Jika Stop Merokok Sekarang, Berapa Uang yang Bisa Diinvestasikan?

Pernah terpikir, selain berpengaruh ke kesehatan, efek berhenti merokok bisa membantumu untuk menyisihkan uang demi berinvestasi? Ada berbagai cara berhenti merokok yang bisa kamu coba untuk membantumu membangun masa depan dengan duit yang ditabung.

Banyak orang tidak bisa menyisihkan uangnya untuk berinvestasi. Padahal, jika dimulai dari menyisihkan sebungkus rokok sehari, setiap perokok bisa menabung Rp20 ribu per hari.

efek berhenti merokok

Kita asumsikan konsumsi rokok sebulan sebanyak 30 bungkus, maka efek berhenti merokok bisa membuatmu menabung hingga Rp600 ribu sebulan. Kendati memang cara berhenti merokok tidak pernah mudah.

Sementara bagi tubuhmu, jika kamu telah menjadi perokok jangka panjang, hanya dalam lima tahun setelah berhenti, kamu akan merasakan tubuhmu memperbarui diri.

Efek yang tertinggal dari asupan rokok selama ini akan berada dalam tubuhmu untuk jangka waktu yang lama. Dalam 2 hingga 3 minggu setelah berhenti merokok, bagaimanapun, kamu akan merasa tubuhmu lebih ringan untuk melakukan aktivitas olahraga.

Sudah merasa perlu berhenti merokok dan ingin tahu cara berhenti merokok serta efeknya?

Berikut ini tips berhenti merokok yang bisa kamu coba dan rekomendasi investasi yang bisa kamu coba untuk mengalihkan “jajan rokok”-mu.

Baca juga: Selain Gak Bikin Kantong Jebol, Ini 5 Manfaat Gaya Hidup Minimalis untuk Keuanganmu

#1 Cara berhenti merokok – kelola stresmu

Kerapkali salah satu alasan orang memilih merokok adalah untuk meredakan stres alias bikin tubuh rileks. Jika ini jadi alasanmu, maka kamu bisa coba cara alternatif mengelola stres.

Cobalah meredakan ketegangan dengan mendengarkan musik, pergi ke tukang pijat, atau melakukan yoga. Sebisa mungkin hindari situasi yang bisa picu stres. Kamu akan rasakan, deh, efek berhenti merokok.

Selain itu, hindari juga faktor yang bisa membuat “candu” ini kembali. Seperti berkumpul dengan sesama perokok, minum kopi butuh rokok, atau kebiasaan merokok setelah makan. Kamu bisa menggantikannya dengan mengunyah permen karet.

cara berhenti merokok

#2 Lakukan terapi pengganti nikotin (nicotine-replacement therapy/NRT)

Asupan nikotin yang tiba-tiba “berhenti” kerap membuat perokok merasa frustrasi sehingga mereka gagal berhenti merokok. Terapi pengganti nikotin bisa jadi cara berhenti merokok untuk kategori ini.

Demi menghindari gejala frustrasi lantaran putus rokok, kamu bisa berhenti dengan mulai melepas nikotin dalam kadar rendah. Jadi, kamu bisa berhenti merokok secara bertahap dan rasakan efek berhenti merokok pada tubuhmu.

Media NRT ini beragam, kamu bisa coba permen karet, tablet, atau menyemprotkan air ke mulut atau hidung di saat kamu merasa butuh merokok.

#3 Cara berhenti merokok – alihkan fokus tubuh dengan olahraga

Olahraga dapat bantu kurangi atau alihkan hasratmu akan nikotin. Begitu kamu merasa butuh merokok, kenakan saja sepatu olahragamu atau perlengkapan baju renang. Dan mulailah aktivitas olahraga.

Bergabung dalam klub kebugaran juga bisa membantumu. Kamu bisa mengenal orang-orang yang juga sedang berusaha hidup sehat dan memacumu untuk semangat berhenti merokok.

Baca juga: Hindari Investasi Bodong, Ketahui 8 Modus Pialang Ilegal Menurut Bappebti Ini

#4 Atur pola makan sehat dan rasakan efek berhenti merokok

Konsumsi makanan bergizi alias mengatur pola makan sehat juga bisa jadi cara ampuh untuk berhenti merokok.

Selama terbiasa merokok, beberapa orang merasa kurang berselera makan karena efek nikotin dan rokok terhadap indera perasa.

Saat kamu mencoba berhenti merokok, kamu bisa menjalani pola makan sehat demi memberi nutrisi bagi tubuh dan menghindari hasrat untuk mencandu rokok. Selanjutnya, jika kamu tanya soal efek berhenti merokok? Tubuh jadi lebih teratur ritmenya.

efek berhenti merokok

#5 Berbagai teknik khusus untuk berhenti merokok

Selain cara-cara “alami” di atas, ada beberapa terapi yang bisa kamu ambil jika kamu merasa taraf kecanduanmu sudah cukup tinggi.

Di antaranya terapi perilaku, hipnosis, akupuntur, hingga mengonsumsi obat khusus untuk berhenti merokok.

Terapi perilaku ini berbentuk konseling yang membantu mengalihkan fokusmu. Terapi ini bisa dilakukan dengan bicara pada konselor dalam sesi psikoterapi. Hipnosis juga bekerja dengan cara yang mirip dalam membantumu mengubah perilaku.

