Apa Itu Kustodian?

Kamus Cuan

Jun 29, 2020

DEFINISI

Kustodian adalah seperti melindungi sekuritasmu (item keuangan yang memiliki nilai moneter) atau aset fisik dari pencurian atau kehilangan.

Memahami Kustodian

Kustodian adalah biasanya perusahaan besar dan terkenal, seperti bank. Mereka memegang aset keuanganmu, baik elektronik maupun fisik. Sebuah kustodian bertanggung jawab atas keamanan investasi yang kamu setorkan, seperti saham, obligasi, perhiasan, dan emas. Ketika kamu melakukan setoran bank ke rekening kustodian, uang itu langsung masuk ke kustodianmu dengan nomor rekeningmu.

CONTOH

Bank New York Mellon adalah salah satu bank kustodian terbesar di dunia. Pada September 2019, ia memiliki $ 35,8 triliun aset dalam pengamanan/ tahanan. Bank kustodian besar lainnya termasuk JPMorgan Chase & Co. dengan aset kustodian $ 25,7 triliun dan State Street dengan $ 32,9 triliun pada akhir 2019.

Kesimpulan

Kustodian adalah seperti brankas …

Brankas menjaga barang-barang berhargamu tetap aman, seperti halnya bank kustodian dengan investasi elektronik dan fisikmu. Ini melindungi asetmu dari pencurian, kehilangan, dan akses tidak sah. Kamu bisa mendapatkan asetmu saat dibutuhkan, tetapi kustodian bertindak sebagai perantara dan membuat aset tetap aman.

Ketahui Lebih Lanjut…

Apa peran kustodian?

Kapan seseorang membutuhkan akun kustodian?

Berapa biaya kustodian bank?

Apa perbedaan antara layanan kustodian vs layanan penyimpanan vs bank investasi?

Siapa yang bisa menjadi kustodian?

Apa Peran Kustodian?

Tujuan utama kustodian adalah untuk menampung dan melindungi asetmu – seperti gudang yang aman. Aset-aset ini mungkin termasuk barang-barang berharga fisik (seperti emas), surat-surat penting (seperti dokumen pinjaman atau catatan dana pensiun), dan aset elektronik (seperti surat berharga). Kustodian harus menjaga catatan dengan hati-hati dan mengirimimu laporan bulanan atau tiga bulanan tentang akunmu.

Bank kustodian juga dapat memproses transaksi. Misalnya, kustodian dapat memegang sekuritas atas nama institusi, tetapi atas nama pemilik sebenarnya. Dengan kata lain, itu bertindak sebagai fidusia (seseorang yang secara hukum bertanggung jawab untuk bertindak demi kepentingan kliennya). Kustodian kemudian dapat melakukan tindakan atas nama klien, seperti membeli dan menjual saham.

Jika salah satu saham berhak atas dividen (pembayaran triwulanan dari laba perusahaan) kustodianmudapat membantu menerima dividen dan melaporkannya ke Layanan Pendapatan Internal jika perlu. Demikian pula, jika salah satu obligasimu memenuhi syarat untuk pembayaran bunga (juga dikenal sebagai kupon), kustodianmu akan membantu mengumpulkan semua dokumen terkait pajak. Penting untuk dicatat bahwa bank kustodian tidak menawarkan saran pajak – Mereka hanya menyerahkan kepadamu dokumen pajak yang diperlukan. 

Kustodian juga dapat melacak kegiatan spesifik perusahaan, seperti pemecahan saham (di mana perusahaan memotong harga saham sambil meningkatkan jumlah saham yang tersedia). Beberapa kustodian bahkan melaporkan tindakan korporasi, seperti restrukturisasi perusahaan, yang dapat memengaruhi nilai sekuritas perusahaan.

Sementara bank kustodian mengelola dana investasi di Amerika Serikat, bank sub-kustodian (juga disebut bank agen) berspesialisasi dalam transaksi di luar negeri. Misalnya, katakanlah kamu memiliki akun kustodian global di Bank of New York Mellon. Pada November 2019, jika kamu berdagang di pasar saham internasional, dan memegang aset di Brasil, sahammu akan dipegang oleh bank sub-kustodian Bank New York Mellon, Citibank NA Yang terakhir akan bertanggung jawab untuk mengelola aset dan valuta asingmu di Brasil.

Kapan Seseorang Membutuhkan Akun Kustodian?

