Apa Itu Dividen?

DEFINISI

Dividen adalah pembayaran triwulanan dari laba perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang sahamnya. 

apa itu dividen
Grafik ini menggambarkan konsep perusahaan yang menghasilkan laba yang mengirimkan sebagiannya kepada pemegang saham sebagai dividen tunai.

Memahami Dividen

Investor dalam saham memperoleh pengembalian terutama dalam dua cara: dividen dan kenaikan harga saham. Dividen adalah ketika perusahaan mengembalikan sebagian keuntungannya kepada pemegang saham, biasanya setiap triwulan.

Dividen sebagian besar berasal dari pemegang saham, karena mereka adalah pemilik perusahaan, dan deviden cenderung dikeluarkan secara tunai. Perusahaan tidak perlu membayar dividen – mereka dapat menginvestasikan keuntungan kembali ke perusahaan alih-alih dengan, misalnya, mempekerjakan karyawan. Dividen biasanya dibayarkan oleh perusahaan matang, bukan yang tahap sebelumnya. 

CONTOH

Perusahaan penyedia tenaga listrik seringkali merupakan perusahaan yang sudah matang dengan laba yang relatif stabil yang cenderung membayar dividen pemegang saham. Sedangkan perusahaan teknologi yang lebih muda cenderung sangat fokus dalam pertumbuhan, sehingga mereka mungkin lebih suka menginvestasikan keuntungan kembali ke diri mereka sendiri.

Misalnya, Pacific Gas & Electric membayar dividen $ 0,490 per saham pada kuartal pertama 2017, sementara GoPro tidak pernah membayar satu per kuartal kedua 2019. 

Kesimpulan

Dividen adalah seperti hadiah ulang tahun dari nenek …

Kecuali deviden dikirim oleh perusahaan yang sahamnya mungkin kamu miliki . Dan mereka dapat membagikannya beberapa kali per tahun – atau, jika perusahaan tidak membayar dividen, maka tidak akan dibayar sama sekali. 

Ketahui Lebih Lanjut…

Apa itu dividen?

Cara kerja dividen untuk investor

Perusahaan pembayar dividen

Tanggal penting yang dikaitkan dengan dividen

Dampak dividen terhadap harga saham

Mengapa perusahaan membayar dividen

Apakah dividen tidak relevan?

Bunga dalam investasi pembayaran dividen

Dividen adalah – Apa Itu Dividen?

Sebagai pemegang saham perusahaan, kamu adalah pemilik bagian, dan dapat menerima keuntungan kepemilikan proporsional. Dividen adalah cara perusahaan dapat memberi imbalan langsung kepada pemegang saham dengan pembayaran tunai utama, dan mereka adalah salah satu cara utama pemegang saham menghasilkan pengembalian investasi.

Tetapi perusahaan tidak perlu membagikan dividen. Dividen itu didistribusikan berdasarkan kebijaksanaan perusahaan. Dan perusahaan dapat mengubah frekuensi dan jumlah pembayaran dividen mereka. Perusahaan tahap awal dan perusahaan dalam fase pertumbuhan biasanya tidak membagikan dividen, alih-alih menginvestasikan kembali keuntungan ke dalam pertumbuhan mereka sendiri, seperti membangun pabrik baru atau mempekerjakan lebih banyak peneliti.

Agar perusahaan dapat membayar dividen kepada pemegang saham, itu harus disetujui oleh dewan direksi. Penasihat Jedi ini (yaitu, dewan direksi) terdiri dari penasihat perusahaan yang dipilih untuk mewakili kepentingan pemegang saham. Waktu pembagian dividen ditentukan oleh manajemen perusahaan – apakah itu terjadi atau tidak adalah panggilan dewan direksi.

Bagaimana Cara Kerja Dividen untuk Investor?

Setiap pemegang saham yang tercatat pada waktu yang ditentukan oleh perusahaan berhak atas satu dividen per saham kepemilikan. Biasanya, saham yang kamu miliki sebenarnya dipegang oleh perusahaan pialangmu, sehingga pialang menerima pembayaran dividen atas nama kamu.

