Menabung Asyik dengan 5 Cara Fun Ini, Coba, yuk!

Memang, menabung itu terkadang sangat sulit dilakukan. Konflik antara menabung dan pengeluaran menjadi penghalang utama. Godaan selalu muncul padahal kebutuhan untuk simpanan masa tua juga tak bisa dihindari. Lalu bagaimana cara menabung asyik tanpa terasa terbebani?

Cara Menabung Asyik Tanpa Merasa Terbebani, Bagaimana Triknya?

Cara menabung #1 Tentukan tujuanmu

Salah satu cara terbaik untuk tetap konsisten menabung adalah dengan mengingatkan diri sendiri akan tujuanmu menabung. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai motivasi untuk kendala apapun yang mengadang dalam perjalananmu menabung.

Tanyakan kepada dirimu sendiri; Mengapa saya menabung?

Meskipun tujuan utamanya adalah untuk mempersiapkan masa tua kelak, namun perlu diakui, membayangkan diri ini menjadi tua dan pensiun memang sulit. Inilah mengapa kamu harus memiliki mini goal sebagai pijakan mencapai tujuan yang lebih besar lagi.

Mini goal ini bisa jadi sesederhana untuk tidak tergoda belanja baju-baju baru untuk menyimpan sejumlah kecil uang dalam jangka waktu yang kamu tentukan sendiri. Tujuan kecil akan lebih mudah untuk diingat dan diimplementasikan.

Jadi, apa tujuan kecilmu untuk menabung?

Berikan reward untuk diri sendiri sesekali

Ketika berhasil menaklukkan tujuan kecilmu, tak ada salahnya untuk memberikan sedikit reward terhadap konsistensi dirimu menabung. Jangan sampai motivasimu melemah hanya karena kamu tak memberi apresiasi terhadap kedisiplinanmu menabung.

Cara menabung yang satu ini memang penting dilakukan. Bukan perkara menjadi egois; memberi apresiasi terhadap keberhasilan menabung sangat tepat untuk dilakukan. Dan apabila hal ini secara konstan dilakukan, motivasi terus meningkat, menabung pun menjadi kebiasaan seru yang asyik dilakukan!

Artikel terkait: Jadi ‘Cewek Keren’ dengan Menghapus Gaya Hidup Boros

Gunakan aplikasi

Satu hal yang membuat cara menabung sangat sulit dilakukan adalah ketika menentukan anggaran. Meski demikian, kamu tidak dapat melewatinya. Sebab, jika kamu menabung tanpa anggaran, pada akhirnya akan selalu muncul pertanyaan yang sama; “Ke mana semua uang saya habiskan?”

Kabar baiknya, kamu tak perlu lagi menggunakan pena, kertas dan kalkulator untuk menentukan anggaran pengeluaranmu. Bersyukurlah, sebab, teknologi hadir untuk mempermudah urusanmu. Termasuk juga saat kamu ingin menabung.

Banyak sekali aplikasi yang dapat mempermudah kebutuhanmu menentukan anggaran pengeluaran. Jangan lupa untuk melakukan update budget-mu setiap hari. Dengan demikian, kamu dapat memantau pengeluaranmu dalam genggaman tangan.

Lebih hemat dengan DIY

Apabila kamu merupakan seorang yang cukup artsy, coba deh, buat sendiri barang-barang yang bisa kamu gunakan sehari-hari dengan mendaur ulang dari barang-barang di sekitarmu.

Nggak perlu beli dekorasi dinding atau lukisan jika kamu dapat membuatnya sendiri. Yang paling asyik dari DIY (do-it-yourself) adalah kamu bisa membuatnya sesuai kebutuhanmu sendiri.

Cari inspirasimu melalui Pinterest atau YouTube dan mulai sekarang juga!

Buat lebih fun!

Daripada membuat rencana anggaran yang membosankan di atas lembar kertas putih polos, mengapa tak coba membuatnya terlihat lebih fun dengan memberikan warna-warna menarik!

Kamu bisa menuliskan daftar tujuan finansial jangka pendek maupun jangka panjang dengan warna yang berbeda.

Dengan cara menabung ini, kamu tak akan bosan-bosan melihat catatan keuangan dan anggaran pengeluaranmu, bukan?

Investasi emas paling murah cuma di Pluang, unduh aplikasinya sekarang, yuk!

Baca juga:

Selain Menikah, Ini 3 Momen Penting Hidup yang Akan Menyadarkanmu Pentingnya Investasi

Newbie di Bursa Saham? Ini 4 Cara Aman Berinvestasi Bagi Pemula

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here