Ada dua jenis utama rekening kustodian: rekening pensiun individu (IRA) dan rekening kustodian untuk anak-anak.

Akun Pensiun Perorangan

Akun pensiun individu adalah akun investasi yang dirancang untuk membantu orang menabung untuk masa pensiun. Manfaat pajaknya bervariasi tergantung pada jenis IRA yang kamu miliki dan berapa banyak kamu berkontribusi.

Ada empat jenis utama IRA: 1. IRA Tradisional: Akun pensiun ini memungkinkan kontribusi yang dapat dikurangkan dari pajak menggunakan penghasilan sebelum pajakmu. Saat kamu menariknya, kamu kemungkinan akan membayar pajak atas dana yang kamu keluarkan. 2. Roth IRA: Roth IRA memungkinkanmu menumbuhkan akun bebas pajak. Kamu berkontribusi pada Roth IRA dengan penghasilan pasca-pajakmu dan umumnya tidak akan membayar pajak tambahan apa pun jika kamu mengikuti peraturan. 3. SEP-IRA: Ini singkatan dari “rekening pensiun individu pensiun karyawan yang disederhanakan.” Orang-orang wiraswasta, pemilik usaha kecil, dan kontraktor independen, terutama menggunakan jenis IRA ini. Kontribusi berasal dari pendapatan sebelum pajak. 4. SIMPLE-IRA: Ini singkatan dari “rencana standar insentif tabungan untuk karyawan yang pensiun perorangan.” Usaha kecil dengan maksimal 100 karyawan dapat menggunakan IRA jenis ini. Kontribusi berasal dari penghasilan sebelum pajakmu.

Layanan Pendapatan Internal (IRS) mensyaratkan bahwa semua IRA merupakan rekening serikat atau kustodian. Kustodian haruslah bank, asosiasi simpan pinjam, serikat kredit yang diasuransikan secara federal, atau lembaga lain yang disetujui IRS.

Akun Kustodian untuk Anak-anak

Akun kustodian melindungi uang yang kamu ingin anakmu miliki di masa depan. Tidak ada seorang pun selain penerima manfaat yang dapat menarik diri dari akun kustodian. Itu juga berarti bahwa kreditor dan anggota keluarga lainnya tidak dapat menyentuh dana, dan orang yang menyimpannya juga tidak dapat. Sebuah akun kustodian menjaga aset tetap aman sampai anak di bawah umur mencapai usia mayoritas.

Kamu dapat mengatur beberapa akun kustodian yang berbeda untuk anak di bawah umur. Berikut adalah tiga opsi utama: 

Uniform Gift to Minors Act Dikembangkan pada tahun 1956 dan direvisi satu dekade kemudian, Uniform Gift to Minors Act (UGMA) memungkinkan orang tua atau kerabat lainnya untuk mentransfer aset – seperti uang tunai, saham, obligasi, dan polis asuransi – ke anak di bawah umur tanpa membuat kepercayaan khusus. Kerangka ini dibuat di tingkat federal dan diadopsi oleh masing-masing negara. Usia ketika ahli waris dapat mengendalikan aset berbeda-beda di setiap negara, meskipun sebagian besar menetapkan usia pada 18 tahun.

Uniform Transfersto Minors Act Pada tahun 1986, Uniform Transfersto Minors Act (UTMA) diperluas pada Uniform Gift to Minors Act (UGMA) dan membuat beberapa perubahan. Pertama, sebagian besar negara bagian menaikkan usia ketika penerima manfaat dapat mengambil kendali ke suatu tempat antara 18 dan 25. Undang-undang baru ini juga memperluas definisi aset dari item moneter, seperti uang tunai dan sekuritas, untuk memasukkan properti seperti real estat, paten, dan seni rupa. Semua negara bagian, kecuali Carolina Selatan, telah mengadopsi UTMA. 

Baca juga: Apa Itu Hipotek?

Penting untuk dicatat bahwa kamu harus membayar pajak atas kontribusi akun kustodian UGMA dan UTMA mu. Mereka juga tidak dapat dikurangkan dari pajak. Meskipun tidak ada batasan kontribusi, kamu mungkin ingin mempertahankan jumlah di bawah $ 15.000 per tahun untuk wajib pajak tunggal ($ 30.000 per tahun untuk pasangan suami-istri yang mengajukan bersama) untuk menghindari pajak hadiah federal. Akun tersebut dianggap sebagai aset minor, yang dapat memengaruhi kelayakan bantuan keuangan ketika ia mendaftar ke perguruan tinggi.

