Bappebti Blokir Binomo, Broker Trading Online Ilegal yang Rugikan Masyarakat

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) baru saja memblokir Binomo Indonesia karena status ilegalnya. Binomo adalah broker trading online yang dibentuk para broker saham.

Skema yang ditawarkan Binomo berupa trading binary options, analisis harga saham dalam rentang waktu tertentu. Mereka viral di dunia maya karena sempat mengiklankan seorang pria yang mengaku sukses dan kaya raya karena Binomo.

binomo adalah

Jargon si pria yang mengaku sukses itu, “Jutaan orang bahkan tak menyadari bahwa mereka bisa menghasilkan USD1.000 sehari tanpa meninggalkan rumah.”

Begitu diblokir oleh Bappebti, barulah terbongkar Binomo adalah broker trading online yang legalitasnya tidak jelas. Pemerintah memblokir situs utama Binomo Indonesia, Binomo.com dan Binomo.net.

Dua situs web ini masuk dalam daftar 58 domain entitas ilegal oleh Bappebti Kementerian Perdagangan. Bappebti meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk blokir situs-situs ini.

Baca juga: OJK Tutup Banyak Fintech Pinjol Ilegal, Hindari Aplikasi Ilegal dengan 9 Tips Ini!

Binomo adalah satu dari sekian banyak investasi bodong yang diblokir

Sepanjang 2019, banyak broker atau investasi bodong yang berkembang di Indonesia. Sekitar 199 domain situs entitas investasi ilegal ini telah diblokir oleh Bappebti.

Entitas-entitas ini menawarkan investasi yang menjanjikan keuntungan tetap di luar kewajaran untuk menipu calon korbannya.

Dalam siaran pers Kemendag, Kepala Bappebti Kemendag Tjahya Widayanti menyebutkan alasan broker sejenis Binomo Indonesia tidak diizinkan beroperasi, “Selain itu, terdapat entitas yang melakukan kegiatan selayaknya pialang berjangka dengan menjadi Introducing Broker (IB) dari pialang luar negeri,” ujarnya.

Blokir atas entitas Binomo ini telah diajukan sejak 17 Mei 2019, sebagaimana disampaikan oleh Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu.

Bahkan meski dua situs webnya telah diblokir, Binomo kembali mencoba merangsek arena dengan situs baru, Binomo.org.

Baca juga: Penebangan Liar hingga Prostitusi, Ini 5 ‘Barang’ Pasar Gelap Indonesia yang Hasilkan Triliunan Rupiah

Cara entitas-entitas bodong semacam Binomo Indonesia beroperasi

Biasanya, entitas bodong ini menawarkan paket investasi berkedok Forex, beraktivitas menduplikasi atau mendompleng pialang berjangka dengan izin usaha dari Bappebti.

Kini, netizen justru balik menyerang gaya iklan Binomo dengan bilang, “Jutaan orang bahkan tidak menyadari situs Binomo ilegal.”

Bappebti rutin melakukan pemantauan dan pengawasan secara online maupun atas laporan masyarakat atas enitas ilegal yang menawarkan kontrak berjangka tanpa izin Bappebti.

Entitas-entitas bodong ini memang berpotensi merugikan masyarakat. Tanpa izin dari Bappebti, perusahaan-perusahaan dari situs investasi bodong ini menghimpun dana margin dari masyarakat dan menyetorkannya ke rekening lain di luar negeri.

Selain menduplikasi jenis-jenis usaha pialang berjangka pada umumnya, mereka umumnya menawarkan janji-janji menggiurkan seperti pendapatan tetap (fixed income) yang besarannya di luar kewajaran.

Tanpa proses pendaftaran yang rumit dan bahkan tanpa menyertakan KTP, para korban entitas bodong ini ditarik untuk memasang investasi.

Ada banyak jalan menghindari penipuan ini, misalnya dengan mengecek langsung daftar pialang berjangka dengan lisensi yang legal dari Bappebti. Dan apabila perusahaan tersebut tidak masuk dalam daftar, sebaiknya kamu pikir-pikir lagi, deh, untuk berinvestasi.

Sumber: CNBC Indonesia, Detik Finance, Tirto

Simak juga:

Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Menabung Asyik dengan 5 Cara Fun Ini, yuk!

Menikah vs Beli Rumah, Mana yang Harus Didahulukan?

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here