan pasar – menggambarkan smoothie, tetapi sarat dengan kafein. Seseorang dapat terstruktur untuk melacak pasar yang lebih luas. Tetapi mungkin dapat dimanfaatkan sehingga naik tiga kali lebih besar dari apa yang dilakukan indeks. Itu juga berarti ia turun tiga kali lipat dari jumlah ketika pasar menurun. Kafein yang tinggi dapat menyebabkan crash kafein.

Recent Articles

Related Stories