Cara Mengelola Risiko Investasi Emas

Emas

Jul 09, 2020

Sama seperti instrumen investasi lainnya, tentu investasi emas juga memiliki risiko. Lalu bagaimana sih strategi investasi emas untuk mengelola risikonya?

Di serial #CerdasCuan ini, topik yang akan kamu pelajari adalah

Serba-serbi investasi emas

Emas dianggap sebagai aset investasi, dikarenakan beberapa faktor di bawah:

  • Diversifikasi – emas memiliki risiko rendah jika dibandingkan kelas aset lainnya (misalnya saham)
  • Safe Haven – selama situasi ekonomi bergejolak, investor cenderung berbondong-bondong membeli emas dan mengakibatkan meningkatnya harga emas
  • Perlindungan terhadap inflasi – harga emas biasanya meningkat seiringan dengan tingkat inflasi sehingga nilai investasinya terlindungi

Strategi Investasi Emas – Apakah emas adalah investasi yang berisiko?

Meskipun emas dianggap sebagai aset safe haven, tetapi emas masih memiliki risiko yang yang dibawa sebagai instrumen investasi. Seperti yang kita ketahui di dalam investasi itu ada yang namanya risk and return (risiko dan imbal)

Harga pasar emas bergantung pada spekulasi dan volatilitas seperti pasar lain. Namun, emas masih dianggap sebagai aset berisiko rendah. Oleh karena itu, emas sering dilihat sebagai investasi untuk diversifikasi dengan strategi investasi emas yang juga berbeda dengan aset lainnya.

Pentingnya Diversifikasi untuk Mengelola Risiko

Emas secara historis telah dikenal sebagai investasi yang dapat menambah komponen dalam diversifikasi portofolio kamu. Emas tidak berkorelasi dengan saham, obligasi, dan real estate, oleh karena itu, kelas aset lainnya harus dipertimbangkan juga dalam investasi kamu sebagai diversifikasi.

Mulailah berinvestasi di Pluang karena selain emas, Pluang akan menawarkan produk kelas aset lainnya juga seperti pasar uang dan ekuitas.

Strategi Investasi Emas – Dollar Cost Averaging dalam Mengelola Risiko

Keunggulan utama dari Dollar Cost Averaging adalah untuk mengurangi risiko dalam investasi kamu. Ini merupakan strategi investasi emas di mana kamu menginvestasikan sejumlah uang yang sama secara reguler, sehingga tidak rentan akan fluktuasi harga di pasar.

Hal ini penting karena dengan berkurangnya risiko, secara emosional kamu akan merasa investasi itu tidak sulit. 

Karena investasi adalah bagian penting untuk membangun kekayaan jangka panjang, maka strategi investasi emas ini akan menjadi langkah awal yang sesuai untukmu.

Dengan menggunakan DCA, penurunan harga tidak akan berdampak besar pada portofolio kamu. DCA dimaksudkan untuk mengurangi risiko yang terlibat dalam investasi lump-sum di mana investor dapat menghadapi kerugian besar jika pasar jatuh atau harga jatuh secara drastis. Untuk investor pemula dan untuk menghindari risiko, DCA merupakan sebuah solusi yang tepat.

Karena kamu tidak perlu menebak kapankah waktu yang tepat membeli emas, atau apakah harga akan naik atau turun. Selain itu, ini dapat menjadi kebiasaan dan rutinitas investasi yang bagus.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Simak juga:

Apa Hukum Membeli Emas Digital? ini Fatwa MUI yang mengaturnya

Jika Kita Investasi Emas 10-20 Tahun Lalu, Berapa Ya Cuannya Hari Ini?

Menimbang-nimbang, Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Jual/Beli Emas?