Sementara akupuntur sebagai cara berhenti merokok umumnya diterapkan pada bagian telinga. Jika cara-cara ini masih sulit membantumu, maka kamu bisa juga tempuh langkah medis dengan meminum resep obat dari dokter yang bantu kurangi hasrat untuk merokok.

#6 Pikirkan keuntungan yang bisa kamu peroleh sebagai efek berhenti merokok

Kamu bisa bantu dirimu untuk berhenti merokok dengan meyakinkanmu soal beberapa hal ini:

  • Dengan berhenti merokok, tubuhmu bisa lebih sehat. Berhenti merokok akan menurunkan tekanan darah, menurunkan tingkat risiko serangan jantung, stroke, hingga kanker.
  • Menghilangkan bau mulut tidak sedap akibat rokok
  • Kulit lebih cerah dan bersih
  • Menghindarkan keluarga atau orang di sekitarmu terdampak sebagai perokok pasif
  • Dana lebih dari uang jajan rokok yang bisa kamu alihkan untuk investasi

Baca juga: Investasi Paling Menguntungkan di 2020? Emas & Obligasi Masih Tempati #1

Terkait dana lebih yang bisa kamu gunakan untuk investasi, mari kita berhitung ke investasi apa saja uang jajanmu dapat kamu alihkan.

#1 Investasi emas

Harga emas saat ini ada di kisaran Rp700 ribu per gramnya. Artinya, jika kamu berhasil menyisihkan uang jajan rokokmu selama sebulan, kamu bisa memperoleh satu gram emas.

Di skala global, harga emas berada di poin tertinggi dalam lima bulan terakhir seiring kekhawatiran lantaran perlambatan ekonomi yang timbul dari wabah virus corona yang semakin banyak telan korban.

investasi emas

Jika kamu berhasil dengan cara berhenti merokok di atas, kamu punya kesempatan untuk investasi “cerah”. Dunia sedang dilanda kekhawatiran ekonomi politik global dan wabah ini, pada 2020 ini, investasi emas justru diprediksi sedang cerah-cerahnya.

Investasi emas di Pluang memungkinkanmu untuk membeli emas secara digital dan menyimpannya lewat platform online; aplikasi Pluang.

Di Pluang, kamu dapat cara nabung emas Antam yang kamu idam-idamkan; sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit. Nabung emasnya bisa mulai dari 0.01 gram (Rp6,000-Rp7,000an) sampai jadi kepingan yang bisa ditarik fisik mulai dari 1 gram hingga 500 gram.

Cek 7 Alasan Nabung Emas di Pluang Paling Aman supaya makin percaya untuk berinvestasi di logam mulia satu ini. Oke, kan, efek berhenti merokok jika kamu pakai untuk investasi?

#2 Reksadana pendapatan tetap dan reksadana pasar uang

Jika kamu berhasil mencoba cara berhenti merokok, mengalokasikan danamu ke reksadana juga termasuk pilihan oke.

Investasi di reksadana bisa dimulai dari nominal Rp100 ribu saja. Reksadana (RD) adalah salah satu instrumen pilihan investasi terbaik yang terdiri dari beberapa portofolio investasi, antara lain saham, obligasi/surat utang, dan deposito.

investasi reksadana

Empat jenis reksadana yang dijual bebas (open end) disesuaikan dengan besarnya aset dasar investasi (underlying asset) seperti RD saham (minimal 80% di saham), RD pendapatan tetap (minimal 80% obligasi), RD pasar uang (80% surat uang kurang dari setahun), dan RD campuran (maksimal 70% di salah satu aset sebelumnya).

Untuk menghindari fluktuasi dan potensi penurunan aset sementara IHSG sedang anjlok, ada baiknya kamu pilih reksadana non saham seperti RD pasar uang dan RD pendapatan tetap sebagai salah satu pilihan investasi terbaik.

Imbal hasil reksadana pasar uang pada umumnya antara 5,30% hingga 7,35% per tahun dari informasi Kinerja Reksadana Pasar Uang di Commonwealth Bank.

#3 Investasi saham

Kini kamu sudah berhenti merokok, ada cara lain bagimu untuk “tetap terlibat” dengan perusahaan rokok. Kamu bisa miliki saham perusahaan rokok.

investasi saham

Pembelian saham bisa dilakukan dengan minimal 1 lot atau seratus lembar saham. Untuk menjadi investor saham, kamu bisa menghubungi perusahaan sekuritas atau cek di Bursa Efek Indonesia terkait saham yang termasuk likuid.

Ada banyak saham yang bisa kamu pilih untuk investasi jangka pendek (trading) hingga keperluan investasi jangka panjang.

Jadi, ada banyak manfaatnya, kan, efek berhenti merokok? Coba cara berhenti merokok di atas dan buktikan apa kamu bisa menerapkannya, ya!

Sumber: Alodokter

Simak juga:

Demi Nawacita, Jokowi Kembangkan Tol Laut untuk Pengembangan Daerah Terpencil

Ini 7 Kostum Halloween Termahal di Dunia, Supreme Edition Iron Man Salah Satu Peringkat Teratas!

Berpenghasilan Lebih Besar dari Laki-laki, Ini Caranya jadi Wanita Karier Sukses!

Di Tengah Perang Dingin Teknologi AS-Tiongkok, 5G Huawei Optimis Akan Meledak di Pasar

Perbankan Terimpit Persaingan Fintech, OJK Dukung Merger Bank di Indonesia

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here