6 Cara Investasi Emas bagi Pemula

Kini setiap orang tidak bisa mengandalkan hanya dari satu sumber pendapatan. Kebutuhan manusia kian meningkat seperti properti, kendaraan pribadi, biaya kesehatan dan sebagainya. Tak cukup menyisihkan dari penghasilan atau mengontrol pengeluaran. Mulailah pikirkan investasi untuk meningkatkan pendapatan.

Artikel ini akan mengulas berbagai cara investasi emas. Karena investasi emas terbilang aman, investasi ini tak lekang oleh waktu. Dari dulu investasi emas memang salah satu yang menjanjikan dan sudah dipercaya oleh leluhur kita.

Dikarenakan investasi ini memiliki nilai yang stabil, mudah diperjualbelikan dan keuntungannya hampir tiap tahun meningkat. RIsikonya pun rendah dan tidak mudah rusak.

Investasi jenis ini juga cocok untuk para pemula yang ingin belajar berinvestasi karena tidak rumit dijalankan. Membeli emas ketika harga rendah dan menjualnya saat harga sedang tinggi untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Tetapi perlu dipahami dahulu bagaimana cara investasi emas, antara lain:

1. Pertanyakan Kembali: Apa Tujuanmu Investasi?

Apabila ingin berinvestasi, jangan hanya ingin ikut-ikutan tren saja. Tetapi lakukan dengan tujuan tertentu agar tetap tekun dijalani.

Misalkan tujuan investasi untuk membangun rumah, biaya naik haji orang tua, biaya sekolah anak sampai lulus kuliah, biaya nikah atau biaya hidup saat hari tua nanti.

Dengan tujuan yang jelas, motivasi akan terbangun dan fokus menjalankannya sehingga kamu dapat mengetahui cara investasi emas yang paling sesuai bagimu.

Tak hanya itu, dengan menentukan tujuan, Anda juga bisa memperkirakan berapa nilai dan waktu dalam menginvestasikan emas. Perkiraan ini penting agar tujuan dapat terealisasi.

2. Investasi = Dana Lebih

Investasi artinya memiliki kelebihan dana tiap bulannya, yang bisa dialokasikan ke investasi, yang bisa dapat menghasilkan dana lebih untuk masa depan. Jangan sampai asal membeli emas hingga mengalokasikan seluruh tabungan termasuk pengeluaran sehari-hari.

Pastikan juga Anda memiliki dana yang cukup untuk pengeluaran enam bulan sampai satu tahun ke depan. Sehingga Anda tidak berutang dimana-mana demi cara investasi emas yang aman.

3. Kapan Waktu yang Tepat Untuk Berinvestasi?

Perhatikan harga emas di pasar dan lihat kecenderungan tren pergerakan harga emas. Cari informasi sebanyak-banyaknya, bisa dari ahli, orang yang bisa dipercaya yang sudah berinvestasi emas lebih dahulu atau sumber-sumber dari internet yang memiliki kredibilitas.

Jangan asal membeli emas ketika harganya masih tinggi. Biasanya ada bulan-bulan ketika emas turun harganya seperti bulan April sampai pertengahan Juni.

Sementara pada bulan November hingga Desember, harga emas cenderung meningkat.

4. Emas Apa yang Harus Diinvestasikan?

Lebih baik menginvestasikan emas logam mulia atau batangan bersertifikat kemurnian emas. Atau emas digital yang tidak memakan biaya cetak dan praktis disimpan.

Hindari berinvestasi dengan perhiasan karena harga jual cenderung lebih rendah dari harga beli, dan ini adalah cara investasi emas yang paling umum diketahui.

5. Di mana Tempat Membeli dan Menyimpan Emas?

Cari informasi sebanyak-banyak untuk mencari tempat membeli emas secara resmi dan membandingkan harga emas resmi di bank atau aplikasi online dengan tempat-tempat penjualan emas tersebut.

Cari harga terbaik dengan membandingkan beberapa tempat terpercaya. Jangan terburu-buru membeli emas hingga merugi karena harganya sedang rendah.

Hindari pihak-pihak yang menawarkan proses cepat dalam berinvestasi. Bagi yang ingin membeli emas digital, perhatikan juga reputasi penjual agar aman.

Setelah membeli emas, Anda bisa menyimpannya di dalam brankas rumah yang terbuat dari baja atau safe deposit box (SDB) di bank atau tempat resmi lainnya. Ini dipandang sebagai cara investasi emas paling efisien. Padahal, kelebihan dari berinvestasi emas digital adalah Anda tidak perlu memikirkan di mana akan disimpan.

6. Apakah Emas yang Dibeli Asli?

Bagi yang berinvestasi emas batangan, pastikan tingkat kemurniannya 99,99%. Keaslian emas bisa dilihat dari sertifikat dan cap yang menandakan kadar fineness (1-999 atau 9.999) atau karatnya (10K, 14K, 18K, 22K, atau 24K).

Selain itu, gosok pinggiran emas dengan jari. Apabila palsu akan menunjukkan perubahan warna. Cermati juga secara fisik apakah ada cacat/tidak mulus.

Tak ada kata terlalu dini atau terlambat dalam mengetahui cara investasi emas terbaik. Bagi pemula, gali informasi sebanyak-banyaknya sebelum memulai.

Hal ini dikarenakan cara investasi emas paling mujarab lebih baik dilakukan dalam jangka waktu yang relatif lama seperti minimal lima tahun agar mendapat manfaat yang optimal.

Maka dari itu, untuk investasi yang memakan waktu lama perlu persiapan yang matang.

Cek harga emas terbaru setiap hari dengan mengunduh aplikasi Pluang, yuk!

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here