Yang Berkesan Tak Selalu Mahal, Berikut 7 Trik Pangkas Biaya Lamaran

Sebelum ke pelaminan, acara lamaran adalah tahap wajib menuju pernikahan. Momen spesial ini tentu membutuhkan persiapan biaya lamaran khusus di luar biaya pernikahan. Tapi, apa mungkin menyiapkan acara yang seru dan berkesan dengan biaya lamaran sederhana?

Lamaran adalah proses di mana satu pihak mengajak calon pasangannya untuk menikah. Terutama ditujukan untuk memberi kepastian calon pasangan bahwa dia bakal dinikahi.

Cincin digunakan sebagai pengikat prosesi ini. Di Indonesia, acara lamaran dimeriahkan dengan jamuan akan antara keluarga calon mempelai.

biaya lamaran

Bagaimana mensiasati biaya lamaran murah?

Karenanya, biaya lamaran juga mesti diperhatikan dengan saksama. Supaya enggak memakan biaya besar, yuk kita siasati biaya lamaran sederhana dari tips berikut ini.

Supaya tidak kaget dengan persiapan dan besaran biaya lamaran, kamu juga bisa melakukan simulasi biaya lamaran yang mungkin kamu keluarkan.

Jadikan proses lamaranmu menjadi momen berkesan karena ini merupakan jenjang terdekat menuju pernikahan. Berikut ini perkiraan biaya lamaran berdasarkan item-item yang perlu kamu sediakan saat prosesi.

Baca juga: Tak Perlu Mahal, Ini 7 Trik Hemat Bikin Pesta Pernikahan Outdoor

#1 Biaya lamaran – menentukan tempat lamaran

biaya lamaran

Tempat adalah hal pertama yang terpikirkan saat menentukan biaya lamaran. Mau diadakan di rumah atau sewa tempat? Ini tentu akan memberi perbedaan signifikan.

Menjadikan rumah sebagai tempat prosesi lamaran tentu akan menghemat bujet karena tidak menelan biaya alias gratis. Kamu pun lebih leluasa menggunakan seisi rumah tanpa terbatas waktu.

Bila kamu memutuskan mengadakan prosesi lamaran di rumah, tentu kamu perlu lebih selektif untuk urusan tamu. Ikut sertakan keluarga inti, sahabat, dan beberapa orang yang kamu nilai harus ada di momen spesialmu ini.

Berbagai opsi tempat lamaran selain di rumah sendiri adalah dengan menyewa venue yang cukup luas, gedung seperti hotel atau restoran, kafe, ataupun taman. Biaya sewa tempat umumnya di kisaran Rp2 juta, tetapi angka ini akan lebih mahal jika kamu pilih venue/gedung.

#2 Keperluan dekorasi untuk lamaran

dekorasi lamaran

Jika ingin ringkas, kamu bisa serahkan urusan dekorasi ke tim khusus dari vendor. Dekorasi acara lamaran tidak seheboh dekorasi pernikahan, sederhana tapi tetap terlihat indah.

Dekorasi meliputi backdrop, meja dan kursi untuk keluarga maupun tamu, hiasan bunga, hingga karpet. Biaya dekorasi berkisar antara Rp1 juta hingga Rp1,5 juta, bisa juga hingga Rp6 jutaan. Ini tergantung jenis dekorasi pilihanmu.

Jika ingin lebih murah, kamu bisa mendekorasi ruangan dibantu keluarga atau teman dekat, ini tentu akan menekan biaya lamaran sehingga kamu tidak perlu menggunakan jasa vendor.

#3 Biaya lamaran – katering untuk jamuan keluarga

catering lamaran

Biaya lamaran umumnya selalu bengkak untuk urusan jamuan makan. Karena memang ini adalah pengeluaran yang perlu kamu prioritaskan.

Kamu membutuhkan pertimbangan matang untuk sajian makanan prosesi lamaran agar tamu undangan merasa diterima dengan baik.

Pertimbangkan jumlah tamu yang datang sehingga sesuai dengan pax katering pesananmu. Jumlah tamu ini dikalikan dua untuk jaga-jaga stok makanan tercukupi.

