Jaga Kondisi Keuanganmu, Berhemat di Bulan Ramadan dengan 4 Tips Jitu Ini

Ramadhan biasanya adalah waktu di mana kamu banyak mengeluarkan uang. Namun, ramadhan tahun ini berbeda karena adanya pandemi virus corona. Bisa jadi pemasukanmu berkurang. Maka, kamu harus mencari cara menabung uang dengan menjalankan tips menabung uang yang akan kita bahas ini.

Boros di masa ramadhan adalah tren universal. Tetapi, mengingat meningkatnya tuntutan hidup dan persyaratan anggaran, kamu dapat mengalami pemenuhan kekudusan bulan ramadhan tanpa tekanan dari pengeluaran berlebihan.

cara menabung uang

Cara menabung uang di bulan ramadhan dapat dilakukan dengan menjalankan tips menabung uang seperti menetapkan budget dan mematuhinya, mengurangi belanja, mengurangi berbuka dan sahur bareng di luar, serta memanfaatkan diskon-diskon ramadhan saat berbelanja.

Perlu diingat bahwa bulan ramadhan adalah bulan memberi, inilah sebabnya, prioritas nomor satu harus kamu berikan kembali kepada masyarakat dan menjaga anggaran untuk amal.

Jadi sekalipun kamu sedang menerapkan tips menabung uang dan cara menabung uang untuk mengirit, kamu juga tetap harus mempertimbangkan alokasi dana untuk bersedekah di bulan ramadhan ini. Membantu sesama adalah salah satu kewajiban di bulan ramadhan, kan.

Baca juga: 5 Cara Menabung yang Tepat demi Wujudkan Resolusi Keuangan 2020

Cara menabung uang di bulan ramadhan tahun ini

tips menabung uang

Dalam cara menabung uang kamu, penting untuk mengetahui sumber penghasilanmu. Terlepas dari upah bulananmu atau bentuk pendapatan reguler lainnya, bulan ini beberapa dari kamu mungkin menerima bonus liburan tahunan atau apa yang orang Indonesia sebut THR, atau bonus lain apa pun dari atasanmu.

Dengan mengetahui sumber pendapatan, kamu akan bisa menentukan besaran uang yang bisa kamu tabung, dan yang harus kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dalam hal memenuhi kebutuhan sehari-hari, kamu juga harus membuat sebuah perencanaan budget. Dengan demikian kamu akan memahami cara menabung uang, jika pengeluaranmu dirasa lebih besar dari pemasukan kamu harus memangkas beberapa item, agar kamu masih punya sisa uang untuk ditabung.

Tips menabung uang dan cara menabung uang lainnya adalah dengan mencatat pengeluaran harian kamu. Ini akan membantumu melacak jumlah uang yang telah kamu habiskan dan menganalisis apakah pengeluaran kamu lebih tinggi atau lebih rendah dari yang direncanakan. Dengan cara ini, kamu akan semakin termotivasi untuk menghabiskan lebih sedikit dan menabung lebih banyak.

Menjalankan cara menabung uang dan tips menabung uang ini penting agar kamu bisa menyimpan dana yang dapat digunakan untuk ramadhan tahun depan.

Jika kamu mulai menabung dari sekarang, kamu tidak akan perlu khawatir di ramadhan berikutnya karena kamu sudah punya tabungan. Menabung lebih baik daripada berhutang kan.

Lalu bagaimana cara menabung uang yang baik? Kamu bisa simak 4 tips menabung uang berikut ini.

Baca juga: Hemat Uang Belanja Demi Menabung, Begini 9 Cara Mudahnya

4 tips menabung uang di bulan ramadhan

tips menabung uang

#1 Cara menabung uang – Mempraktikkan gaya hidup sederhana

Ramadhan menjunjung tinggi nilai-nilai dasar manusia dan kesederhanaan. Saat kamu merenungkan tindakanmu di bulan suci ini, praktikkan juga kesederhanaan dalam pengeluaran keuanganmu.

Alih-alih mengorganisir jamuan berbuka puasa yang mewah, cara menabung uang adalah dengan melakukan berbuka puasa di rumah dengan orang yang kamu cintai.

Mempraktikkan gaya hidup sederhana tak hanya menambah pahalamu, ini juga akan menambah tabunganmu.

#2 Patuh pada rencana budget

Pastikan kamu patuh pada rencana anggaranmu saat melakukan pembelian untuk bulan ini.

Sebagai alternatif, jika kamu bisa, buat anggaran ramadhan terpisah yang mencakup semua pengeluaran yang perlu kamu lakukan selama bulan ini.

Itu bisa termasuk biaya hadiah, pakaian, dekorasi, hiburan dan makanan. Setelah kamu membuat anggaran, akan lebih mudah bagimu untuk mengikutinya jika kamu memasukkan keluargamu dalam implementasinya juga.

#3 Cara menabung uang – Simpan paket perjalananmu

Jika kamu berencana untuk melakukan perjalanan selama bulan ramadhan, rencanakan perjalananmu terlebih dahulu untuk mendapatkan potongan harga.

kamu juga dapat menggunakan berbagai tiket promo dan subsidi biaya perjalanan. Ini adalah cara yang baik karena biaya perjalanan biasanya adalah pengeluaran yang cukup besar.

#4 Berlatih berhemat dalam memberikan hadiah atau parcel

Parcel atau bingkisan hadiah adalah hal yang lumrah di bulan ramadhan. Kamu bisa menyebarkan cinta dan kebahagiaan tanpa menghabiskan banyak uang atau membeli hadiah mahal.

Cara menabung uang di sini adalah dengan membuat hadiah yang dipersonalisasi di rumah kamu alih-alih membeli bingkisan parcel jadi yang biasanya tersedia di toko. Dengan demikian kamu bisa mengirit uang, dan bisa menabung lebih banyak.

Itu tadi 4 tips menabung uang di bulan ramadhan ini. Patut kamu ingat bahwa menjalankan cara menabung uang yang baik adalah strategi agar di ramadhan tahun depan kamu sudah punya tabungan atau budget.

Lagipula, ramadhan adalah bulan suci yang mengajarkan kita untuk hidup dalam kesederhanaan. Maka, cara menabung uang adalah salah satu upaya mempraktikkan kesederhanaan itu, agar ibadah puasamu lebih berarti dan afdal. Yuk, mengirit dan menabung!

Sumber: Bankonus, Citibank

Simak juga:

Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Niat Jadi Kolektor Lukisan Pemula? Ketahui Dulu Risiko Investasinya di Sini!

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Recent Articles

Related Stories