Lima Alasan Utama Investasi Emas Batangan

Emas telah menorehkan sejarah panjang dalam dunia investasi. Namun begitu, masih banyak orang yang masih ragu menanamkan modalnya untuk berinvestasi logam mulia secara fisik maupun emas berjangka.

Tidak mengapa. Kalau investasi emas berjangka masih kamu anggap rumit, kamu bisa mulai berinvestasi emas fisik. Mungkin setelah membaca artikel ini, kamu jadi lebih yakin untuk menginvestasikan dana yang kamu miliki untuk membeli emas.

Ada banyak sekali alasan memilih emas untuk menambah aset kamu di masa depan. Sudah banyak orang yang membuktikan bagaimana emas membantu menjaga stabilitas finansial mereka. Bahkan tidak sedikit orang tua yang ketika ditanya pendapat soal investasi akan merekomendasikan emas fisik.

Inilah lima alasan utama kamu harus menambahkan emas fisik dalam portofolio investasi kamu.

Menawarkan Stabilitas

Hidup serba tidak menentu. Namun, semua orang butuh kepastian. Di sinilah peran emas fisik dalam portofolio investasi kamu. Ketika kondisi ekonomi, baik dalam negeri maupun secara global, sedang kacau bahkan dalam saat krisis pun emas tetap bergeming.

Ketika krisis ekonomi terjadi, hampir semua instrument investasi ikut terguncang. Akan tetapi, emas justru bisa diandalkan dalam masa-masa buruk ekonomi ini. Kamu bisa merasa aman bila sudah menyimpan emas fisik dalam portofolio kamu.

Dus, ketika krisis terjadi, harga saham atau nilai tukar kebanyakan mata uang anjlok, harga emas malah cenderung naik. Inilah keunggulan emas yang menawarkan stabilitas saat terjadi ketidakpastian ekonomi.

Mudah Didapat

Kamu hanya bisa membeli saham di pasar modal. Sementara, untuk membeli properti, kamu harus melakukan riset dan survei yang memakan waktu.

Tidak begitu halnya kalau kamu mau membeli emas. Emas batangan bisa dibeli di perusahaan yang memproduksi emas batangan.

Selain itu, beberapa toko emas, hingga perusahaan pegadaian juga menawarkan emas fisik. Kamu bisa membelinya dengan syarat kelengkapan sertifikat keaslian.

Seiring perkembangan teknologi, banyak pula bermunculan aplikasi yang dapat membantu kamu berinvestasi emas. Namun, jangan asal pilih aplikasi investasi ya.

Pilih yang sudah resmi memiliki sertifikasi dari BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) seperti Pluang. Dengan begitu, kamu akan merasa aman dan tenang dalam menginvestasikan uang. 

Tidak Lekang Oleh Waktu

Investasi properti memang menggiurkan, tapi butuh biaya perawatan yang cukup tinggi. Pasalnya, properti harus cenderung direnovasi demi terjaganya kualitas. Akan tetapi, emas fisik tidak demikian.

Kondisi rumah atau apartemen yang kamu beli sekarang semakin lama akan memburuk. Sementara, kualitas emas yang kamu beli saat ini akan stabil sampai bertahun-tahun ataupun berpuluh-puluh tahun. Syaratnya tentu disimpan dengan baik.

Sangking awet, emas bahkan bisa diteruskan dari generasi ke generasi. Jadi kalau kamu membeli emas sekarang, kamu bisa mendistribusikannya untuk anak atau mungkin cucu untuk menjamin finansial mereka di masa depan.

Minim Perawatan

Memang kamu mungkin butuh merogoh kocek untuk penyimpanan emas, misalnya untuk membeli loker atau menitipkan emas di bank. Tapi, emas tidak akan usang atau keropos.

Logam mulia ini awet bertahun-tahun. Wajar saja bila banyak investor mengandalkan emas untuk investasi jangka panjang.

Imbal Hasil Menarik

Last but not least, emas menawarkan imbal hasil yang menarik. Harga emas sudah terbukti terus naik dalam jangka panjang.

Untuk membeli properti, kamu harus mengumpulkan uang dalam jumlah yang cukup besar. Sementara, emas bisa dibeli dalam skala kecil untuk kemudian dikumpulkan sampai kamu bisa memenuhi tujuan keuanganmu.

Merujuk grafik di The Financials.com, dalam tiga tahun terakhir, harga emas sudah naik 11,40% menjadi US$1.516,40 per oz. Di dalam negeri, harga emas Antam pada Rabu, 21 Agustus 2019 ada pada level Rp756.000 per gram alias naik sekitar 24% dari Rp609.000 per gram.

Jadi, apakah kamu tertarik membeli emas secara fisik? Jangan ditunda-tunda lagi ya!

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here