Apa Itu Pasar Saham dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Ekuitas

Jun 24, 2020

Mulai tertarik dengan investasi saham? Cari tahu yuk apa sih yang dimaksud dengan pasar saham dan bagaimana cara kerjanya. Singkatnya, pasar saham adalah platform yang menyediakan transaksi jual-beli saham, termasuk opsi saham, perdagangan dan prakiraan indeks. Simak ulasan lengkapnya seperti di bawah ini!

Pasar Saham adalah – Apa Itu Pasar Saham?

Ketika #SobatCuan ingin membeli barang, misalnya keperluan sehari-hari, maka kalian akan pergi ke pasar entah pasar tradisional maupun swalayan. Semua barang memiliki pasar di mana ada pembeli dan penjual yang bertransaksi.

Jadi, definisi dari pasar saham adalah pasar di mana terjadinya kegiatan jual-beli saham, serta merupakan tempat pernerbitan saham oleh perusahaan publik. Pasar Saham juga dikenal sebagai Bursa Saham, dan di Indonesia kita memiliki Bursa Efek Indonesia (BEI). Bursa efek di seluruh dunia tidak hanya memperdagangkan saham, tetapi juga sekuritas lainnya seperti obligasi, ETF dan derivatif.

Di era awal permulaan pasar saham, perdagangan dilakukan menggunakan sertifikat kertas. Saat ini dengan teknologi yang maju, pasar saham telah beroperasi secara elektronik. Oh iya, pasar saham adalah juga meliput informasi, kabar dan laporan finansial dari perusahaan yang terdaftar.

Selain itu, pasar saham juga mencerminkan kondisi ekonomi pada sebuah negara. Di dalam sebuah negara maju, akan lebih banyak perusahaan yang mendaftarkan diri ke bursa tau go public untuk tujuan ekspansi. Jadi, jika sebuah ekonomi sedang lesu, maka dapat tercerminkan pada pasar saham negara tersebut juga dilihat dari transaksi saham yang terjadi.

Bagaimana Cara Kerja Pasar Saham?

Pasar saham memberikan fasilitas yang aman dan memiliki regulasi supaya peserta di pasar saham adalah dapat bertransaksi dengan rasa aman serta risiko operasi yang minim.

Perlu diketahui, pasar saham dapat dibagi menjadi dua, yaitu pasar perdana dan pasar sekunder. Pasar perdana adalah pasar di mana perusahaan menerbitkan dan menjual saham mereka pada publik untuk pertama kalinya. Proses ini juga dikenal sebagai IPO (Initial Public Offering). Perusahaan yang sudah terdaftar juga dapat menawarkan saham tambahan ke depannya. Bahkan, saham juga dapat di-buyback dan delist atau dihapus dari bursa.

Sedangkan pasar sekunder menyediakan fasilitas perdagangan saham untuk saham yang sudah terdaftar. Bursa mendapatkan keuntungan dari biaya yang dikenakan dalam aktivitas perdagangan di pasar sekunder ini.

Partisipan di Pasar Saham

Yang terlibat di pasar saham bukan hanya investor jangka panjang dan trader. Ada banyak tipe pemain lainnya dalam pasar saham yang memiliki tugas berbeda dan memastikan agar pasar tetap efektif. Mereka adalah:

  • Perusahaan Sekuritas: Perusahaan sekuritas yang terdaftar dan resmi berfungsi sebagai agen yang mewakili investor untuk berdagang saham.
  • Manajer Portofolio: Merupakan profesional yang berinvestasi portofolio dan mengoleksi sekuritas untuk kliennya. Perusahaan reksa dana, sebagai contoh, memakai jasa portofolio manajer untuk menentukan strategi investasi untuk dana yang dikelola.
  • Investment Banker: Mereka mewakili perusahaan yang ingin IPO dan juga perusahaan yang terlibat dalam merger dan akuisisi dengan cara menangani proses pencatatan sesuai dengan persyaratan peraturan pasar saham.
  • Custodian: Merupakan penyedia jasa yang menjaga dan menyimpan produk sekuritas untuk meminimalkan risiko kehilangan.
  • Market Maker: Merupakan sekuritas terpilih yang menyediakan kuota bid dan offer suatu saham dalam jumlah yang memadai untuk memastikan likuiditas yang cukup.

Bagaimana Pasar Saham atau Bursa Mendapat Keuntungan? 

Pemasukan utama dari Bursa efek adalah dari biaya transaksi yang dilaksanakan pada bursa tersebut. Selain itu, bursa juga mendapat pemasukan dari biaya yang dikenakan ketika perusahaan IPO dan melakukan penawaran lainnya.

Bursa juga mendapatkan keuntungan dengan membuat lisensi untuk indeks mereka (serta metodologi di belakanganya), yang dipakai sebagai acuan untuk perusahaan aset manager sebelum meluncurkan produk finansial seperti reksa dana. Ada banyak bursa yang menyediakan layanan kursus bersertifikasi untuk edukasi finansial, dan penghasilan dari kursus ini adalah pemasukan dari bursa juga.

Mengapa Pasar Saham itu Penting 

Pasar saham merupakan salah satu komponen paling penting dari ekonomi free-market yang bergantung pada penawaran dan permintaan, dan di mana intervensi dari pemerintah sangat minimal. Perusahaan dapat mencari dana dari pasar saham. Investor juga dapat berpartisipasi dan diuntungkan dari keberhasilan perusahaan melalui capital gain serta dividen.

Dengan mengerti cara kerja pasar saham, mungkin #SobatCuan sudah lebih yakin untuk mulai berinvestasi saham. Selain itu, coba uji pengetahuan dengan kuis di bawah ini yuk!

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Simak juga:

Sejarah Pasar Saham di Indonesia

Apa Itu Dividen?

Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19, Peluang Investasi Apa yang Direkomendasikan?

powered by Typeform