Punya Kartu Kredit Pertama? Hindari 5 Kesalahan Umum Ini Demi Keuangan Sehat

Tergoda melihat smartphone elegan keluaran terbaru di sebuah market place yang ingin sekali kamu miliki? Ketikkan 16 digit nomor yang tertera di kartu kreditmu, lalu klik tombol ‘Beli’ dan semudah itu. Begitulah kira-kira salah satu cara kerja kartu kredit yang baru saja kamu terima.

Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran yang cukup tricky. Oleh karena itu, pemiliknya harus memahami kebiasaan pengeluaran yang bertanggung jawab.

Meskipun kartu kredit bisa sangat berguna untuk kondisi emergency dan dikenal sebagai salah satu medium untuk membangun riwayat kredit. Kamu harus terlebih dulu memahami bahayanya sebelum memutuskan untuk mengajukan aplikasi kartu kreditmu.

Nah, berikut beberapa kesalahan umum dari pemahaman cara kerja kartu kredit bagi pemilik pemula. Simak, yuk!

Cara kerja kartu kredit; hindari kesalahan penggunaan kartu kredit berikut demi masa depan finansial yang cerah

#1 Tidak membayar tagihan

cara kerja kartu kredit

Menolak membayar tagihan kartu kredit dapat berbahaya bagi kehidupan finansial jangka pendek maupun jangka panjang.

Ketika kamu tak membayar penuh tagihan kartu kredit, artinya kamu menumpuk bunga kartu kredit yang tinggi dari tagihan tersebut. Apalagi jika kamu terlambat membayar tagihannya, biaya keterlambatan pembayaran juga akan diberlakukan.

Cara kerja kartu kredit yang salah #2 Hanya membayar tagihan minimum

Meskipun bank pada umumnya memberlakukan pembayaran minimum untuk tagihan kartu kredit, hal ini hanya berarti kamu menumpuk bunga lebih banyak lagi dari jumlah tagihan yang kamu miliki.

Apabila kamu membayarkan tagihan lebih dari pembayaran minimum, kamu dapat mengurangi penambahan bunga yang dikenakan dalam tagihan.

#3 Melakukan tarik tunai

Di saat kondisi terdesak dan butuh sekali uang tunai, dan tidak memiliki saldo yang cukup pada rekening bank. Sangat mungkin untukmu melakukan tarik tunai dari limit kartu kredit yang kamu miliki.

Namun, sebelum melakukan hal ini, ada baiknya pikirkan matang-matang keputusanmu. Sebab cara kerja kartu kredit untuk penarikan tunai sangatlah tricky.

Kamu langsung dikenakan bunga pada hari pertama setelah penarikan tunai. Jika kamu tak memiliki cara lain untuk kondisi terdesak ini, perlu diketahui bahwa bunga yang akan dikenakan akan kian menumpuk dari hari ke hari hingga kamu membayar tagihannya.

Artikel terkait: Cari Pacar Baru? Ini 7 Alasan Kenapa Pengusaha Cocok Jadi Pendamping Hidupmu

#4 Tidak memaksimalkan fungsi reward

Biasanya, setiap bank memiliki program yang berbeda untuk pelanggannya. Umumnya, hal ini dipengaruhi seberapa loyal seorang pelanggan menggunakan produknya dan banyak lagi faktor lainnya.

Sebagai pemegang kartu kredit, kamu dapat memaksimalkan fungsi reward ini untuk menghemat pembelanjaanmu menggunakan kartu kredit. Untuk memastikan bahwa kamu bisa menikmati program reward yang diberikan, pastikan untuk selalu membayar tepat waktu dan jangan biarkan reward-nya kedaluwarsa.

Baca juga: Perkara Saham hingga Krisis Ekonomi, Ini 7 Rekomendasi Film Terbaik Soal Keuangan

#5 Menganggap kartu kredit sebagai uang tambahan

Kesalahan berikutnya adalah dengan menganggap kartu kredit sebagai uang tambahan. Padahal, limit yang diberikan pada kartu kredit idealnya hanya digunakan sebagai dana talangan saja.

Semisal, kamu lupa membawa uang tunai saat berbelanja, atau menggunakannya sebagai sarana pembayaran otomatis tagihan listrik, air dan lain sebagainya. Tapi jangan lupa, untuk langsung membayar limit yang kamu gunakan segera untuk menghindari tumpukkan bunga yang memuncak.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara kerja kartu kredit? Ada nggak sih di antara kalian yang sudah berencana untuk mengajukan aplikasi kartu kredit pertamamu?

Sumber: The New Savvy

Simak juga:

Yuk, Mengenal Produk-produk Investasi

Takut Investasi karena Istilah Rumit? Simak Kamus Investasi Emas Ini!

Gaji Pas-pasan? Pertimbangkan 4 Hal Ini untuk Mengambil Utang Produktif

Enam Cara Investasi Emas bagi Pemula

Mau Cuan Investasi Saham untuk Pemula? Intip Dulu Panduannya di Sini!

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here