Rekening Tabungan Pendidikan Coverdell: Rekening Tabungan Pendidikan Coverdell (ESA) sedikit lebih ketat daripada rekening kustodian lainnya untuk anak-anak. Ini memiliki batas kontribusi tahunan sebesar $ 2.000. Meskipun kontribusi tidak dapat dikurangkan dari pajak, pendapatan dapat tumbuh bebas pajak. Penerima dapat menggunakan dana tersebut untuk membayar apa yang dianggap oleh Dinas Pendapatan Internal sebagai biaya pendidikan yang berkualitas.

Berapa Biaya Kustodian Bank?

Bank kustodian adalah membebankan biaya untuk layanan mereka, yang tergantung pada apa yang dibutuhkan pelanggan. Beberapa bank kustodian membebankan biaya berdasarkan nilai total aset yang ditahan. 

Misalnya, menurut Jadwal Biaya Bank Jalan Negara 2008, dikenakan biaya 0,50 basis poin (0,005%) untuk $ 10 miliar pertama yang ditahan dalam akun A.S. Mereka juga memiliki biaya terperinci, seperti biaya harga dasar $ 4,500 per dana dan $ 8,25 untuk setiap keamanan unik di pasar ekuitas A.S.

Apa Perbedaan antara Layanan Kustodian Vs Layanan Penyimpanan Vs Bank Investasi?

Layanan penyimpanan populer di Uni Eropa. Menurut Arahan Manajer Investasi Alternatif (AIFMD), setiap Dana Investasi Alternatif (AIF) harus menunjuk depositari.

Layanan penyimpanan mirip dengan bank kustodian – Mereka melindungi aset portofolio klien. Mereka juga memantau arus kas dan merekonsiliasi saldo rekening.

Di sisi lain, banyak bank kustodian memiliki layanan internasional. Mereka dapat menawarkan layanan keuangan lain yang tidak dimiliki oleh layanan penyimpanan, seperti layanan pembukaan akun di pasar investasi dan layanan pajak.

Bank investasi melakukan lebih dari sekadar menyimpan investasimu. Lembaga keuangan ini mempekerjakan penasihat yang mencoba menumbuhkan aset dalam tahanan mereka. Mereka juga mengambil bagian dalam transaksi bisnis yang kompleks dan manajemen investasi, seperti memfasilitasi merger dan menerbitkan saham baru dalam penawaran umum perdana (IPO). Akibatnya, bank investasi membawa risiko lebih tinggi bagi investor daripada bank kustodian atau layanan penyimpanan. Layanan di pasar investasi dan layanan pajak.

Siapa yang Bisa Menjadi Kustodian?

Kustodian biasanya adalah perusahaan besar dan terkemuka. Layanan Pendapatan Internal (Internal Revenue Service/ IRS) memiliki aturan ketat tentang apa jenis kustodian yang dapat mengelola akun pensiun individumu. Misalnya, penjaga harus bank, asosiasi simpan pinjam, atau serikat kredit yang diasuransikan secara federal. Kustodian non-bank – seperti perusahaan penasihat keuanganmu – harus mengajukan aplikasi tertulis ke IRS.

Komisi Sekuritas dan Bursa, yang mengatur pasar sekuritas, telah mengidentifikasi empat jenis lembaga keuangan sebagai kustodian yang memenuhi syarat untuk memelihara dana dan sekuritasmu: bank, asosiasi tabungan, pialang-pialang terdaftar, dan pedagang komisi masa depan yang terdaftar. Ini sesuai dengan “aturan penahanan” SEC, yang dirancang untuk melindungi investor dari pencurian dan penyalahgunaan oleh penasihat investasi.

Di bawah Undang- undang Penasihat (Under the Advisers Act), “aturan penahanan” SEC mengatur praktik penahanan penasihat keuangan. Misalnya, aturan tersebut mengharuskan akuntan publik independen untuk melakukan pemeriksaan mendadak atas dana dan sekuritas klien setiap tahun.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Robinhood

Simak juga:

Catat! 6 Kebiasaan Hidup Orang Kaya yang Bisa Ditiru

Apa Itu Skema Ponzi?

Hindari Prediksi Keliru Gerak Pasar, Coba 5 Cara Ini Agar Cuan Maksimal