Batal Liburan Karena Covid-19? Ini 3 Cara Refund Tiket Pesawatmu!

Sudah merencanakan dari jauh-jauh hari untuk berlibur, rupanya ada wabah mengintai sepenjuru dunia. Bagaimana dengan tiketmu? Nah, cek di sini cara refund tiket pesawat dan reschedule tiket pesawat.

Liburan memang adalah kegiatan penyegar yang paling dinanti-nanti. Selepas rutinitas yang padat, mengambil cuti dan liburan ke tempat keren mestinya bisa menjernihkan pikiran.

Tanggal merah sudah diantisipasi, tiket pesawat dan akomodasi sudah dipesan jauh-jauh hari demi harga yang murah. Eh, apesnya, justru mesti dibatalkan.

cara refund tiket pesawat

Tenang, membatalkan atau mengundur jadwalnya tidak sulit, kok! Cara refund tiket pesawat dan reschedule tiket pesawat biasa dicari karena lazim terjadi.

Sekarang, pastikan dulu, kamu hendak membatalkan sepenuhnya dan membutuhkan refund dari tiket pesawatmu atau kamu hendak mengundur dan reschedule tiketmu?

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat prosedur cara refund tiket pesawat dan reschedule tiket pesawat berikut ini.

Baca juga: Waspada dengan Rencana Perjalananmu, Berikut Daftar Lengkap Travel Warning 2020!

Jenis refund tiket pesawat yang biasanya terjadi

reschedule tiket pesawat

Biasanya, nih, cara refund tiket pesawat ditujukan bagi mereka yang melakukan pembatalan penerbangan, baik permintaan darimu sebagai penumpang atau dari pihak maskapai.

Berikut ini aturan refund dengan masing-masing jenisnya:

#1 Refund tiket pesawat dari maskapai

Pihak maskapai biasanya melakukan pembatalan penerbangan jika terjadi bencana alam di kota tujuan atau adanya cuaca buruk berkepanjangan. Pembatalan juga bisa terjadi apabila pesawat mengalami kerusakan secara mendadak.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 185 Tahun 2015, refund yang diakibatkan oleh bencana alam akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 10-20% per penumpang. Karena itu, cara refund tiket pesawat untuk masing-masingnya pun berbeda.

Sementara, jika pembatalan sepihak dilakukan oleh maskapai, maka maskapai menanggung pengembalian uang penumpang secara utuh sebesar 100%.

#2 Refund tiket pesawat berdasarkan permintaan penumpang

Jenis yang satu ini terjadi apabila kamu sebagai penumpang yang mengajukan pembatalan penerbangan. Aturan refund ini tergantung kebijakan masing-masing maskapai.

Sejauh ini, tak ada maskapai yang melakukan pengembalian uang penumpang hingga 100%, biasanya hanya sebesar 50% dari total harga tiket yang sudah dibayar oleh penumpang sebelumnya.

Berikut ini besaran pengembalian refund untuk setiap maskapai:

Di atas 72 jam Di bawah 72 jam s/d 48 ham Jika di bawah 48 jam s/d 24 jam Di bawah 24 jam s/d 12 jam Jika di bawah 12 jam s/d 4 jam Di bawah 4 jam
Cara refund tiket pesawat dengan pengembaliannya, Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Sriwijaya Air pengembalian 75 persen dari tarif dasar 50 persen dari tarif dasar 40 persen dari tarif dasar 30 persen dari tarif dasar 20 persen dari tarif dasar 10 persen dari tarif dasar

 

Baca juga: Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Cara refund tiket pesawat

cara refund tiket pesawat

Beberapa cara yang dapat ditempuh untuk melakukan refund tiket pesawat, berlaku bagi maskapai lokal dan internasional di antaranya:

#1 Cara refund tiket pesawat lewat hubungi call center maskapai

Penumpang bisa menelepon call center maskapai. Layanan terbuka selama 24 jam lantaran maskapai beroperasi selama 24 jam penuh. Pegawai akan membantu dengan meminta kelengkapan dokumen untuk validasi data serta foto bukti pembelian tiket dan identitas diri.

#2 Batalkan lewat situs pemesanan tiket

Agar memperoleh respons cepat, pastikan kamu melakukan refund pada hari dan jam kerja situs layanan. Sertakan kode booking atau nomor tiket dan bukti identitas diri saat pengajuan.

#3 Lewat agen travel

Jika kamu membeli tiket pesawat dari travel, kamu bisa minta tolong pada agen tersebut untuk melakukan pembatalan dan refund tiket pesawat.

Saat melakukan pengajuan pembatalan penerbangan, pastikan tiket pesawatnya masih pada masa validitasnya, ya! Yaitu selama tiga bulan terhitung sejak tanggal keberangkatan. Pastikan juga kamu belum melakukan check-in di bandara atau via online.

Sumber: Cermati

Simak juga:

Demi Nawacita, Jokowi Kembangkan Tol Laut untuk Pengembangan Daerah Terpencil

Ini 7 Kostum Halloween Termahal di Dunia, Supreme Edition Iron Man Salah Satu Peringkat Teratas!

Berpenghasilan Lebih Besar dari Laki-laki, Ini Caranya jadi Wanita Karier Sukses!

Di Tengah Perang Dingin Teknologi AS-Tiongkok, 5G Huawei Optimis Akan Meledak di Pasar

Perbankan Terimpit Persaingan Fintech, OJK Dukung Merger Bank di Indonesia

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here