5 Alasan Harga Emas Melonjak

Serba-serbi blog-image

Nov 02, 2020

Apa alasan harga emas melonjak? Harga emas belakangan terus menunjukkan tren penguatan setiap harinya.

Harga emas Antam pada perdagangan bulan Juli kemarin tercatat menguat Rp7.000 ke level Rp984.000 per gram. Nilai itu menjadi yang tertinggi setidaknya dalam 10 tahun terakhir.

Lalu, apa saja sih penyebab harga emas bisa sampai pecah rekor begitu?

Emas adalah pilihan yang aman

Permintaan emas biasanya melonjak pada saat krisis atau ketidakpastian – terutama jika pasar ekuitas jatuh, seperti yang terjadi pada awal tahun ini.

Pada bulan Maret, harga emas batangan mencapai level tertinggi tujuh tahun ketika pandemi virus korona meningkat di Amerika Serikat, yang mencerminkan kekhawatiran tentang kemampuan sistem keuangan, terutama para gubernur bank sentral, untuk bertahan dari pukulan ekonomi.

Stabilitas

Emas biasanya diisolasi dari inflasi dan ketidakpastian umum. Logam mulia relatif stabil dalam jangka panjang, dan nilainya tidak mudah terdepresiasi oleh faktor luar atau mata uang lainnya.

Baca: 3 Pengusaha Sukses di Industri Media, Siapa yang Paling Kaya?

Dolar yang Melemah

Dolar telah terdepresiasi, dan nilainya yang melemah membuatnya lebih menarik bagi investor di luar Amerika Serikat dan emas lebih murah dalam mata uang lain. Feinseth mengatakan dia telah mengamati hubungan antara dolar dan penurunan suku bunga sebagai ukuran minat investor terhadap emas.

Hasil Rendah

Sejak Maret, Federal Reserve telah mempertahankan suku bunga mendekati nol untuk menjaga pasar keuangan tetap stabil dan membuat biaya pinjaman serendah mungkin untuk menopang perekonomian. Ia juga memutuskan untuk membeli obligasi ratusan miliar dolar. Itu membuat emas dan kurangnya hasil lebih menarik bagi investor.

Baca: Dolar AS Melemah, Apa Dampaknya Terhadap Perekonomian Asia?

Liputan media

Semakin tinggi harga emas, semakin banyak analis dan investor membicarakannya, dan semakin banyak media keuangan melaporkannya. Eksposur yang ditambahkan biasanya berarti lebih banyak minat investor; itulah sebabnya beberapa analis memperkirakan harga akan naik lebih tinggi.

Bulan lalu, Phillip Streible, seorang analis dari Blue Line Futures, memperkirakan emas akan mencapai $ 2.500 pada Desember 2021. Pengamat pasar lainnya percaya itu bisa terjadi pada awal minggu depan atau akhir tahun.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Baca juga:

Bantu kami membangun aplikasi investasi yang sesuai untukmu

Unduh aplikasi Pluang di iOS atau Android dan bergabunglah bersama lebih dari 800.000+ orang yang telah merubah cara mereka berinvestasi.

google-play apple-store