Pengin Jalan-jalan ke Luar Negeri? Ini Caranya Bikin Paspor Online

Seperti yang kamu tahu, untuk bepergian ke luar negeri, kamu memerlukan dokumen sakti: paspor. Bagi kamu yang belum pernah punya paspor atau masa kedaluwarsa paspor sudah dekat, jangan khawatir, kini, cara membuat paspor online 2019 sudah bisa dilakukan, lho!

Paspor adalah pengganti KTP kita, dokumen resmi sewaktu kita berada di negara asing. Cara membuat paspor online lebih cepat dan praktis lewat layar sentuhmu.

Daftar dan pilih jadwal, lalu lengkapi data, kemudian datang ke lokasi kantor imigrasi terdekat, dan voila, dalam 3-4 hari kerja, paspormu akan aman di gengaman.

Dengan cara membuat paspor online, kamu menghemat waktu dan memastikan mendapat nomor antrian.

Ini demi menghindari antrean panjang dan pembatasan jumlah pemohon dalam sehari yang hanya untuk 200 pemohon saja.

Simak cara membuat paspor online lewat situs web dan aplikasi android ini:

Cara membuat paspor online lewat situs web

Pengadaan paspor tidak hanya dilayani untuk pembuatan baru, tapi juga untuk memperpanjangnya secara online.

Prosedur pendaftaran akan dilayani secara online, sementara input data termasuk juga informasi biometrik dari pemilik paspor akan dilakukan secara langsung di kantor imigrasi.

Kunjungi situs web layanan antrian paspor on-line di https://antrian.imigrasi.go.id (disarankan dengan browser Google Chrome). Registrasi dan lalu log in di akun barumu. Kamu juga bisa masuk dengan akun Facebook atau Gmail.

Lantas, isi data di form registrasi online. Dokumen persyaratan untuk cara membuat paspor online adalah dengan memindai dan mengunggahnya ke situs web kantor imigrasi.

Dokumen yang perlu dipersiapkan, dipindai, dan diunggah untuk pembuatan di antaranya:

Untuk Warga Negara Indonesia (WNI)

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Akta kelahiran atau surat baptis
  4. Akta perkawinan atau buku nikah, ijazah
  5. Paspor lama, jika ingin memperpanjang

Persiapkan juga semua dokumen ini ketika datang ke kantor imigrasi karena masing-masing dokumen perlu ditunjukkan secara langsung kepada petugas.

Baca juga: Jangan Sampai Kena Sanksi Pajak, Cek Cara Buat NPWP Online yang Mudah di Sini

Cara membuat paspor online 2019 lewat aplikasi

Kini, ada juga tawaran untuk membuat paspor lewat aplikasi. Unduh aplikasi Antrian Paspor di Play Store bagi pengguna android. Lalu, lakukan pendaftaran di aplikasi, isilah semua data diri dengan benar.

Setelah mengisi data diri, tinggal pilih jadwal pembuatan paspor. Ini termasuk di mana tempat yang dituju untuk pembuatan paspor dan waktu yang dikehendaki. Perlu dicatat, setiap tempat pelayanan pembuatan paspor memiliki kuota.

Kamu perlu datang 15 menit lebih awal dari jadwal yang dipilih. Serahkan berkas persyaratan paspor yang sudah dilengkapi. Tunggu jadwal wawancara dan pengambilan foto. Sebelumnya, petugas akan mengecek berkas yang kamu bawa.

Mengunjungi kantor imigrasi untuk membuat paspor

Pihak imigrasi membuka kantor pelayanan paspor di berbagai titik. Pada tanggal yang telah kamu pilih, pastikan kamu mengunjungi kantor imigrasi pada jam yang tepat. Ada pilihan dari jam 7 pagi hingga 4 sore, dengan waktu istirahat jam 12-1 siang, kecuali Jumat dari 11.30 hingga jam 1 siang.

Pastikan kamu berpakaian sopan rapi, serahkan tanda terima permohonan dan bukti pembayaran, serta semua dokumen persyaratan, kepada petugas kantor imigrasi.

Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer ATM, dengan pilihan pembuatan baru atau perpanjangan paspor. Untuk paspor dengan jumlah 48 halaman, biayanya Rp355.000, ditambah dengan biaya administrasi bank.

Kamu akan menjalani fase wawancara dan petugas akan menanyakan tujuan pembuatan paspormu. Setelah itu, kamu akan perlu memverifikasi dokumen dan mengambil biometrik sidik jari.

Setelah selesai proses foto dan wawancara, kamu akan memperoleh bukti pembayaran dengan nomor rekening dan kode membayar paspor. Simpan bukti pembayaran ini untuk ditujukan saat mengambil paspor.

Paspor akan dapat diambil dalam 3 hingga 4 hari jam kerja dan sebaiknya kamu tidak menunda jadwal pengambilan paspor karena pihak imigrasi sudah membuat antrean yang menyiapkan paspor siap ambil sesuai hari yang ditentukan.

Sumber: Atur Duit, Antrian Imigrasi

Simak juga:

Penebangan Liar hingga Prostitusi, Ini 5 ‘Barang’ Pasar Gelap Indonesia yang Hasilkan Triliunan Rupiah

Demi Nawacita, Jokowi Kembangkan Tol Laut untuk Pengembangan Daerah Terpencil

Nadiem Makarim sebagai Menteri Termuda dengan Ide Segar, Ini 5 Menteri Muda Lain dari Seluruh Dunia

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here