Apa Itu Black Monday?

Kamus Cuan

Sep 11, 2020

Pengertian Black Monday

Black Monday apa itu? Pengertian Black Monday adalah sebuah kejadian yang terjadi pada 19 Oktober 1987, ketika Dow Jones Industrial Average (DJIA) kehilangan hampir 22% dalam satu hari. Peristiwa tersebut menandai awal dari penurunan pasar saham global, dan Black Monday menjadi salah satu hari paling terkenal dalam sejarah keuangan.

Pada akhir bulan, sebagian besar bursa utama turun lebih dari 20%. Para ekonom telah mengaitkan kecelakaan itu dengan kombinasi peristiwa geopolitik dan munculnya perdagangan program terkomputerisasi yang mempercepat aksi jual.

KESIMPULAN UTAMA

  • Black Monday merujuk pada kehancuran pasar saham yang terjadi pada 19 Oktober 1987 ketika DJIA kehilangan hampir 22% dalam satu hari, memicu penurunan pasar saham global.
  • SEC telah membangun sejumlah mekanisme perlindungan, seperti pembatasan perdagangan dan pemutus sirkuit, untuk mencegah penjualan panik.
  • Investor dapat mengambil langkah preventif untuk menghadapi kemungkinan jatuhnya pasar saham, mirip dengan Black Monday, yang terjadi lagi.

Baca juga: 4 Pilihan Investasi Jangka Panjang, Mana yang Terbaik?

Black Monday

Black Monday adalah Penyebab jatuhnya pasar saham besar-besaran tidak dapat dikaitkan dengan peristiwa berita tunggal karena tidak ada peristiwa berita besar yang dirilis akhir pekan sebelum kehancuran. Namun, beberapa peristiwa berpadu menciptakan suasana panik di kalangan investor.

Misalnya, defisit perdagangan Amerika Serikat yang membesar dibandingkan dengan negara lain. Perdagangan terkomputerisasi, yang masih belum menjadi kekuatan dominan seperti sekarang, semakin terasa di beberapa perusahaan Wall Street.

Baca juga: Apa Itu Pasar Saham?

Jatuhnya pasar saham pada tahun 1987 mengungkapkan peran inovasi keuangan dan teknologi dalam meningkatkan volatilitas pasar. Dalam perdagangan otomatis, juga disebut perdagangan program, pengambilan keputusan manusia dikeluarkan dari persamaan, dan pesanan beli atau jual dihasilkan secara otomatis berdasarkan tingkat harga indeks patokan atau saham tertentu.

Menjelang kehancuran, model yang digunakan cenderung menghasilkan umpan balik positif yang kuat, menghasilkan lebih banyak pesanan beli saat harga naik dan lebih banyak pesanan jual saat harga mulai turun. Krisis seperti kebuntuan Kuwait dan Iran yang mengancam pasokan minyak juga membuat investor resah. Peran media sebagai faktor penguat perkembangan ini juga menuai kritik.

Meskipun ada banyak teori yang mencoba menjelaskan mengapa kecelakaan itu terjadi, sebagian besar setuju bahwa kepanikan massal menyebabkan kecelakaan itu meningkat.

Baca juga: Apa Itu EPS (Laba per Saham)?

Pelajaran Dari Black Monday dan Keruntuhan Pasar Lainnya

Jatuhnya pasar dalam durasi berapa pun bersifat sementara. Banyak dari reli pasar paling curam terjadi segera setelah kehancuran tiba-tiba. Penurunan tajam pasar pada Agustus 2015 dan Januari 2016 sama-sama turun 10%, tetapi pasar sepenuhnya pulih dan rally di level tertinggi baru atau mendekati tertinggi baru di bulan-bulan berikutnya.

Tetap Dengan Strategimu

Strategi investasi jangka panjang yang disusun dengan baik berdasarkan tujuan investasi pribadi harus memberikan kepercayaan bagi investor untuk tetap teguh sementara orang lain panik. Investor yang tidak memiliki strategi cenderung membiarkan emosi mereka memandu pengambilan keputusan mereka. Investor yang tetap berinvestasi di Standard & Poor’s 500 Index sejak 1987 telah memperoleh pengembalian tahunan sebesar 10,13%.

Baca: Apa Itu Pasar Uang?

Peluang Membeli

Mengetahui bahwa pasar ambruk hanya sementara, waktu-waktu ini harus dianggap sebagai peluang untuk membeli saham atau dana. Keruntuhan pasar tidak bisa dihindari. Investor yang cerdas memiliki daftar belanja yang disiapkan untuk saham atau dana yang akan lebih menarik dengan harga lebih rendah dan membeli sementara yang lain menjual.

Fokus

Dalam jangka panjang, kejatuhan pasar seperti Black Monday adalah titik kecil dalam kinerja portofolio yang terstruktur dengan baik. Peristiwa pasar jangka pendek tidak mungkin diprediksi, dan segera terlupakan. Investor jangka panjang dilayani dengan lebih baik dengan mengabaikan keheohan media dan berfokus pada tujuan jangka panjang mereka.

Baca juga: Kenapa Kamu Harus Menabung Emas Online? Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Apa Itu Pasar Uang?

Apa Itu Pasar Saham?

4 Pilihan Investasi Jangka Panjang, Mana yang Terbaik?

Apa Itu EPS (Laba per Saham)?

Kenapa Kamu Harus Menabung Emas Online? Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Apa Itu Return of Investment (ROI)?