Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Menemukan pekerjaan yang tepat (sesuai passion atau tidak, ya?) adalah salah satu hal paling menyulitkan–kalau bukan mengerikan–dari menjadi dewasa. Ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk memilih perusahaan tempat bekerja.

Tidak ada kelas perkuliahan yang mengajarkan bagaimana caranya memperoleh pekerjaan yang paling tepat sesuai dengan minatmu. Karena setiap jenis pekerjaan dan perusahaan berbeda–kendati di bidang industri yang sama.

Dan pada titik itu, kamu mulai berpikir, mengapa tidak memikirkan untuk mencari tahu lebih banyak tentang bisnis untuk pemula?

Jenis-jenis bisnis untuk pemula

bisnis untuk pemula
92721616 – young beautiful girl working at home, young entrepreneur conceptual

Terbuka lebarnya ruang digital bagi generasi milenial membuka juga kesempatan untuk menciptakan lebih banyak peluang dan ruang-ruang usaha. Termasuk juga belajar lebih banyak cara memulai bisnis untuk pemula.

Dari usaha skala kecil hingga skala besar, dengan mengatur target jangka panjang usaha lewat menyusun business canvas model dan mengujicobakannya dalam pembabakan kuartal per tahun, tentu tidak menyulitkan untuk dilakukan.

Tapi, kalau kamu adalah seorang pemula yang ingin memulai bisnis, bisnis skala kecil dapat jadi pertimbanganmu. Karena adanya kebutuhan besar dalam lini layanan bisnis skala kecil. Berikut ini jenis-jenis bisnis yang bisa kamu pilih:

1. Bisnis di bidang teknologi

Dengan peningkatan kebutuhan teknologi di beragam lini kehidupan kita hari ini, membuka ruang bagimu yang ingin memulai bisnis di bidang ini. Menyediakan SDM dengan performa baik dan menjadi biro penyedia dapat menjadi pilihanmu.

Beberapa sub-bidang ini dapat kamu telusuri lebih lanjut untuk mengumpulkan teman-temanmu yang jagoan dan tech-savvy: Konsultan layanan pembelian alat-alat elektronik, tim pemasangan dan perbaikan elektronik, tim peningkatan sistem teknologi, tim implementasi dan desain jaringan, pelatihan dan kelas-kelas belajar software dan hardware komputer, pemeliharaan dan desain situs web, membangun sistem e-learning, bisnis search engine optimization, penyedia layanan online referral, hingga layanan cloud.

Kalau nanti usahamu jadi gede, kamu bisa eksplor lebih luas lagi!

2. Bisnis di bidang kuliner

Hobi wisata kuliner dan memberi review dan penilaian untuk restoran yang kamu kunjungi? Kenapa kamu tidak memulai sendiri usaha restoranmu?

Tentu untuk memulai usaha kuliner, dibutuhkan dari sekadar kemampuan memasak enak. Apalagi kalau skalamu masih di bisnis untuk pemula.

Karena pesaingmu banyak dan semakin ketat dari waktu ke waktu, kreasi jenis masakan fusion, atau menawarkan tampilan yang baru untuk usaha kulinermu patut menjadi prioritas. Coba mulai berlatih pola pikir bisnis untuk pemula, pikirkan untuk merancang bisnis resto yang istimewa meski tidak perlu memilih setting di pusat kota.

3. Bisnis di bidang ritel

Punya hobi jalan-jalan ke pasar antik atau lihat-lihat baju bekas vintage lucu? Teman-temanmu banyak bikin akun media sosial yang isinya sepatu hypebeast, jaket windbreaker, dan dress cantik idamanmu?

Kenapa kamu tidak membuka juga toko sejenis, dan menyediakan barang-barang dalam komoditas ritel? Jualan barang yang kamu gemari dengan cara paling mudah, hanya dengan klik jari di internet, tentu tidak akan pernah menjadi bisnis yang mengecewakanmu.

Masih ada banyak bidang lagi yang bisa kamu eksplorasi dan taylor made sesuai dengan minatmu. Suka nonton film, datang ke konser, menerjemahkan subtitle? Kamu bahkan bisa bikin biro usaha bisnis sendiri untuk hal yang kamu sayangi!

Baca juga: Kaum Milenial, Berapa Banyak Investasi yang Mesti Kamu Punya

Strategi bisnis untuk pemula yang perlu kamu persiapkan

Sudah memutuskan bidang bisnis yang ingin kamu tekuni? Sekarang saatnya merancang bisnismu! Ini dia step by step rancangan bisnis untuk pemula:

1. Menentukan keunikan dan niche alias ceruk pasar dari bisnismu

Di tengah banyaknya jenis serupa, kamu perlu stand out. Caranya? Kamu bisa mengombinasikan berbagai ide kreatif, dan membicarakannya dengan rekan-rekan bisnismu.

Buat gambaran kasar tentang arahan bisnismu akan memberi kawan-kawanmu ruang untuk terlibat pada rencana bisnismu.

2. Membuat perencanaan bisnis

Kamu perlu menyiapkan gambaran besar, hulu ke hilir dari usahamu. Apa saja hambatan yang akan kamu hadapi, siapa saja kompetitor di bidang yang sama, hingga influencer yang bisa kamu ajak terlibat untuk memviralkan bisnismu di awal mula berdiri.

Itu baru awal bisnis untuk pemula, kamu mestinya bisa memikirkan dalam jangka panjang, beberapa tahun ke depan, ke mana arahan dari bisnismu, apa tone yang kamu inginkan ada dari bisnismu?

3. Menemukan dana untuk memulai start-up dan rancang manajemen keuangan untuk bisnismu

Ada banyak kredit yang disediakan bagi bisnis untuk pemula. Tanyakan pada konsultan keuangan bisnismu, kredit mana yang paling tepat untuk diambil.

Baca juga: Tujuh Tips Keuangan untuk Milenial

4. Menamai bisnismu, memilih struktur jenis usaha, menentukan lokasi bisnis, dan detail teknis lainnya

Ini urusan paling dasar, paling awal, dan sebenarnya paling penting dari memulai bisnis untuk pemula. Konsep bisnis adalah apa yang menjadi dasar dari gerak usahamu ke depannya. Berbagai business model canvas bisa kamu adopsi dan terapkan dalam usahamu.

5. Memperoleh lisensi dan izin bisnis, lalu peroleh asuransi bisnis

Ini urusan penting lainnya yang perlu kamu penuhi bila memang meniatkan usahamu bergerak dalam jangka panjang. Modal awal yang kamu sediakan untuk bisnismu, dan bagaimana kas keuanganmu menentukan lisensi dan izin bisnis yang dapat kamu ambil. Jangan lupa juga mengambil asuransi bisnis sesuai dengan bidang yang kamu tekuni.

Bila belum gede-gede amat, tak usah sampai memikirkan bikin perseroan terbatas. Ingat, kita masih berlatih memulai bisnis untuk pemula. Gerak lambat, asal selamat!

Jadi, sudah siap dong untuk memulai bisnis pertamamu? Kalau kepikiran untuk melimpahkan hasil usahamu dan berinvestasi emas (karena konon pasaran emas tak pernah surut), jangan lupa download aplikasi Pluang untuk dapatkan harga emas terbaik di pasaran!

Simak juga:

Yuk, Mengenal Produk-produk Investasi

Takut Investasi karena Istilah Rumit? Simak Kamus Investasi Emas Ini!

Gaji Pas-pasan? Pertimbangkan 4 Hal Ini untuk Mengambil Utang Produktif

Enam Cara Investasi Emas bagi Pemula

Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here