Selain Dana Pensiun, Ini 5 Pertanda Kamu Siap untuk Pensiun Lebih Awal

Membayangkan pensiun di usia dini, rasanya menyenangkan, ya? Tak perlu capek bekerja lagi, hanya menikmati indahnya hidup ini. Tapi, apa dana pensiun yang disiapkan sudah cukup?

Sebelum memutuskan pensiun dini, ada baiknya juga kamu pertimbangkan soal dana pensiun yang dipersiapkan. Sebab, semakin cepat kamu pensiun, maka semakin banyak juga rencana kamu untuk berllibur, berkunjung ke kerabat dekat maupun jauh, atau sekadar menekuni hobi yang terbengkalai di masa karirmu.

Apakah kamu siap untuk pensiun dini? Simak, yuk, pertanda ini untuk menentukan kesiapanmu!

Selain dana pensiun, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk pensiun dini

dana pensiun

#1 Bebas utang

Pinjaman di bank, kredit kendaraan, bahkan kepemilikan rumah akan mempengaruhi kecukupan dana pensiun yang dipersiapkan.

Apabila kamu memutuskan untuk pensiun dini dengan utang menumpuk, tentu hal ini akan menjadi penghalang utama untuk menikmati hidup di masa pensiun, bukan?

Pertimbangkan untuk masuk ke usia pensiun tanpa utang, demi masa pensiun yang lebih tenang.

#2 Memperhitungkan kebutuhan masa pensiun termasuk dana pensiun

Salah satu hal yang paling menyebalkan dari perkara pensiun ini adalah membuat anggaran pensiun, sehingga kamu bisa tahu berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk menutupi standar gaya hidup yang kamu inginkan kelak.

Anggaran itu termasuk kebutuhan dasar seperti; kebutuhan rumah tangga, makanan, transportasi, dana kesehatan dan kebutuhan tersier lain seperti liburan atau pembelian mobil impian.

Tak perlu terburu-buru, kalkulasikan secara matang estimasi pengeluaranmu setiap tahunnya hingga masa pensiunmu habis.

Pensiun terlalu dini berisiko kehabisan uang terlalu cepat, sementara terlalu khawatir dana pensiun masih kurang berkecukupan malah akan menjebakmu bekerja lebih lama dari yang diperkirakan.

#3 Investasikan dana pensiun

Agar masa depanmu lebih terjamin, tak ada salahnya untuk menyimpan dana pensiun sebagai investasi. Pilihlah model investasi jangka panjang yang menguntungkan, sehingga masa tuamu aman dari kekurangan uang.

Juga sangat bijak jika kamu memilih beberapa model investasi yang berbeda untuk menyebarkan faktor risiko investasi yang didapatkan. Hal ini juga untuk mencegahmu kembali bekerja saat kekurangan dana pensiun setelah bertahun-tahun pensiun lebih awal.

Artikel terkait: 3 Tips Investasi untuk Pasangan Baru Menikah, Sudah Coba Belum?

#4 Aman dengan asuransi kesehatan

dana pensiun

Meskipun saat ini sudah ada Kartu Indonesia Sehat yang bisa men-cover berbagai penyakit mulai dari yang ringan hingga berat sekalipun, kamu tetap harus mempertimbangkan opsi lain untuk menunjang kesehatanmu di masa pensiun.

Sebagai tambahan produk jaminan kesehatan, mulailah mencari asuransi jiwa dan kesehatan jangka panjang yang bisa kamu manfaatkan untuk masa pensiunmu. Semakin dini dan sehat saat kamu memulai berinvestasi pada produk jaminan kesehatan ini, maka semakin kecil pula premi yang harus dibayarkan.

Apalagi jika kamu merencanakan untuk pensiun dini, kamu harus mempertimbangkannya cepat atau lambat.

#5 Anak-anak sudah mandiri secara finansial

Jika kamu memiliki anak, pasti tahu dong, betapa mahalnya biaya yang diperlukan untuk membesarkan mereka? Bahkan setelah tumbuh dewasa pun, biaya pendidikannya malah semakin mahal.

Setelah lulus pun, mereka setidaknya masih membutuhkan sedikit bantuan untuk mulai berdiri di kakinya sendiri secara finansial.

Pada beberapa kasus unik, mungkin ada di antara kalian yang memiliki anak berkebutuhan khusus yang butuh perhatian lebih. Nah, mengevaluasi kemampuan finansial anak-anak kalian juga penting untuk memutuskan kapan waktu yang tepat untuk pensiun.

Pensiun bukanlah hal sederhana yang bisa secara impulsif diputuskan dalam tempo semalam. Meninggalkan pekerjaanmu bisa jadi perubahan besar yang akan mempengaruhi segala aspek kehidupan termasuk kesiapan mentalmu. Apakah kamu betul-betul ingin pensiun dini?

Sumber: The Balance

Baca juga:

Menabung Asyik dengan 5 Cara Fun Ini, yuk!

Kenapa Investasi Emas Online Lebih Praktis dari Emas Fisik?

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here