Segini Uang yang Bisa Disimpan Jika Bawa Bekal Makan Siang dari Rumah

Cara hidup hemat adalah kebiasaan yang perlu dipupuk sejak dini. Para orang tua biasanya menyiapkan bekal makan siang untuk anak demi membangun kebiasaan berhemat.

Sayangnya, begitu tumbuh dewasa, bagi sebagian orang, membawa bekal sendiri dari rumah dianggap sebagai sesuatu yang memalukan.

Padahal, membawa bekal makan siang sendiri bermanfaat selain untuk menjaga kesehatan kantong, juga untuk menjaga kesehatan tubuh.

cara hidup hemat

Banyak orang beralasan tidak sempat memasak karena kesibukan atau merasa lebih mudah belanja di warung. Jangan pupuk kebiasaan itu! Yuk, mulai cara hidup hemat dengan bawa bekal makan siang.

Memasak bekal makan siang sendiri selain bisa jadi hobi yang menyenangkan bagimu karena memasak berbagai varian menu, juga bisa membuatmu lebih sehat secara fisik maupun kantong!

Bahkan, untuk mengampanyekan gerakan membawa bekal sendiri kepada masyarakat luas demi cara hidup hemat dan sehat, pemerintah bekerja sama dengan Tupperware menggalakkan kampanye Hari Bawa Bekal Nasional untuk siswa sekolah tiap 12 April.

Baca juga: Selain Gak Bikin Kantong Jebol, Ini 5 Manfaat Gaya Hidup Minimalis untuk Keuanganmu

Mulai cara hidup hemat dengan bawa bekal makan siang sendiri

 bekal makan siang

Selain higienis dan baik untuk kesehatan, cara hidup hemat dengan bawa bekal makan siang sendiri bisa memangkas setengah dari uang yang kamu keluarkan untuk makan siang di luar. Apalagi jika kamu berkantor di wilayah yang jajanannya mahal-mahal.

Dengan masak sendiri, kamu bisa hemat hingga Rp30-50 ribu per hari, lho. Apalagi, kamu bisa memasok persediaan bahan makanan untuk sepekan ke depan.

Tidak perlu ribet mempersiapkan makanan, sampai waktumu tersita, cukup masak makanan yang mudah saja bagimu. Menu-menu seperti nasi goreng, ayam atau ikan goreng, telur, tahu dan tempe, hingga oseng dan tumis sayur. Mulailah cara hidup hemat ini dengan sederhana!

Kebiasaan menyiapkan bekal juga akan membuatmu terbiasa bangun lebih pagi dan berangkat kerja dengan santai, terhindar dari terburu-buru lantaran bangun kesiangan.

Untuk memulai, kamu bisa membuat daftar kebutuhan dan daftar menu yang menarik sehingga kamu tidak akan merasa bosan menerapkan cara hidup hemat dengan memasak bekal makanan sendiri.

Baca juga: S.O.S Tanggal Tua? Ini 7 Trik Hemat yang Menyelamatkanmu dari Sikap Boros

Ayo, bawa bekal! Berhitung berapa yang bisa kamu tabung!

cara hidup hemat

Yuk, mulai cara hidup hemat! Berikut ini hitungan sederhana bujet yang bisa kamu pangkas dengan membawa bekal makan siang sendiri:

Bawa bekal makan siang sendiri (untuk seisi rumah dengan 2 anak)
Bahan lauk pauk dan beras (@Rp50 ribu x 22 hari) Rp1,1 juta
Gas Rp114 ribu
Camilan dan buah @Rp200.000 x 4 minggu Rp800 ribu
Total pengeluaran jika kamu terapkan cara hidup hemat Rp2.014.000

 

Kamu bisa jauh lebih berhemat dengan membawa bekal jika sekaligus mengajak seisi rumah untuk ikut membiasakan cara hidup hemat ini.

Apalagi jika kamu sudah berpasangan dan memiliki anak, menyiapkan bekal makan siang ini terhitung memangkas banyak pengeluaran.

Beli makan di luar (untuk seisi rumah dengan 2 anak)
Untuk kamu dan pasanganmu Rp120.000 x 22 hari Rp2,64 juta
Beli makan untuk 2 anak Rp15 ribu x 22 hari Rp660 ribu
Total Rp3.300.000

 

Dengan membawa bekal makan siang sendiri dan memulai cara hidup hemat ini bersama keluarga, kamu telah menghemat hingga Rp1.286.000.

Selain itu, kamu juga bisa berhemat dengan membawa bekal air minum sendiri dari rumah, dibandingkan membeli minuman kemasan setiap bulannya. Perbedaannya cukup  signifikan antara membeli minuman botol kemasan dibandingkan beli galon minum setiap bulannya.

Dengan selisih yang lumayan dan manfaat cara hidup hemat ini bagi kesehatan dan kebiasaan baikmu, jangan sampai merasa malu membawa bekal makan dan minum sendiri dari rumah, ya!

Sumber: Lifepal, Kompas, Lifepal

Simak juga:

Niat Jadi Kolektor Lukisan Pemula? Ketahui Dulu Risiko Investasinya di Sini!

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Mau Financially-Savvy? Dengerin 7 Podcast Spotify Keuangan Ini, yuk!

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here