Apa Itu Kontrak Berjangka?

Kamus Cuan

Jul 14, 2020

DEFINISI

Kontrak berjangka adalah perjanjian hukum antara dua belah pihak untuk membeli atau menjual sejumlah aset pada tanggal yang telah disepakati di masa depan – Tetapi untuk harganya ditentukan hari ini. 

Memahami Kontrak Berjangka (Futures)

Jika kamu tahu kamu akan membutuhkan sesuatu di masa depan, tetapi itu dijual dengan harga yang bagus saat ini, kamu bisa membelinya dan menyimpannya nanti. Atau kamu bisa menggunakan kontrak berjangka. Dalam kontrak berjangka, pembeli dan penjual membuat kesepakatan tentang harga, kuantitas, dan tanggal pengiriman aset di masa depan sebelumnya.

Ketika berinvestasi dalam kontrak berjangka, kamu dapat memainkan peran sebagai pembeli atau penjual. Pembeli berharap harga suatu aset akan naik, penjual berharap harga suatu aset akan turun. Investor dapat memperdagangkan kontrak berjangka pada semua jenis komoditas (seperti jagung, jus jeruk, atau emas) dan instrumen keuangan (seperti mata uang asing atau indeks saham) untuk mencoba menghasilkan uang dari perubahan harga di pasar. 

CONTOH

Pada tahun 2010, Chicago Mercantile Exchange menciptakan kontrak berjangka keju yang diselesaikan secara tunai. Pembayaran tunai berarti kontrak diselesaikan dengan uang, bukan keju dalam jumlah besar. Pedagang dapat menebak harga keju di masa depan tanpa merasa khawatir untuk benar-benar mengirimkan atau menerima, berton – ton keju saat kontrak berakhir. 

Kontrak keju berjangka yang diselesaikan dengan uang tunai menentukan jumlah 20.000 pon keju seharga $ 0,001 per pon, sama artinya dengan $ 20 per pon keju. Hal ini berarti bahwa setiap kali harga keju naik $ 0,001, nilai kontrak juga naik sebesar $ 20.

Katakanlah seorang pedagang yang mengambil posisi pembeli dan seorang pedagang yang mengambil posisi penjual setuju pada kontrak berjangka keju yang diselesaikan secara tunai senilai $ 1,675 per pon. Jika harga keju naik menjadi $ 1,676 (keuntungan $ 0,001), penjual kehilangan $ 20 tetapi pembeli memenangkan $ 20, tanpa menyentuh sepotong keju pun.

Kesimpulan

Kontrak berjangka lahir karena kebutuhan kita untuk makan …

Dahulu kala, orang – orang mengetahui bahwa mereka membutuhkan bagian dari panen yang akan datang untuk bertahan hidup. Para petani ingin mendapatkan harga yang layak untuk hasil panen mereka sebelum semua panen dipanen dan pasar kelebihan pasokan – dan menurunkan harga.

Petani dan pembeli menyetujui harga yang ditentukan untuk sebagian dari panen sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk mengunci harga yang wajar bagi petani dan dapat meyakinkan pembeli bahwa mereka butuh makan.

Ketahui Lebih Lanjut …

Apa itu kontrak berjangka?

Yang ada dalam kontrak berjangka?

Apa itu bursa berjangka?

Margin dalam perdagangan berjangka?

Bagaimana kamu menutup kontrak berjangka?

Cara kerja indeks perdagangan saham berjangka?

Bagaimana cara memulai perdagangan berjangka?

Pro vs kontra perdagangan berjangka

Apa Itu Kontrak Berjangka?

Kontrak berjangka (futures contract) dan “berjangka (futures)” memiliki arti yang sama. Komoditas berjangka memungkinkan pedagang untuk berspekulasi pada harga di masa depan dari semua jenis komoditas seperti emas, gas alam, dan jus jeruk.

Finansial berjangka (financial futures) memungkinkan pedagang berspekulasi tentang harga aset keuangan masa depan seperti saham, obligasi, mata uang asing, dan indeks keuangan (rata-rata matematika yang mencerminkan kinerja pasar tertentu seperti saham, obligasi, dan mata uang). Bahkan ada kontrak berjangka untuk Bitcoin (cryptocurrency). 

Pedagang berjangka (futures traders) dapat mengambil posisi pembeli (posisi panjang) atau penjual (posisi pendek). Jika harga naik, pembeli mendapat keuntungan karena ia membeli aset dengan harga lebih rendah. Jika harga suatu aset turun, penjual mendapat keuntungan karena dia menjual dengan harga yang lebih tinggi.

