Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Hanya punya modal kecil, pengin bikin usaha, dan sekaligus ingin mengembangkan hobi? Apapun alasan di baliknya, bisnis selalu memiliki risiko. Untuk menjadikan bisnis pertamamu bisnis yang menguntungkan, coba pertimbangkan hal berikut ini:

Mengubah Hobi Menjadi Bisnis yang Menguntungkan

bisnis yang menguntungkan
Asian young female blogger recording vlog video with makeup cosmetic at home online influencer on social media concept.live streaming viral

1. Ketemu alasan “kenapa”

Setiap orang punya alasannya sendiri tentang kenapa mereka ingin memulai usaha. Lihat kebutuhan dan keinginanmu, dan bisnis yang potensial untuk memenuhi itu. Karena kamu sudah memutuskan untuk memulai bisnis yang berbasis hobimu, sudah pasti dong bisnismu ini adalah bisnis yang kamu sukai?

Sekarang tinggal pikirkan apa yang bisa kamu lakukan untuk menjadikan hobimu ini sebagai bisnis yang menguntungkan. Sudahkah kamu mengetahui rincian dari hulu ke hilir tentang ekosistem bisnis dari hobimu ini? Tahukah kamu hal-hal teknis dari menjadikan hobimu ini sebagai bisnis?

2. Bersiaplah untuk terkadang merasa bosan

Mengubah hobi menjadi bisnis tidak menjamin kamu akan selalu merasa senang menjalankan bisnismu. Pekerjaan akan menuntutmu untuk memenuhi tenggat dan capaian tertentu, dan itu terkadang akan menjadikan hobimu tak lagi semenyenangkan sebelumnya.

Ketika kamu mengalami itu, pastikan kamu tetap bisa berpikir kreatif. Ajak rekanmu untuk membahas kemungkinan dan inovasi bagi bisnismu.

3. Definisikan kesuksesan untuk bisnismu

Sebelum memulai usahamu, ambil jarak dengan dirimu, dan biarkan dirimu merefleksikan tentang apa makna sukses sebuah bisnis bagimu. Bagaimana kamu melihat bisnis yang menguntungkan bagimu?

Berapa keuntungan yang ingin kamu capai di awal, dan apakah bisnismu ini dapat mencapai tujuan-tujuan lain di luar urusan finansial, apakah bisnismu ini akan membantu lebih banyak orang lain di sekitarmu dan apakah bisnismu ini akan berguna bagi orang-orang yang sehobi denganmu?

4. Lihat keadaan keuanganmu

Kamu harus jujur dengan situasi keuanganmu sebelum memulai usaha. Pastikan bahwa uangmu akan cukup untuk mendanai bisnismu paling tidak untuk satu tahun rencana bisnismu.

Selain dana untuk memulai bisnis, karena kamu memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan penuh-waktu dan mengubah hobimu sebagai bisnis. Kamu juga perlu memastikan ada dana jaga-jaga untuk biaya hidupmu sehari-hari selama setahun itu.

Karena, untuk memastikan bisnismu akan mendatangkan keuntungan, tidak bisa dilakukan dalam waktu semalam.

Bila belum ada cukup modal, pertimbangkan untuk mulai menyimpan penghasilanmu, dan cari tahu bagaimana kamu dapat memangkas pengeluaran. Sementara kamu masih mengumpulkan dana, gunakan waktu luangmu ini untuk merencanakan model bisnismu, lakukan riset pasar, dan pelajari bagaimana kamu dapat menjadi pemilik bisnis yang menguntungkan secara efektif.

Artikel terkait: Kaum Milenial, Berapa Banyak Investasi yang Mesti Kamu Punya?

5. Riset pasarmu

Apakah kamu sudah mengetahui target pasar dari bisnis yang kamu kembangkan dari hobimu? Ajukan beberapa pertanyaan ini:

  • Apakah ada kebutuhan dari pasar terkait bisnismu?
  • Seberapa potensialnya usahamu ini untuk pasar hari ini?
  • Siapa orang-orang yang akan menjadi target dari usahamu? Bagaimana penghasilan mereka dan tingkat pendidikannya? Di mana mereka tinggal?
  • Apa ada bisnis lain yang menawarkan hal yang sama?
  • Dapatkah kamu menawarkan bisnismu dengan harga yang lebih terjangkau?

6. Pikirkan bagaimana kamu bisa dapat keuntungan

Kamu akan butuh waktu untuk memperoleh keuntungan pertamamu. Jadi, barangkali kamu memerlukan cara lain untuk dapat keuntungan.

Pikirkan untuk membuat beragam kemungkinan yang dapat kamu jalankan di bisnismu. Seperti produk-produk turunan, merchandise, dan hal-hal yang berkaitan dengan produk utamamu, atau justru bikin kelas-kelas pengembangan bisnis yang bisa membantu teman-teman yang sehobi denganmu untuk saling belajar dan bertukar pengalaman.

7. Targetkan pemasaran dari mulut ke mulut

Daripada perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk ongkos pemasaran, kenapa tidak memanfaatkan jejaringmu? Supaya bisnismu jadi bahan pembicaraan lingkaranmu, kamu bisa melakukan tes ombak dengan memberi mereka kesempatan mengakses produk dari bisnismu.

Survei Zendesk menyatakan bahwa saat ini 88% orang menentukan keputusan untuk membeli sesuatu berdasarkan pengaruh dari ulasan positif kenalan mereka di internet.  

Ketujuh hal ini memang tampaknya tidak mudah. Untuk menjadikan bisnismu bisnis yang menguntungkan, kamu memang perlu kerja keras di awal, dari merencanakan bisnis, mengumpulkan dana, mencari konsumen potensial hingga melancarkan promosi.

Temukan tips finansial lainnya hingga perbandingan harga emas terbaik dengan mengunduh aplikasi Pluang!

Baca juga: Pengin Bikin Startup? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui!

Simak juga:

Yuk, Mengenal Produk-produk Investasi

Takut Investasi karena Istilah Rumit? Simak Kamus Investasi Emas Ini!

Niat Jadi Kolektor Lukisan Pemula? Ketahui Dulu Risiko Investasinya di Sini!

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here