Bikin Hand Sanitizer di Rumah dengan Bahan Seadanya, Begini Caranya!

Bosan di rumah dan merasa perlu melakukan hal kreatif dan produktif? Berikut ini cara membuat hand sanitizer alias Do It Yourself (DIY), DIY Hand Sanitizer yang bisa dicoba di rumah ini.

Pandemi COVID-19 membuat berbagai negara memperebutkan stok perlengkapan medis, termasuk hand sanitizer. Alhasil, stok di pasaran pun dijual dengan harga selangit.

Sementara, hasil riset terbaru rilis menjelaskan bahwa penyebaran SARS-CoV-2 (virus penyebab COVID-19) perlu ditangani mengandaikan virus ini airborne (airborne precautions).

Tentu, kabar ini semakin mendorong kita untuk memperketat “keamanan higienitas” kita. Hand sanitizer diperlukan untuk membersihkan tangan sebelum dan sesudah makan atau jika kamu ingin menyentuh wajah.

diy hand sanitizer

Berikut ini tips cara membuat hand sanitizer aka DIY Hand Sanitizer demi mencegah  meluasnya wabah COVID-19. Siap-siap bahan berikut ini, ya!

Meski disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun, kita juga tetap perlu memiliki hand sanitizer yang mudah dibawa bepergian.

Baca juga: Banyak yang Panik Belanja Lantaran Wabah Corona, Ini Penyebabnya

DIY Hand Sanitizer? Amankah? Ini cara tepat penggunaan hand sanitizer

cara membuat hand sanitizer

Saran terbaik dalam mengatasi wabah ini adalah dengan mencuci tangan kurang-lebih selama 20 detik. Ini perlu dilakukan sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, makan, membersihkan luka, menyentuh orang sakit, mengganti popok, dst.

Meski cuci tangan tetaplah saran preventif terbaik, hand sanitizer diperlukan untuk berjaga-jaga. Cara tepat penggunaan hand sanitizer:

  • Lepaskan perhiasan dari tangan sebelum menggunakan hand sanitizer
  • Tuangkan cairan hand sanitizer secukupnya pada telapak tangan
  • Gosok telapak tangan dengan hand sanitizer ke tangan satunya
  • Pastikan cairan rata ke seluruh permukaan tangan hingga jari-jari, sampai mengering

Nah, simpel, kan? Sekarang, saatnya kamu mengikuti panduan DIY Hand Sanitizer dan punya hand sanitizer-mu sendiri.

Miryam Z. Wahrman, profesor bidang Ilmu Biologi di William Paterson University menyebutkan bahwa komposisi hand sanitizer mudah diperoleh, proses pembuatannya pun tidak sulit.

Pastikan kamu dan keluarga tidak ada alergi terhadap zat-zat ini. Pahami kandungan dari bahan-bahan perlengkapan hand sanitizer ini:

Baca juga: Jokowi Konfirmasi 2 Kasus Corona, Investasi Emas Sentuh Rekor

Bahan DIY Hand Sanitizer

diy hand sanitizer

Bahan-bahan yang kamu perlukan untuk melakukan DIY Hand Sanitizer di rumah:

#1 DIY Hand Sanitizer – siapkan alkohol

WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) menyarankan formula yang mengandung lebih dari 60 persen alkohol sebagai formula paling efektif dalam membunuh kuman.

Gunakan formula yang dianjurkan oleh farmasi, yakni isopropil alkohol. Setidaknya, hand sanitizer yang kamu buat perlu mengandung minimal 60% alkohol.

#2 Stok cuka putih yang memadai

Cuka sering menjadi formula pembersih rumah tangga dengan kemampuannya melarutkan residu dan menetralkan bau. Cuka juga tidak beracun dan memiliki kemampuan terurai dan membuatnya ramah lingkungan. Karenanya, cuka bisa menjadi disinfektan yang efektif.

#3 Ambil sejumput lidah buaya/aloe vera untuk pelembab

Lidah buaya dikenal sebagai “tanaman ajaib” bukan tanpa alasan. Lidah buaya dapat membuat kulit lebih lembut dan merupakan obat populer untuk luka bakar dan iritasi.

Dalam DIY Hand Sanitizer, gel lidah buaya diperlukan untuk bantu menjaga kulit tetap lembut dan lembab. Tapi kandungannya jangan lebih banyak daripada alkohol.

#4 DIY Hand Sanitizer – siapkan juga minyak atsiri

Minyak atsiri telah digunakan selama bertahun-tahun untuk memerangi berbagai penyakit dan infeksi. Umumnya, minyak atsiri dipuji karena memiliki kualitas antibakteri, antimikroba, antijamur.

Selain minyak atsiri, kamu juga bisa tambahkan minyak esensial dan vitamin E untuk menutrisi kulit yang kering lantaran terkena alkohol.

#5 Colloidal silver (air ion perak) sebagai antibiotik alami

Para profesional medis topikal kerap menggunakan colloidal silver sebagai antiseptik untuk mengobati luka secara efektif.

Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA) menganjurkan dosis harian yang diyakini aman adalah 350 mcg perak setiap hari, sampai usia 70 tahun.

Air ion perak ini tersedia di toko makanan kesehatan dan produk herbal serta situs web.

Baca juga: Tetap Waspada, Ini 7 Cara Menghindari dari Covid-19 di Lingkungan Kerja

Setelah bahan terkumpul, ini cara membuat hand sanitizer

cara membuat hand sanitizer

Bahan-bahan sudah terkumpul? Berikut ini panduan kandungan masing-masing hand sanitizer:

  • Sebanyak 120 ml (setengah gelas) air yang disaring atau lidah buaya (basa)
  • 120 ml (setengah gelas) cuka putih
  • 10-12 tetes minyak atsiri
  • 1 sendok makan air ion perak dan isopropil alkohol

Setelah semua bahan disiapkan sesuai komposisi tersebut, campurkanlah ke dalam mangkok. Gunakan wadah atau botol kecil untuk memasukkan campuran tersebut demi lebih praktis seperti hand sanitizer pada umumnya.

Sebagai catatan, bahan-bahan di atas belum diuji secara independen ataupun ada bukti ilmiah yang menunjukkan versi DIY Hand Sanitizer ini dapat membunuh virus penyebab COVID-19. Setidaknya bahan-bahan hand sanitizer di atas terbilang aman.

Bagaimanapun, mencuci tangan secara menyeluruh tetaplah jalan paling aman sebagai metode preventif mengatasi COVID-19. Selamat ber-DIY dan tetap jaga kesehatan!

Sumber: WIRED, Kompas, The Asian Parent

Simak juga:

Psst.. Ini 5 Rahasia Sukses Warren Buffett, Tokoh Investasi Paling Sukses di Dunia

Laundromat, Film Netflix yang Bongkar Pengaruh Panama Papers pada Hidup Orang Kaya

Mencoba Peruntungan di 7 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Minat?

Ada Nggak Sih Pajak Penjualan Emas Batangan dan Bagaimana Perhitungannya?

Berpenghasilan Lebih Besar dari Laki-laki, Ini Caranya Jadi Wanita Karier Sukses!

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here