Dibanderol Rp1,5 Juta per Kg, Kinmemai Premium Jadi Beras Termahal di Dunia

Kinmemai Premium dari Jepang didapuk sebagai beras termahal. Pada 2016, beras yang diproduksi Toyo Rice Corporation ini tercatat sebagai jenis beras termahal di dunia, dibanderol dengan harga US$109 per kilogram.

Sensasi rasa dari jenis beras ini memang unik. Kunyahlah sesendok nasi Kinmemai Premium, maka akan terasa butir-butir nasi yang halus dan manis, pulen, bahkan meninggalkan rasa di lidah yang membuat ingin lebih.

Jenis beras termahal Kinmemai ini dibuat dengan memadukan beberapa varietas biji-bijian, yang dipilih dari merek berkualitas tinggi seperti Koshihikari dari prefektur Niigata dan Nikomaru dari Kumamoto.

Produk akhir pengolahan, beras ini akan mengandung vitamin B1, B6, E, B3, asam folat, dan enam kali lebih banyak kandungan lipopolysaccharides (LPS) dibandingkan beras biasa.

Ini memberikan efek gabungan pada jenis beras termahal di dunia ini menyimpan kandungan nutrisi dengan kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan kanker. Beras termahal kualitas premium yang menyehatkan, ya?

Varietas biji terbaik ini dipilih dari lebih dari 6.000 jenis beras dalam kontes pencicipan beras internasional tahunan di Jepang. Setiap aspek biji-bijian diteliti dengan cermat hingga terlihat bagaimana jadinya jenis beras termahal di dunia ini dalam bentuk matang atau sebelum dimasak.

Baca juga: 27 Kata-kata Motivasi dari Tokoh Sukses Dunia Ini Jamin Bikin Kamu Semangat Lagi!

Bagaimana jenis beras termahal di dunia Kinmemai Premium diproduksi

Setiap biji-bijian yang digunakan dalam Kinmemai Premium dipilih secara manual untuk campuran terbaik dan unggul. Butiran beras yang digunakan dari Koshihikari hingga Pikamaru, salah satu jenis beras terbaik di dunia.

Jenis beras yang diolah ini bahkan mendapatkan penghargaan Gold by the Association of the Certified Rice Appraisers pada 18th International Contest on Rice Taste Evaluation yang diadakan di Kota Kikuchi, Prefektur kUmamoto.

beras termahal
Pixabay.com

Toyo Rice Corporation memilih kecocokan biji-bijian ini dan menunggu waktu biji betul-betul matang hingga setengah tahun untuk meningkatkan tekstur dan rasa.

Biji-bijian yang berubah warna jadi cokelat ini yang mengalami proses yang disebut Kinmemai. Ini memungkinkan biji-bijian mempertahankan lapisan beras di mana nutrisi disimpan, tidak seperti beras putih kebanyakan.

Pada 1 November ini, Toyo Rice Corporation mulai memasarkan jenis beras termahal ini di luar Jepang untuk kali pertama. Singapura akan jadi target pasarnya yang pertama.

Beras ini dikemas dalam satu kotak berisi enam sachet dengan masing-masingnya menampung 140 gram beras Kinmemai Premium yang dijual seharga 155 USD per kotak.

Baca juga: Wah! Ternyata Selain Jagoan Konten, Ini 3 Pekerjaan yang Akan ‘Laku’ di Masa Depan!

Bagaimana masyarakat Jepang menghasilkan beras termahal

Bukan hal yang mengherankan kalau Jepang bisa memproduksi beras kualitas premium yang menjadikannya jenis beras termahal di dunia. Beras memang sangat penting dalam masyarakat Jepang dan bahkan dianggap sebagai esensi budaya negara ini.

jenis beras termahal di dunia
Pixabay.com

Secara historis, beras memiliki banyak kaitan dengan berbagai aspek budaya Jepang. Ketika Kaisar menjadi “raja-imam” di awal sejarah Jepang. Banyak fungsi keimaman sang kaisar di bawah pengaruh kepercayaan Shinto ini yang berkaitan dengan pengolahan padi. Proses ini termasuk membikin produksi beras macam sake (miras dari beras) dan mochi (kue beras).

Tradisi ini menguat dengan upacara pemberkatan yang dilakukan Kaisar Akihito termasuk upacara penobatan yang melibatkan beras dan produk beras. Ini menegaskan hubungan kaisar dengan Shinto.

Seiring waktu, urusan pengolahan padi ini menjadi lebih bersifat politis dan ini menegaskan betapa pentingnya beras dalam masyarakat. Bahkan, dengan ukuran “sho” atau ukuran beras, penentuan kekayaan dilakukan. Beras berfungsi sebagai “mata uang” dan menjadi ukuran kekayaan daimyo (penguasa). Ini menjadi alat tukar pembayaran bagi samurai yang bekerja untuk para damyo ini.

Bukan hanya biji-bijiannya, bahkan 32 kilogram tangkai beras bisa jadi tikar tatami, dedaknya dijadikan lulur wajah, dan pasta beras digunakan untuk penjilidan buku, teknik celup kain, terutama untuk sutra dan kimono.

Tak heran, tingginya penghargaan budaya Jepang atas beras ini membuat mereka mampu menghasilkan beras termahal di dunia. Di mana, sih, bisa pesan beras ini? Pembelian dapat dilakukan lewat online melalui situs webnya dan paket beras akan dikirim langsung dari Tokyo.

Untuk kamu yang tinggal di luar Jepang dan belum kebagian akses ke beras ini, bisa coba beli langsung di situs web: Kinmemai Premium.

Sumber: Kinmemai Premium, Luxury Insider, Stanford Program on International and Cross-Cultural Education

Simak juga:

Naik Hanya 8,51%, Ini Alasan Serikat Buruh Tolak Kenaikan Upah Buruh yang Kecil

Di Tengah Perang Dingin Teknologi AS-Tiongkok, 5G Huawei Optimis Akan Meledak di Pasar

Perbankan Terimpit Persaingan Fintech, OJK Dukung Merger Bank di Indonesia

Recent Articles

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here