Mengenal Pasar Saham AS

Ekuitas

Aug 05, 2020

Tertarik untuk berinvestasi di pasar saham Amerika? Sebelum lebih jauh, kenalan dulu yuk dengan serba-serbi pasar saham Amerika.

Di serial #CerdasCuan ini, kita akan mempelajari:

  • Ekonomi AS vs Indonesia
  • Pasar Saham AS
  • Kinerja Pasar Saham AS vs Indonesia

Tahukah #SobatCuan kalau AS memiliki ekonomi terbesar di dunia? Hal ini dapat dilihat dari GDP  (Produk Domestik Bruto) yang akan ditampilkan di bawah ini. Selain itu, Dolar AS juga merupakan mata uang cadangan dunia dan merupakan mata uang paling berpengaruh di dunia. Pasar saham AS menyumbang 54% dari total nilai dunia (berdasarkan basis investasi bebas mengambang), yang tujuh kali lebih besar dari Jepang, saingan terdekatnya.

Pasar keuangan AS sejauh ini merupakan yang pasar yang terdokumentasi terbaik di dunia. Hingga baru-baru ini, sebagian besar bukti jangka panjang yang dikutip tentang kinerja investasi historis hampir seluruhnya berasal dari pengalaman berinvestasi di AS.

PDB AS vs Indonesia

Per tahun 2018:

US GDP = US$ 20.443T

Indonesia GDP = US$ 1.0422T

Seperti yang dapat kita lihat dari grafik di bawah, dari perbandingan PDB, ekonomi AS 20x lebih besar dari Indonesia. 

Pasar Saham Amerika Serikat

Menurut data Bank Dunia, ukuran kapitalisasi pasar saham AS pada tahun 2018 adalah USD 33.07 triliun, sedangkan kapitalisasi pasar saham Indonesia adalah USD 486.76 milliar. Jumlah perusahaan publik yang tercatat di AS per 2018 adalah sebanyak 4,397. Sejauh ini, AS memiliki pasar saham terbesar di dunia.

Per tahun 2019, ada 13 bursa efek di AS dan yang terbesar adalah NYSE (New York Stock Exchange), diikuti oleh NASDAQ. NASDAQ, yang komposisinya kebanyakan adalah perusahaan teknologi, juga merupakan pasar saham kedua terbesar di dunia, lalu diikuti oleh London Stock Exchange dan Tokyo Stock Exchange. Namun, total kapitalisasi pasar dari ketiga bursa tersebut masih di bawah NYSE. Sebesar itu lah pasar saham AS, #SobatCuan. 

Bursa Efek New York dapat ditelusuri kembali ke tahun 1792. AS telah berubah dari nol menjadi lebih dari sebagian besar pangsa pasar ekuitas dunia, hanya dalam waktu kurang dari 200 tahun.

Untuk bursa pasar saham A.S., seperti NYSE, jutaan saham dapat berpindah tangan antara pembeli dan penjual setiap hari. Karena volume pertukaran yang tinggi, relatif mudah dalam penyelesaian transaksi dan dengan biaya transaksi yang rendah. Artinya, pasar saham AS sangatlah likuid. 

Kinerja Pasar Saham Amerika Serikat vs Indonesia

Indeks S&P500 mewakili 500 saham terbesar di pasar saham AS. S&P 500 secara luas dianggap sebagai pengukur terbaik dari saham berkapitalisasi besar AS dan berfungsi sebagai dasar untuk berbagai produk investasi. Indeks ini mencakup 500 perusahaan terkemuka dan mencakup sekitar 80% kapitalisasi pasar yang ada di AS. Ketika dikonversi ke Rupiah, imbal dari S&P500 dapat mencapai 2869.4% dalam lima tahun. Di sisi lain, IHSG yang mewakili semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia malah menghasilkan imbal sekitar 351.72%. 

Di sini, kita menghitung imbal dari kedua indeks tersebut menggunakan CAGR (Compound Annual Growth Return) yang merupakan sebuah rasio finansial yang dapa memberi gambaran tingkat pertumbuhan investasi yang sama setiap tahunnya, dimana keuntungan setiap tahun diinvestasikan kembali.

Melihat peluang yang sangat besar di AS, bukankah sangat menarik untuk berpartisipasi di pasar keuangan ekonomi terbesar di dunia?

Jangan khawatir #SobatCuan, produk Pluang S&P500 akan segera hadir untuk kalian…. Ditunggu tanggal mainnya ya!

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!