Apa Itu Churn Rate?

Kamus Cuan blog-image

Sep 14, 2020

Apa itu Churn rate? Churn rate adalah sebagai rate of attrition atau customer churn, tingkat di mana pelanggan berhenti berbisnis dengan suatu entitas. Ini paling sering dinyatakan sebagai persentase pelanggan layanan yang menghentikan langganan mereka dalam jangka waktu tertentu.

Ini juga merupakan tingkat di mana karyawan meninggalkan pekerjaan mereka dalam jangka waktu tertentu. Agar perusahaan dapat memperluas kliennya, tingkat pertumbuhannya (diukur dengan jumlah pelanggan baru) harus melebihi tingkat churnnya.

Kesimpulan Utama

Tingkat churn dan pertumbuhan adalah faktor yang berlawanan secara diametris sebagai salah satu pengukuran hilangnya pelanggan dan yang lainnya mengukur perolehan pelanggan.

Tingkat churn sangat penting dalam industri di mana pendapatan sangat bergantung pada langganan.

Baca juga: Apa Itu Rate of Return (RoR)?

Memahami Churn Rate

Tingkat churn yang tinggi dapat berdampak buruk pada laba dan menghambat pertumbuhan. Churn rate merupakan faktor penting dalam industri telekomunikasi.

Di sebagian besar wilayah, banyak dari perusahaan ini bersaing, sehingga memudahkan orang untuk berpindah dari satu penyedia ke penyedia lainnya. Churn rate tidak hanya mencakup saat pelanggan berpindah operator, tetapi juga termasuk saat pelanggan menghentikan layanan tanpa berpindah.

Pengukuran ini paling berharga dalam bisnis berbasis pelanggan di mana biaya langganan merupakan sebagian besar pendapatan.

Apakah churn rate yang baik atau buruk dapat bervariasi dari satu industri ke industri lainnya?

Penting: Churn rate mengukur jumlah pelanggan atau karyawan yang beralih dari layanan atau pekerjaan selama periode tertentu.

Churn Rate dan Pertumbuhannya

Perusahaan dapat membandingkan tingkat churn dan pertumbuhannya untuk menentukan apakah ada pertumbuhan atau kerugian secara keseluruhan. Sementara churn rate melacak pelanggan yang hilang, tingkat pertumbuhan melacak pelanggan baru. Jika tingkat pertumbuhan lebih tinggi dari tingkat churn, maka perusahaan mengalami pertumbuhan. Ketika churn rate lebih tinggi dari tingkat pertumbuhan, perusahaan mengalami kerugian pada basis pelanggannya.

Contoh Churn Rate

Tingkat Churn Industri Telekomunikasi Churn rate adalah ukuran yang sangat berguna dalam industri telekomunikasi. Ini termasuk penyedia televisi kabel atau satelit, penyedia Internet, dan penyedia layanan telepon (penyedia layanan telepon rumah dan nirkabel).

Karena sebagian besar pelanggan memiliki banyak opsi untuk dipilih, churn rate membantu perusahaan menentukan bagaimana perusahaan tersebut mengukurnya dengan pesaingnya. Jika satu dari setiap 20 pelanggan layanan Internet berkecepatan tinggi menghentikan langganan mereka dalam waktu satu tahun, tingkat churn tahunan untuk penyedia internet tersebut adalah 5%.

Tingkat Churn dalam Pekerjaan

Omset karyawan dalam bisnis juga dapat diukur dengan churn rate, karena ini menyediakan metode untuk menganalisis pola perekrutan dan retensi perusahaan. Ini dapat sangat membantu jika umur panjang karyawan secara keseluruhan di dalam perusahaan rendah.

Ketika statistik diperiksa berdasarkan departemen per departemen, ini dapat menyoroti departemen tertentu mana yang mengalami perputaran lebih sering dalam perusahaan, atau pada tingkat yang lebih tinggi daripada rata-rata bisnis.

Baca juga: Apa Itu Balanced Scorecard?

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Apa Itu Rate of Return (RoR)?

Apa Itu Balanced Scorecard?

Suku Bunga Pengaruhi Investasi? Ini 3 Sektor Vital yang Terkena Imbas

Bantu kami membangun aplikasi investasi yang sesuai untukmu

Unduh aplikasi Pluang di iOS atau Android dan bergabunglah bersama lebih dari 800.000+ orang yang telah merubah cara mereka berinvestasi.

google-play apple-store