Jika kamu mengundang 30 tamu, maka kamu perlu menyediakan 60 pax makanan. Itu artinya kamu akan membutuhkan 120 porsi katering. Dengan asumsi per pax dikenai harga Rp75 ribu, maka untuk sajian katering 120 pax, biayanya akan sebesar Rp9 juta.

Baca juga: Pengin Nikah Tahun Depan? Ini 7 Cara Menabung Cepat Siapkan Biayanya!

#4 Dokumentasi, fotografi dan videografi

biaya lamaran sederhana

Tentu akan kurang lengkap rasanya jika momen spesial lamaranmu tidak didokumentasikan dengan tim profesional.

Terdapat banyak paket dokumentasi lamaran yang kini hadir dengan harga beragam. Kamu bisa memesan dokumentasi acara lamaran spesial berupa foto dan video dengan durasi pendek. Kisaran harga mulai dari Rp800 ribuan.

Tidak perlu memilih jasa dokumentasi papan atas. Yang penting kamu menyewa jasa dengan peralatan lengkap dan mampu membidik momen spesialmu secara memadai.

Jika kamu punya teman yang jago urusan dokumentasi bisa lho minta tolong dengan penawaran harga teman, Rp1 juta sudah mencukupi, mungkin?

#5 Biaya lamaran – cincin dan boks hantaran

 biaya lamaran sederhana

Cincin adalah tanda pengikat yang menandakan kamu dan pasangan sudah serius membina rumah tangga. Kurang lebih biaya Rp5 juta perlu kamu siapkan untuk membeli sepasang cincin emas putih sebagai pelengkap prosesi ini.

Perlu kamu catat, cincin lamaran berbeda dengan cincin pernikahan. Cincin pernikahan dihitung sebagai mahar yang merupakan syarat pernikahan.

Selain prosesi menyematkan cincin di jari manis, prosesi hantaran (seserahan) juga tergolong penting. Hantaran ini dapat diisi dengan kebutuhan atau perlengkapan calon mempelai perempuan, seperti sepatu, make up, dan semacamnya.

Sebaiknya kamu dan pasangan telah membicarakan lebih dulu mengenai jenis hantaran yang diperlukan. Idealnya, biaya lamaran untuk persiapan hantaran ini berkisar dari Rp1 hingga Rp2 juta.

#6 Pakaian dan rias wajah

make up professional

Kamu bisa memakai jasa MUA profesional dan menggunakan kostum yang serasi jika memutuskan akan melangsungkan acara lamaran mewah.

Harga profesional berkisar hingga Rp4 juta. Tapi, mempertimbangkan biaya prosesi pernikahan yang perlu kamu persiapkan juga, kamu bisa menghemat pos ini.

Jika kamu ingin menyusun biaya lamaran sederhana, kamu bisa minta tolong temanmu yang berpengalaman merias wajah atau menyediakan jasa penjahitan kostum kebaya untuk membantu mempersiapkan bagian ini.

#7 Rangkaian acara dan pembawa acara (MC)

wedding organizer

Semestinya, perlu ada pihak yang bertanggung jawab untuk mengatur jalannya acara. Jasa wedding organizer dapat digunakan untuk membantu bagian ini.

Tapi, jasa WO tentu membutuhkan biaya sangat besar, berkisar hingga Rp10 juta. Jika ada saudaramu yang dapat dimintai tolong untuk memandu jalannya acara/menjadi pembawa acara, kamu bisa meminta bantuan mereka demi memangkas biaya.

Acara lamaran akan lebih menyenangkan jika disiapkan dengan bantuan teman dan keluarga. Tunjuk bala bantuan menjadi seksi sibuk yang bisa mengatur acara, dokumentasi, hingga dekorasi akan memberimu momen spesial dan bersifat lebih kekeluargaan.

Dengan tips-tips di atas, kamu sudah siap kan melangkah ke jenjang spesial ini dengan persiapan biaya lamaran sederhana saja?

Sumber: Lifepal, Hipwee, The Bride Dept, Koinworks

Simak juga:

Tujuh Langkah Mencapai Kebebasan Finansial

Niat Jadi Kolektor Lukisan Pemula? Ketahui Dulu Risiko Investasinya di Sini!

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here