Mengenal Crossfit, Olahraga dengan Biaya Murah yang Digemari Ashraf Sinclair

Ashraf Sinclair, suami Bunga Citra Lestari, dikenal sebagai figur yang memperkenalkan Crossfit Training. Crossfit adalah program latihan yang menggabungkan unsur sistem aerobik dan anaerobik dan menekankan perpaduan latihan interval dengan intensitas tinggi.

Selain menekuni dunia seni peran serta menjadi angel investor bagi banyak perusahaan rintisan, Ashraf juga mendirikan klub Crossfit bernama CrossFit Equator bersama dua rekannya. Crossfit, brand yang dikenal membuat aktivitas olahraga menjadi menyenangkan.

crossfit adalah

Oka Tripambudi dan Brian Pandji bergerak di bidang pelatihan (crossfit training) sementara Ashraf berkecimpung di bagian pemasaran. Crossfit adalah passion dari tiga pemuda ini.

Situs resmi web Indonesia Fitness Trainer Association (APKI) menyebutkan latihan interval dan intensitas tinggi crossfit menyertakan angkat beban, senam, dan disiplin lainnya dalam format serupa latihan sirkuit.

Crossfit adalah latihan dengan pola yang keras dan ketat. Dalam satu sesi latihan, kamu bisa diminta untuk melakukan 100 push-ups, 100 pull-ups, 100 sit-ups, dan 100 squats. Setiap harinya, latihan yang ditawarkan bervariasi.

Baca juga: Selain Gak Bikin Kantong Jebol, Ini 5 Manfaat Gaya Hidup Minimalis untuk Keuanganmu

Crossfit adalah olahraga yang “melewati batas kemampuan”

crossfit adalah

Crossfit yang dipopulerkan oleh Ashraf, Oka, dan Brian ini merupakan brand perusahaan fitnes yang didirikan oleh Greg Classman pada 2001 dan terus membesar hingga saat ini.

Di AS, olahraga Crossfit sudah menjamur, “Bahkan, Crossfit box-nya ada di tiap 200 hingga 300 meter. Olahraga seperti ini di sana sudah sangat umum,” ujar Oka.

Dalam dua tahun terakhir, olahraga Crossfit semakin banyak digemari para penggila olahraga di Indonesia, terutama di kalangan urban Jakarta.

Crossfit adalah program olahraga dengan latihan interval dan intensitas tinggi yang menggunakan kegiatan sehari-hari (fungsional). Meski sekilas olahraga ini mirip jenis olahraga di pusat kebugaran (gym).

Perbedaannya, dalam olahraga ini gerakan yang digunakan lebih fungsional, sedangkan gerakan di gym lebih pada pembentukan tubuh, perut, dan kaki. Gerakan Crossfit adalah gerakan sehari-hari seperti squat, dorong, tarik, lari, atau lempar.

Dalam praktiknya, para atlet melakukan olahraga dalam waktu singkat dengan intensitas gerakan sangat tinggi. Terkadang, ini dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman.

Namun, mereka mesti tetap menyelesaikan latihan yang diberikan dan mengatasi rasa tidak nyaman itu, “Karena ketidaknyamanan dan si atlet harus menyelesaikan latihan yang kami berikan, maka timbul istilah melewati batas kemampuan itu,” jelas Oka.

Pada dasarnya, setiap orang mendapatkan beban yang sama saat menjalankan latihan Crossfit. Sistem ini dikenal sebagai “one size fits all”.

Biaya Crossfit Equator Kemang

Crossfit Equator Kemang menawarkan “paket murah” untuk mengikuti olahraga menyenangkan ini.

Paket A: 3 sesi fit camp dengan harga Rp99.000, harus dihabiskan dalam waktu terhitung 30 hari sejak hari pertama latihan

Paket B: 9 sesi fit camp dengan harga Rp249.000, harus dihabiskan dalam waktu terhitung 30 hari sejak hari pertama latihan

Baca juga: Jadi “Cewek Keren” dengan Menghapus Gaya Hidup Boros

Siapkan daya tubuhmu untuk pola latihan crossfit

Olahraga crossfit adalah olahraga dengan jenis gerakan yang bertujuan meningkatkan kekuatan otot, ketahanan jantung, dan fleksibilitas tubuh karena intensitasnya yang tinggi dan jadwal latihan yang ketat.

Beberapa hal yang kamu perlu tahu mengenai pola latihan Crossfit adalah:

#1 Modal memulai crossfit adalah gerakan melatih kekuatan otot dan stamina

Berbagai jenis gerakan dan variasi latihan CrossFit dapat membuat kontraksi di semua bagian otot. Jangan khawatir, ini membuat kekuatan otot meningkat dan bentuk otot akan terlihat semakin jelas. Intensitas tinggi dalam berolahraga juga melatih stamina tubuh.

crossfit training

#2 Mendorong semangat dan motivasi

Pola latihan yang diterapkan dalam Crossfit biasanya bisa dilakukan dalam kelompok. Pelatih juga memberikan berbagai tantangan kepada tiap peserta sehingga peserta akan merasa tertantang.

Crossfit adalah olahraga yang baik untuk membangkitkan kompetisi dan kerjasama antar tim. Para peserta akan lebih bersemangat dalam menjalankan latihan dan termotivasi untuk mencapai tujuan.

#3 Menjalin kedekatan emosional antar sesama pengguna

Pola latihan Crossfit biasanya dilakukan dengan membentuk grup atau kelompok. Kegiatan olahraga bersama yang rutin ini membangun kedekatan emosional antara sesama anggota kelompok.

Jika kamu berminat bergabung mencoba crossfit training, Oka meyakinkan bahwa semua gerakan yang dilakukan ada di dalam pengawasan pelatih dan semua dalam kondisi yang sewajarnya.

Tidak ada batasan usia yang diterapkan karena crossfit adalah olahraga yang melibatkan gerakan sehari-hari. Pembedanya hanyalah skala intensitas dalam pengerjaan. Jadi, mulai dari anak kecil hingga orang lanjut usia pun tentu dapat mencoba berlatih crossfit training!

Sumber: Kompas, Liputan 6

Simak juga:

Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Niat Jadi Kolektor Lukisan Pemula? Ketahui Dulu Risiko Investasinya di Sini!

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Tetap Cuan dengan Menabung Emas Online Kekinian, Bagaimana Caranya?

Menikah VS Beli Rumah, Mana yang Harus Didahulukan?

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here