Baca juga: Kenali Tujuan Investasimu, Lihat 4 Investasi Potensial untuk Pemula Ini

Pedagang eceran (retail traders) tidak tertarik memegang kontrak berjangka sampai jatuh tempo. Pedagang menutup kontrak mereka ketika perbedaan antara harga kontrak dan harga pasar terkini membuat mereka untung – atau jika mereka mengalami kerugian dan ingin keluar. 

Juga harus mengawasi tanggal jatuh tempo kontrak mereka. Kontrak berjangka dapat memiliki metode penyelesaian pada tanggal jatuh temponya yang membutuhkan pengiriman aset sebenarnya dan bukan penyelesaian tunai. 

Penyelesaian uang tunai yang tidak terduga karena kontrak jatuh tempo akan menjadi mahal. Tetapi jika kamu berada di posisi panjang (posisi pembeli) dalam kontrak berjangka untuk

15.00     pon jus jeruk beku dengan metode penyelesaian “pengiriman” dan kamu membiarkan kontrak berakhir, kamu bisa mendapatkan pemberitahuan pengiriman yang memberi tahu kamu di mana harus mengambil jeruk itu supaya tidak busuk.

Apa Saja yang Ada dalam Kontrak Berjangka?

Pertukaran berjangka (futures exchanges) menstandarisasi kontrak berjangka dengan menetapkan semua detail kontrak. Semua tersedia dan bisa dilihat di situs web bursa berjangka yang memperdagangkannya. Kontrak menentukan : 

  • Aset yang diperdagangkan (minyak, jagung, Bitcoin)
  • Jumlah yang diperdagangkan (1000 barel, 5000 bushel, 5 BTC)
  • Kualitas aset jika merupakan komoditas (misalnya berbagai jenis minyak mentah)
  • Harga (dolar, sen, sepersekian sen)
  • Fluktuasi harga terkecil (berapa nilai setiap kali naik atau turun)
  • Jam kamu dapat berdagang (tergantung pada aset yang diperdagangkan)
  • Tanggal jatuh tempo kontrak (alias Tanggal Pengiriman)
  • Metode penyelesaian setelah jatuh tempo (pengiriman fisik aset atau penyelesaian tunai)

Apa Itu Bursa Berjangka?

Kontrak berjangka diperdagangkan di bursa berjangka, tempat pertemuan di mana kontrak berjangka dibeli dan dijual. Kontrak berjangka yang berbeda diperdagangkan di bursa terpisah. Ada delapan bursa berjangka di Amerika Serikat: 

  • CME Group International Monetary Market (IMM)
  • Nasdaq Futures Exchange (NFX)
  • Pertukaran Antarbenua / Intercontinental Exchanges (ICE)
  • Pertukaran Opsi Dewan Chicago / Chicago Board Option Exchange (CBOE / CFE)
  • Chicago Climate Exchange (CCX)
  • Minneapolis Grain Exchange (MGEX)
  • Nadex
  • OneChicago (Kontrak berjangka saham tunggal / single’s stock futures (SSF) dan futures on Exchange Traded Fund (ETF)

Hanya broker berjangka dan pialang komersial yang membayar untuk menjadi anggota bursa dan dapat berdagang langsung di bursa. Tetapi pedagang eceran dapat melakukan perdagangan berjangka dengan membuka akun dengan broker berjangka yang sudah terdaftar.

Margin dalam Perdagangan Berjangka

Untuk memasukkan posisi pada kontrak berjangka, kamu hanya perlu menyetor persentase (alias margin awal) dari nilai total kontrak ke akun broken berjangka kamu. Margin awal ditetapkan oleh bursa berjangka dan dapat berkisar antara 4% -15% dari total nilai kontrak.

Di setiap akhir hari perdagangan (trading day) bursa berjangka membandingkan harga kontrak berjangka dengan harga pasar terkini dari aset dasar (alias mark-to-market / dinilai sesuai dengan harga pasar). Kemudian broker berjangka menyesuaikan akun pedagangnya dengan menambah atau mengurangi uang – tergantung pada apakah pedagang menang atau kalah. Broker mengharuskan pedagang untuk menyimpan jumlah minimum di akun mereka (alias margin pemeliharaan) setiap saat untuk menutupi kerugian harian. 

Jika seorang pedagang tidak memiliki cukup dana di dalam akun margin pemeliharaannya, seorang broker harus memberitahunya untuk menambahkan dana, yang lebih dikenal dengan istilah menempatkan margin call. Jika pedagang tidak dapat menyetor uang di akun mereka, maka ia harus menyerahkan posisi mereka dalam kontrak berjangka.

Bagaimana Kamu Menutup Kontrak Berjangka?

Pedagang memiliki dua opsi untuk menghindari kontrak mereka berakhir: 

  • Tutup posisi mereka dengan cara mengimbangi (offsetting). Pedagang eceran dapat menutup posisi mereka pada kontrak dengan memasukkan posisi berlawanan pada kontrak yang sama persis. Ini disebut “mengimbangi / offsetting.” Katakanlah seorang pedagang yang berada di posisi panjang / long position pada kontrak emas (posisi pembeli) ingin menutup posisi mereka. Pedagang cukup memasukkan posisi pendek / short position (posisi penjual) pada kontrak emas yang sama dengan tanggal jatuh tempo yang sama untuk membatalkan posisi pembeli mereka. Pedagang mengimbangi posisi mereka pada kontrak ketika mereka ingin mengklaim keuntungan atau keluar jika kalah.
  • Perpanjang kontrak dengan cara mengganti (rollover). Seorang pedagang yang ingin mempertahankan posisi mereka pada kontrak di luar masa jatuh temponya mungkin dapat mengganti kontrak ke kontrak baru dengan tanggal jatuh tempo yang berbeda. Kontrak berjangka yang berbeda memiliki tenggat waktu perpanjangan yang berbeda yang perlu diperhatikan oleh pedagang.

Cara Kerja Indeks Perdagangan Saham Berjangka?

Indeks saham adalah pengukuran nilai portofolio saham. Indeks menggunakan rata-rata matematika untuk mencoba mencerminkan bagaimana kinerja pasar atau segmen tertentu. Nilai indeks saham dinyatakan dalam poin.

Saat kamu memperdagangkan indeks berjangka, kamu berspekulasi apakah indeks akan naik atau turun di masa mendatang. Misalnya, S&P 500 adalah kontrak berjangka yang bertujuan untuk mengikuti indeks S&P 500. Ia memiliki pengganda $ 250. Artinya setiap titik indeks S&P 500 bergerak naik atau turun bernilai $ 250.

Katakanlah kamu mengambil posisi pendek / short position sebagai penjual kontrak berjangka S&P 500 dengan nilai indeks yang disetujui di masa depan 3040. Jika indeks naik 5 poin ke 3045 pada akhir hari perdagangan, kamu akan kehilangan $ 1.250 (indeks 5) poin kali $ 250. Tetapi jika indeks turun 5 poin ke 3.035, kamu akan mendapat keuntungan $ 1.250.

Baca juga: Apa Itu Asuransi?

Chicago Mercantile Exchange (CME Group) menawarkan kontrak yang lebih kecil mengikuti S&P 500, Russell 2000, Nasdaq 100, dan indeks Dow Jones dengan pengganda yang lebih kecil. 

Misalnya, kontrak berjangka E-mini S&P 500 memiliki pengganda $ 50 sehingga setiap indeks menunjukkan bahwa S&P 500 bergerak naik atau turun bernilai $ 50. (dimana “E” adalah “elektronik” dan “mini” adalah “miniatur.”)

Micro E-mini S&P 500 memiliki pengganda $ 5. Micro E-mini Nasdaq-100 memiliki pengganda

$ 2, dan Micro E-mini Dow Jones memiliki pengganda $ 0,50. Kontrak berjangka yang lebih kecil dapat membuat pedagang pemula tidak terlalu berisiko ketika mereka ingin memulai.

Bagaimana Cara Memulai Perdagangan Berjangka

Untuk memulai perdagangan berjangka, kamu perlu membuka akun perdagangan dengan broker berjangka yang sudah terdaftar. Broker yang memperdagangkan sekuritas seperti saham juga dapat memiliki lisensi untuk berdagang berjangka.

Beberapa broker berjangka menawarkan lebih banyak sumber daya dan dukungan pendidikan daripada yang lain. Broker online mungkin telah mensimulasikan platform perdagangan online yang memungkinkan kamu untuk berlatih sebelum benar-benar berdagang.

Hal yang perlu dibandingkan ketika meneliti broker adalah:

  • Biaya dan komisi
  • Jenis kontrak berjangka yang ditawarkan
  • Tingkat pendidikan dan bantuan yang ditawarkan
  • Platform perdagangan online
  • Jumlah minimum yang diperlukan untuk membuka akun
  • Persyaratan margin

Kebanyakan orang di atas usia 18 an dapat memasuki pasar berjangka, tetapi pasar berjangka bukan tempat untuk investor pemula. Siapa pun anggota baru dalan kontrak berjangka harus melakukan banyak riset atau mengikuti kursus sebelum terjun ke dalamnya.

Pro vs Kontra Perdagangan Berjangka

Pro

  • Rintangan untuk masuk menjadi anggota rendah. Kontrak indeks saham mikro E-mini memiliki margin awal di bawah $ 1000.
  • Kamu mungkin dapat menghasilkan lebih banyak uang dengan mengurangi saham. Margin awal yang rendah (persentase kecil dari total nilai kontrak) yang diperlukan untuk perdagangan berjangka memberi kamu pengaruh lebih banyak daripada yang kamu dapatkan ketika kamu meminjam uang dari broker kamu untuk berinvestasi dalam saham.
  • Ada keuntungan pajak. Jika kamu mendapat untung dengan menjual saham atau Valas setelah memilikinya kurang dari satu tahun, kamu dapat membayar pajak keuntungan (capital gain) jangka pendek – Ini adalah tarif yang sama dengan pajak pada sisa penghasilan kena pajak kamu. Laba berjangka dikenai pajak berdasarkan aturan 60/40: Hanya 40% dari laba dikenakan pajak dengan tingkat kenaikan modal jangka pendek. 60% lainnya dari laba dikenakan pajak pada tingkat keuntungan modal jangka panjang yaitu 0%, 15%, atau 20% tergantung pada penghasilan kena pajak kamu dan status pengarsipan.
  • Tidak ada aturan Pedagang Pola Harian (Pattern Day Trader) dalam kontrak berjangka. Pedagang Pola Harian (Pattern Day Trader) adalah pedagang saham atau opsi yang mengeksekusi empat atau lebih perdagangan dari akun margin yang sama dalam waktu lima hari. Otoritas Pengatur Industri Keuangan (FINRA) mensyaratkan Pedagang Pola Harian yang memperdagangkan saham atau opsi untuk mempertahankan setidaknya $ 25.000 dalam akun broker mereka, atau mereka tidak dapat berdagang. Aturan Pedagang Pola Harian (Pattern Day Trader) tidak berlaku untuk pedagang berjangka.

Kontra

  • Kamu akan menghadapi risiko yang lebih besar. Karena margin awal yang rendah diperlukan untuk perdagangan berjangka, kamu dapat memanfaatkan lebih banyak uang untuk perdagangan berjangka daripada saham. Ketika kamu menambahkan lebih banyak uang, kamu juga dapat kehilangan lebih banyak uang.
  • Kontrak berjangka memberi kamu tanggung jawab yang tidak terbatas. Jika harga pasar suatu aset terus bergerak berlawanan dengan keinginan, kamu akan terus kehilangan uang sampai kamu menutup posisi atau akun pemeliharaan kamu akan terus terkuras. Jika terjadi perubahan harga yang dahsyat, kamu bisa berakhir karena broker kamu.
  • Kamu bisa kehilangan investasimu sebelum mendapat kesempatan untuk menang. Broker berjangka menyesuaikan akun pedagang setiap hari. Kondisi pasar yang fluktuatif dapat menghancurkan akun pasar pemeliharaanmu dan menutup posisi mu di dalam kontrak terlalu dini. Kamu mungkin akan kehilangan kesempatan jika harga akhirnya menguntungkan kamu nantinya.

Kontrak berjangka melibatkan tingkat risiko yang tinggi dan tidak cocok untuk semua investor. Kamu dapat kehilangan sejumlah besar uang dalam waktu yang sangat singkat. Mungkin kamu akan kehilangan jumlah yang berpotensi tidak terbatas dan dapat melebihi jumlah yang kamu setor pada brokermu. Karena keamanan perdagangan berjangka sangat berpengaruh, dengan sejumlah kecil uang yang mengendalikan aset memiliki nilai jauh lebih besar. Investor yang tidak nyaman dengan tingkat risiko ini seharusnya tidak melakukan perdagangan berjangka.

Karena pengaruh yang ditimbulkan dan sifat transaksi berjangka, mungkin kamu akan merasakan efek kerugian dalam waktu yang singkat. Di bawah beberapa kondisi pasar, mungkin sulit atau tidak mungkin untuk melakukan lindung nilai atau melikuidasi suatu posisi, dan di bawah beberapa kondisi pasar, keamanan harga-harga berjangka mungkin tidak mempertahankan hubungan mereka yang lazim atau yang diantisipasi dengan harga-harga keamanan atau indeks yang mendasarinya. 

Baca juga: Enam Saran Investasi untuk Anak Muda dari Para Pakar

Perdagangan margin melibatkan biaya bunga dan risiko, termasuk potensi untuk kehilangan lebih banyak dari jumlah yang disimpan atau kebutuhan untuk menyetor jaminan tambahan di pasar yang jatuh. Sebelum menggunakan margin, pelanggan harus menentukan apakah jenis strategi perdagangan ini tepat untuk mereka mengingat tujuan investasi khususnya, pengalaman, toleransi risiko, dan situasi keuangan. 

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Robinhood

Simak juga:

Apa Itu Anuitas?

Apa Itu Literasi Finansial?

Mengapa Harus Investasi Emas?