Perusahaan Pembayar Dividen

Usia bisa membuat perbedaan. Perusahaan-perusahaan muda biasanya membelanjakan uang mereka secara berbeda dari perusahaan-perusahaan yang lebih matang karena mereka biasanya memiliki prioritas yang berbeda. Dividen adalah cerminan fantastis dari itu.

Perusahaan yang lebih muda mungkin masih dalam fase pertumbuhan, sehingga mereka cenderung tidak membayar dividen untuk memaksimalkan uang yang harus mereka keluarkan untuk pertumbuhan. Perusahaan yang lebih matang, yang periode pertumbuhan terbesarnya mungkin di belakang mereka, lebih cenderung membayar dividen.

Saham dalam fase pertumbuhan: Ketika perusahaan memiliki peluang pertumbuhan, mungkin lebih masuk akal untuk menginvestasikan kembali laba dalam pertumbuhan daripada membayar laba kepada pemegang saham sebagai dividen. Misalnya, jika sebuah perusahaan baru saja menciptakan program perangkat lunak yang hebat, tujuan jangka pendeknya mungkin untuk mendapatkan sebanyak mungkin klien yang menggunakannya, sehingga perusahaan tersebut dapat menginvestasikan keuntungan pada lebih banyak tenaga penjualan daripada membayar dividen pemegang saham. 

Saham yang sudah matang: Ketika perusahaan telah mendominasi pasar mereka sendiri dan hari-hari pertumbuhan yang cepat di masa lalu, mereka lebih cenderung menghargai pemegang saham dengan dividen daripada berinvestasi dalam pertumbuhan yang lebih besar. 

Tidak peduli usia atau ukuran perusahaan, para pemimpinnya harus memutuskan apa yang lebih baik bagi pemegang saham: membayar dividen, berinvestasi dalam pertumbuhan, atau membayar hutang. Jawabannya tergantung pada banyak faktor, dan salah satunya adalah di mana perusahaan berada dalam siklus pertumbuhannya.

Dividen Adalah – Tanggal Penting yang Berkaitan dengan Dividen

Perusahaan yang membayar dividen cenderung membayarnya setiap triwulan, setiap enam bulan, setiap tahun, atau satu kali untuk dividen khusus.

Ingin menerima dividen? Pastikan kamu pemegang saham pada tanggal yang tepat – tanggal pencatatan. Inilah jadwal untuk mengetahui:

  • Tanggal Deklarasi: Pikirkan hal ini seperti kamu akan “Simpan Tanggal” untuk pernikahan. Ini adalah pernyataan yang diumumkan oleh dewan direksi tentang jumlah dividen, tanggal pencatatan, dan tanggal pembayaran.
  • Hari sebelum Tanggal Pencatatan: Lingkari tanggal ini di kalender. Jika kamu belum membeli saham pada tanggal ini, kamu tidak akan menerima dividen. Kamu harus menunggu sampai dividen berikutnya diumumkan. Karena penyelesaian pembelian saham biasanya memakan waktu dua hari, Ex Dividend Date adalah hari sebelum tanggal pencatatan. Kamu harus membeli saham sebelum Tanggal Dividen Ex untuk mendapatkan dividen.
  • Tanggal Pencatatan: Ini adalah tanggal di mana kamu perlu menjadi pemegang saham untuk mendapatkan dividen yang diumumkan. Biasanya ada penundaan antara pesanan mu untuk membeli saham dan ketika kamu menjadi pemegang saham resmi (biasanya membutuhkan dua hari), jadi pastikan untuk datang lebih awal, seperti yang kamu lakukan di bandara.
  • Tanggal Pembayaran: Ini adalah saat uang (atau saham) akan dibayarkan kepada pemegang saham yang memenuhi syarat untuk dividen (pemegang saham terdaftar pada Tanggal Pencatatan). Bergantung pada instruksi yang kamu tinggalkan pada akun pialangmu, uang itu akan muncul sebagai uang tunai di akunmu atau akan diinvestasikan kembali dalam lebih banyak saham (atau sebagian saham) dari perusahaan yang mengeluarkan dividen. Robinhood Financial LLC tidak memiliki program reinvestasi dividen.

