Jadi “Cewek Keren” dengan Menghapus Gaya Hidup Boros

Bagaimana jika kita bisa merancang hidup kita sendiri dan memastikan kita sudah melakukan yang terbaik begitu sudah mencapai ancang-ancang usia 30? Saya selalu memikirkan pertanyaan itu saat melihat dunia di sekitar berubah pesat ketika mulai berkuliah. Apakah yang saya lakukan sudah termasuk dalam cara menabung dengan cepat?

Bagaimana caranya, misalnya, saya bisa menabung dengan cepat kalau lingkaran saya hanya berisi anak muda yang gemar menghabiskan masa muda dan menghambur-hamburkan uang orang tua mereka?

Saya akui,  pernah ingin menjadi salah satu dari “cewek keren” di sekolah. Di tingkat apa pun itu. Dari masa sekolahan, saya melihat bagaimana standar “cewek keren” itu terus berubah. Waktu kuliah, standarnya jadi semakin parah.

Memang, uang bukanlah standar kebahagiaan, dan toh saya belum perlu cari kerja dan berpenghasilan sendiri, jadi buat apa saya perlu tahu cara menabung dengan cepat? Begitulah, untuk jadi cewek keren, saya habiskan segala yang saya punya: waktu, tenaga, emosi, dan terutama, duit. Ini hal-hal yang saya lakukan demi jadi cewek keren itu:

Cara menabung dengan cepat tanpa gaya hidup boros, apa bisa jadi ‘cewek keren’?

Bukan cara menabung dengan cepat #1 Mengejar Gaya Hidup Jetset Ibukota

Jadi cewek keren, artinya, saya mesti habiskan waktu untuk tahu apa yang dilihat keren oleh cowok-cowok seusia. Jadi cewek yang selalu bisa bikin cowok-cowok menoleh kalau dia lewat.

Saya betulan tetap berusaha keras, untuk disukai mereka. Pergi hang out dan jelajahi klub malam kota ini dari sudut ke sudut.

Mencoba semua jenis fashion, berdiri separuh telanjang di depan cermin hanya untuk melihat apakah diri ini sudah cukup cantik mengenakan busana keluaran terbaru dari brand paling terkenal di kalangan teman-teman sebaya dengan kehidupan jetset ibukota itu?

Bukan cara menabung dengan cepat #2 Mengiyakan Hampir Semua Ajakan

Waktu itu, “cewek keren” bagi saya adalah dia yang enggak bakal menolak tawaran jalan. Dan itu artinya, bukan hanya berkorban waktu untuk cari baju branded model terbaru, boro-boro deh cari tahu cara menabung dengan cepat buat milenial, saya bahkan melakukan hal-hal yang sebenarnya enggak terlalu disukai, tapi wajib dilakukan biar bisa jadi “kupu-kupu sosial”.

Saya hampir ada di semua acara anak muda ibukota, dari pameran tunggal kawan di bilangan Jaksel, nonton konser di Ancol, belanja barang-barang branded hypebeast dan ngantre panjang bareng teman-teman. Pas lagi begini, mikirin cara menabung dengan cepat? Enggak bakal!

Baca artikel ini: Tujuh Tips Keuangan untuk Milenial

#3 Ngopi Sampai Sejuta Sebulan

Mencoba semua gerai kopi baru ibukota, dari Starbucks, Coffee Bean, Liberica, sampai gerai-gerai kopi kecil-kecil macam Tuku, Kopi Kenangan, Janji Jiwa, sudah pernah masuk daftar centang bucket list. Nongkrong berjam-jam ngobrol panjang sepulang kuliah, dan begitu kerja di bilangan Sudirman, kebiasaan yang sama masih saja saya lakoni, demi satu hal: jadi “cewek keren”.

Dari tiga hal itu saja, gaya hidup saya sudah melampaui alokasi yang semestinya saya anggarkan dari penghasilan.

Biasanya, putus dari pacar atau dikhianati kawan dari lingkaran pertemanan terdekat jadi alasan orang untuk tiba-tiba berpaling dari gaya hidupnya.

Tapi, saya enggak perlu mengalami itu untuk tiba-tiba merasa “menjadi cewek keren” dengan memenuhi ekspektasi gaya hidup lingkungan di sekitar, yang belum tentu saya inginkan. Saya bisa tetap menjadi teman baik bagi teman-teman, dan utamanya saya ingin jadi teman baik untuk diri sendiri.

Karena itu, saya menetapkan standar “cewek keren” baru: “Kau kuat karena dicintai, setidaknya oleh dirimu sendiri”. Saya tahu, untuk mencapai apa yang betul-betul saya inginkan akan membuat saya mesti menabung lebih banyak, berancang-ancang, dan untuk ketemu cara menabung dengan cepat demi keperluan itu, terkadang saya mesti menggeser prioritas dari menjadi “cewek keren” yang lebih masuk akal dan membuat diri ini bahagia.

Simak juga artikel berikut ini:

Yuk, Mengenal Produk-produk Investasi

Takut Investasi karena Istilah Rumit? Simak Kamus Investasi Emas Ini!

Gaji Pas-pasan? Pertimbangkan 4 Hal Ini untuk Mengambil Utang Produktif

Enam Cara Investasi Emas bagi Pemula

Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here