Perbedaan Trading dan Investasi Emas

Emas

Jul 03, 2020

Trading atau investasi emas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kira-kira apa sih perbedaan antara keduanya dan mana sih di antara keduanya yang bisa memberikan imbal lebih? Simak yuk #CerdasCuan edisi ini!

Di serial #CerdasCuan ini, topik yang akan kamu pelajari adalah: 

Trading atau Investasi Emas, Apa Bedanya?

Emas telah dikenal sebagai investasi safe-haven dan merupakan aset yang berharga. Ini adalah salah satu alasan mengapa kamu harus mempertimbangkan untuk memulai investasi emas. 

Kita akan membahas mengenai beberapa cara untuk berinvestasi emas di sini.

  • Keduanya adalah cara yang sangat berbeda untuk menghasilkan uang di pasar finansial. 
  • Pada dasarnya, kegiatan trading mengacu pada pergerakan jangka pendek harga aset. Sementara itu, investasi mengacu pada pergerakan jangka panjang harga aset. 
  • Keduanya juga berbeda di level risiko 
  • Oleh karena itu, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk trading atau investasi emas.

Trading Emas 

  • Trading melibatkan kegiatan jual beli emas yang aktif, misalnya dalam satu hari, satu jam, bahkan dalam hitungan menit.
  • Tujuan utama trading adalah untuk mendapatkan imbal yang cepat
  • Para trader memandang emas sebagai komoditas dengan fluktuasi harganya, dibandingkan memandangnya sebagai aset 
  • Trading emas dilakukan melalui exchange yang diregulasi (contoh: Chicago Mercantile Exchange)
  • Cara trading emas yang populer adalah dengan trading derivatif berbasis emas sebagai aset, misalnya futures, options, ETFs dan saham. 

Investasi emas 

  • Dalam investasi emas, emas dipandang sebagai aset jangka panjang
  • Investasi pada dasarnya sama seperti menabung secara perlahan dalam jangka waktu yang panjang dan menggunakan strategi ‘buy and hold’  
  • Salah satu cara termudah untuk berinvestasi emas adalah membeli dan menabung emas baik itu dalam bentuk emas fisik ataupun emas digital (melalui Pluang).

Pro-Kontra Trading atau Investasi Emas

trrading atau investasi

Pergerakan Harga Emas

Seperti yang kita bisa lihat dari grafik ini, pergerakan harga emas dunia memiliki tren yang naik seiring berjalannya waktu. Ini adalah salah satu alasan mengapa emas adalah sebuah pilihan untuk investasi jangka panjang. 

Cara Investasi Emas yang Tepat Untuk Kamu

Setelah membahas perbedaan antara trading atau investasi emas, #SobatCuan setidaknya sudah mendapatkan gambaran seperti apakah hasil dari investasi emas yang kalian inginkan. Ini pun kembali lagi pada tujuan investasi masing-masing.

Tapi,  yang pastinya harga emas dalam jangka panjang akan naik. Untuk memulai investasi dan menabung emas sendiri, bisa dimulai dari sekarang.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Simak juga:

6 Cara Investasi Emas Bagi Pemula

Cara Investasi Emas yang Menguntungkan, Bagaimana Caranya?

Apa yang Dimaksud dengan Menabung Emas Digital?

Kenapa Kamu Harus Menabung Emas Online? Cari Tahu Alasannya di Sini!