Apa Itu Term Life Insurance?

Kamus Cuan

Oct 16, 2020

Pengertian Term Life Insurance atau asuransi jiwa berjangka adalah jenis asuransi yang memberikan jaminan kepada pemegang polis asuransi (tertanggung) selama jangka waktu tertentu. Maksudnya, jika risiko kematian terjadi selama jangka waktu asuransi berlangsung, pihak asuransi akan membayar sejumlah uang pertanggungan kepada ahli waris.

Namun, apabila kamu berumur panjang sampai masa pertanggungan berakhir, maka biasanya kamu tidak akan mendapatkan apa-apa, baik itu berupa uang pertanggungan maupun pengembalian dari premi asuransi yang sudah dibayarkan alias premi hangus. Karena itu, asuransi berjangka disebut tidak memiliki unsur tabungan sehingga kamu tidak dapat menguangkannya

Asuransi jiwa berjangka disebut sebagai asuransi jiwa paling sederhana dan murah. Disebut berjangka karena asuransi ini hanya memberikan perlindungan asuransi dalam jangka waktu tertentu. Jangka waktu asuransi berjangka yang paling banyak ditawarkan berkisar antara 1, 5, 10, 15, 20, 25, 30 tahun hingga sampai usia tertentu atau biasanya 65 tahun.

Sebagai informasi, sebagian besar perusahaan asuransi tidak menjual asuransi berjangka yang masa pertanggungannya melebihi ulang tahun ke-80 dari tertanggung.

Baca juga: Apa Itu Sertifikat Asuransi?

Keuntungan Term Life Insurance

Term Life Insurance alias asuransi jiwa berjangka dianggap memiliki berbagai keuntungan dan keunggulan dibandingkan jenis asuransi jiwa lainnya. Apa saja keuntungan dan keunggulannya tersebut?

Pertama adalah premi asuransi jiwa berjangka umumnya lebih terjangkau dibandingkan jenis asuransi jiwa lainnya yang memberikan tingkat perlindungan yang sama. Walaupun bila dihitung, premi yang dibebankan ke Anda sebagai nasabah sebanding dengan perlindungan asuransi jiwa berjangka yang memberikan perlindungan dengan jangka waktu terbatas, yaitu mulai dari 1 tahun, 5 tahun, hingga 20 tahun.

Kedua, durasi perlindungan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kebutuhan perlindungan atas risiko kematian paling utama ada pada masa produktif dan peran sang pencari nafkah. Di sinilah kelebihan asuransi jiwa berjangka yang memberikan fleksibilitas bagi sebuah keluarga untuk menentukan durasi perlindungan sesuai kebutuhan.

Uniknya, ada yang namanya asuransi jiwa berjangka syariah. Di mana, katanya memiliki fitur bagi hasil di akhir masa asuransi jika tidak terjadi klaim dan tidak terjadi kematian.

Baca: Apa Itu Asuransi Jiwa?

Berikut adalah karakteristik produk asuransi jiwa berjangka

  1. Produk asuransi jiwa berjangka memberikan pertanggungan selama satu jangka waktu tertentu, atau disebut policy term (jangka waktu polis).
  2. Manfaat polis akan dibayarkan jika tertanggung meninggal dalam jangka waktu yang ditetapkan; dan Polis masih berlaku ketika tertanggung meninggal.
  3. Bila tertanggung masih hidup sampai berakhirnya jangka waktu, maka polis dapat memberikan hak kepada pemengang polis melanjutkan pertanggungan asuransi jiwa. Jika pemegang polis tidak melanjutkan, polis akan berakhir dan perusahaan asuransi tidak berkewajiban untuk memberikan pertanggungan selanjutnya.
  4. Perlindungan asuransi terbaik biasanya tersedia dalam bentuk polis asuransi, namun dapat juga tersedia dalam bentuk sebuah rider (asuransi tambahan) yang ditambahkan pada polis dasarnya tersebut.

Baca: Asuransi Jiwa PRUWorks Life Bebas Premi (termasuk COVID-19) untuk Nasabah Pluang

Ada dua jenis pertanggungan asuransi jiwa berjangka :

  1. Level Term Insurance; artinya adalah asuransi jiwa berjangka dengan uang pertanggungan tetap yang memberikan manfaat kematian dalam jumlah yang sama selama jangka waktu polis tersebut.
  2. Decreasing Term Life Insurance: artinya asuransi jiwa berjangka dengan uang pertanggungan menurun dan memberikan manfaat kematian yang nilainya menurun selama jangka waktu pertanggungan.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Sumber: Investopedia

Baca juga: