5 Fakta Unik Indeks Saham Amerika S&P 500

Kamus Cuan

Aug 26, 2020

Pernahkah kamu mendengar indeks saham Amerika S&P 500? S&P 500 adalah salah satu dari banyak Indeks S&P Dow Jones dan dianggap sebagai indikator tunggal paling atas dari saham berkapitalisasi besar AS. Indeks S&P 500, indeks pasar saham tertimbang pasar AS pertama, dibuat pada tahun 1957 dan tetap menjadi salah satu indeks tertua dengan rekam jejak langsung lebih dari 70 tahun.

Maka itu, yuk kita simak 5 fakta menarik tentang indeks ini.

Indeks Saham Amerika: Indeks Teratas Untuk Dilacak

Indeks S&P 500 mencakup hampir 500 perusahaan terkemuka di sekitar 11 sektor dan mencakup sekitar 80 persen dari kapitalisasi pasar bursa saham Amerika. Hampir $ 10 triliun uang diindeks atau dijadikan tolok ukur indeks saham Amerika. Dari jumlah ini sekitar $ 3,4 triliun terdiri dari aset terindeks itu sendiri. Hal ini membuat Indeks S&P 500 menjadi indeks yang paling banyak diperdagangkan di dunia.

Eksposur Dunia

4 dana pasif teratas oleh AUM di seluruh dunia melacak Indeks S&P 500. Pada 2018, lebih dari 40 persen penjualan konstituen S&P 500 dilaporkan dari luar negeri. Indeks S&P 500 memiliki perusahaan-perusahaan berkapitalisasi besar sebagai konstituen dan dianggap memiliki korelasi yang sangat rendah dengan pasar ekuitas India. Menggabungkan aset yang kurang / tidak berkorelasi membantu mengurangi volatilitas portofolio, sehingga meningkatkan pengembalian yang disesuaikan dengan risiko.

Baca: Serba-serbi Indeks S&P 500, Bursa Saham dengan Pengukuran Terbaik di AS

Indeks Dan Sektor Yang Berpengaruh

Tiga sektor teratas dalam S&P 500 adalah Teknologi Informasi, Layanan Kesehatan dan Komunikasi, dengan total sekitar 50 persen dari indeks. Rincian berbagai sektor adalah sebagai berikut:

Teknologi Informasi – 25,7%

Perawatan Kesehatan – 15,4%

Layanan Komunikasi – 10,8%

Keuangan – 10.6%

Kebijaksanaan Konsumen – 10,5%

Industri – 7,9%

Kebutuhan Konsumen – 7,4%

Utilitas – 3,3%

Energi – 3%

Real Estat – 2,9%

Bahan – 2,5%

Baca: Apa Itu Reksadana Indeks (Index Fund)?

10 Konstituen Teratas Berdasarkan Berat Indeks

Jika kamu ingin memiliki saham utama indeks S&P 500, tiga saham teratas adalah Microsoft, Apple, dan Amazon berdasarkan bobot indeks. Saham teratas adalah sebagai berikut:

Microsoft Corp – Teknologi Informasi

Apple Inc. – Teknologi Informasi

Amazon.com Inc – Kebijakan Konsumen

Facebook Inc A – Layanan Komunikasi

Alphabet Inc A – Layanan Komunikasi

Alphabet Inc C – Layanan Komunikasi

Johnson & Johnson – Perawatan Kesehatan

Berkshire Hathaway – Keuangan

Visa Inc A Informasi – Teknologi

JP Morgan Chase & Co – Keuangan

S&P 500 Vs Nasdaq

Sementara Nasdaq adalah indeks berat Teknologi Informasi, Indeks S&P 500 adalah indeks berbasis luas. Ada 100 saham yang terdaftar di Nasdaq sedangkan di Indeks S&P 500, ada 500 saham, sehingga memberikan rasa yang sangat beragam bagi mereka yang ingin mendiversifikasi portofolio internasionalnya. Selanjutnya, ada saham besar dan menengah yang terdaftar di Nasdaq sementara Indeks S&P 500 hanya memiliki saham berkapitalisasi besar.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: financialexpress.com

Baca juga:

Apa Itu NASDAQ?

Apa Itu Reksadana Indeks (Index Fund)?

Mengenal Standard and Poor, Perusahaan Pemeringkat Indeks Saham Global