Dampak Dividen terhadap Harga Saham

Dividen dapat mengirim sinyal penting ke pasar tentang seberapa baik kinerja perusahaan. Hal itu berarti keputusan dividen dapat menggerakkan harga saham naik atau turun.

  • Bagaimana dividen dapat meningkatkan harga saham: “Bagel Friday” membuat kantor lebih menyenangkan. Dividen dapat melakukan hal serupa untuk pemegang saham. Hal itu adalah perayaan keuntungan berkelanjutan perusahaan, dan imbalan bagi pemegang saham untuk berinvestasi di perusahaan. Jika sebuah perusahaan mengumumkan dividen baru atau meningkat, itu dapat membuat saham lebih menarik bagi investor dan meningkatkan harga saham. Jika kamu adalah investor jangka panjang yang mencari penghasilan yang dapat diandalkan dari saham, dividen bisa sangat menarik.
  • Bagaimana dividen dapat merusak harga saham: Jika sebuah perusahaan mengumumkan pemotongan dividen, itu adalah tanda yang mungkin bahwa bisnis sedang mengalami masa sulit. Perusahaan biasanya hanya menawarkan dividen jika mereka yakin dapat mempertahankan tingkat dividen mereka, yang sebagian dapat bergantung pada laba yang konsisten, karena mereka ingin menghindari sinyal negatif yang datang dengan memotong dividen. 

Mengapa Perusahaan Membayar Dividen?

Bagi perusahaan untuk mengeluarkan dividen, biasanya berlaba (atau setidaknya memiliki sejarah laba). Perusahaan memiliki tiga hal utama yang dapat mereka lakukan dengan keuntungan mereka:

dividen adalah
Grafik ini menggambarkan beberapa cara umum agar perusahaan yang menghasilkan laba dapat memanfaatkan keuntungan tersebut.

Manajemen perusahaan harus memutuskan bagaimana mengolah keuntungannya. Dividen dapat menjadi pilihan yang baik untuk perusahaan ketika mereka percaya itu demi kepentingan terbaik pemegang saham. Menerima pembayaran tunai adalah keuntungan yang jelas bagi pemegang saham, tetapi itu belum tentu merupakan opsi yang paling menguntungkan. Jika sebuah perusahaan memiliki tingkat hutang yang tinggi, membayar dividen dapat menyebabkan beberapa masalah operasional, yang pada akhirnya merugikan harga saham. Jika sebuah perusahaan memiliki peluang pertumbuhan yang besar, para pemegang saham lebih suka berinvestasi dalam peluang itu, seperti membangun lebih banyak toko.

Apakah Dividen Tidak Relevan?

Tidak, bukan begitu. Kemampuan untuk mengeluarkan dividen kepada pemegang saham umumnya merupakan tujuan jangka panjang dari perusahaan mana pun. Dividen adalah cara utama perusahaan membagikan kesuksesan mereka dengan para pemegang saham.

Harga saham masih bisa naik tanpa ada dividen. Tapi satu alasan kenaikan harga saham adalah ekspektasi keuntungan di masa depan. Dan pada akhirnya, laba masa depan bisa berubah menjadi dividen.

Dividen Adalah – Bunga dalam Investasi Pembayaran Dividen

Hasil dividen adalah persentase dari harga saham yang dibayarkan dalam dividen setiap tahun. Metrik ini sering dibandingkan dengan tingkat kupon obligasi karena keduanya mengukur jumlah pendapatan tunai yang diterima investor. 

Perusahaan dengan hasil dividen tinggi umumnya menarik bagi investor saham yang lebih konservatif. Saham dengan hasil dividen rendah atau nol tidak menguntungkan atau menginvestasikan keuntungan dalam hal lain. Ini biasanya dikategorikan sebagai saham pertumbuhan, dan mungkin memiliki manfaat investasi yang berbeda dari saham yang menawarkan dividen.

Recent Articles

Related Stories