Apa Itu Audit?

Jun 29, 2020

DEFINISI

Audit adalah investigasi resmi atas laporan keuangan seseorang atau perusahaan untuk memastikan kebenarannya.

Memahami Audit

Di bidang keuangan, audit adalah penyelidikan resmi yang dirancang untuk mengetahui apakah laporan keuangan akurat. Baik individu maupun perusahaan dapat diaudit. Audit internal dilakukan oleh karyawan untuk memberi tahu manajemen tingkat atas tentang kinerja perusahaan. Perusahaan dan profesional luar melakukan audit eksternal independen untuk memastikan kepatuhan dengan peraturan pajak dan pelaporan.  

CONTOH

Akuntansi penipuan memainkan peran penting dalam skandal Enron tahun 2001. Eksekutif utama di perusahaan energi memanipulasi laporan keuangan untuk menyembunyikan penawaran buruk. Auditor Enron, Arthur Andersen LLP, dihukum karena menghancurkan dan memalsukan catatan yang berkaitan dengan auditnya.

Audit yang ketat dapat memastikan akunting yang tepat terjadi, yang meyakinkan publik bahwa kinerja keuangan yang diumumkan perusahaan akurat. Enron bangkrut, dan Arthur Anderson, yang pernah menjadi salah satu firma akuntansi terbesar di dunia, terpaksa bubar akibat praktik akuntansi yang buruk.

Kesimpulan

Audit adalah seperti meminta tutor melihat pekerjaan rumahmu sebelum menyerahkannya..

Tujuannya adalah tetap melakukan semuanya sendiri dengan benar, tetapi tutor memastikan pekerjaanmu benar sebelum kamu menyerahkan tugasmu. Demikian juga, auditor membantu perusahaan mengkonfirmasi pelaporan keuangan mereka yang akurat, yang membantu mereka menghindari hukuman dan menjaga kepercayaan publik. 

Ketahui Lebih Lanjut …

Apa itu audit?

Jenis-jenis audit

Mengapa audit itu penting?

Bagaimana cara kerja audit?

Pekerjaan seorang auditor

Apa Itu Audit?

Audit adalah proses investigasi resmi yang memeriksa catatan keuangan. Audit menentukan apakah catatan keuangan akurat dan mewakili kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya. Baik orang maupun perusahaan dapat dikenakan audit.

Audit juga memastikan bahwa informasi keuangan disajikan dalam format yang benar. Di AS, misalnya, ada aturan dan pedoman seputar cara memformat laporan keuangan seperti neraca dan laporan laba rugi. Sebagian besar perusahaan dan organisasi harus mematuhi serangkaian pedoman seputar pembuatan, pencatatan, dan distribusi informasi keuangan.

Perusahaan yang diperdagangkan secara publik harus mematuhi Prinsip Akuntansi yang Diterima Secara Umum (GAAP), yang meliputi:

  • Konsistensi: Pelaporan keuangan mengikuti standar yang ditetapkan.
  • Kebijaksanaan: Semua informasi keuangan harus faktual dan masuk akal.
  • Itikad baik: Setiap orang yang terlibat dalam pelaporan keuangan harus bertindak jujur ​​dan dengan itikad baik.
  • Periodisitas: Entitas harus melaporkan keuangan mereka pada jadwal yang khas, seperti triwulanan atau tahunan.

GAAP juga menetapkan standar tentang bagaimana laporan keuangan harus diformat, bagaimana biaya dan pendapatan harus disajikan, dan informasi apa yang harus diungkapkan. Audit perusahaan publik mengevaluasi “buku” mereka (buku besar dan catatan keuangan) terhadap standar-standar ini untuk memastikan tidak ada yang salah atau menyesatkan.

Perusahaan lain dapat memilih untuk mengikuti GAAP, bahkan jika mereka tidak diharuskan oleh hukum. Misalnya, sebuah perusahaan swasta kecil mungkin diberi tahu bahwa ia harus memiliki laporan keuangan yang sesuai dengan GAAP dan diaudit sebelum bank akan menyetujui pinjaman.

Badan pemerintah biasanya memiliki standar sendiri untuk diikuti, ditetapkan oleh Kantor Akuntabilitas Pemerintah (GAO) untuk pemerintah federal dan Dewan Standar Akuntansi Pemerintahan (GASB) untuk pemerintah negara bagian dan lokal.

Merupakan tugas auditor untuk mengetahui pedoman mana yang harus dipatuhi dan untuk memastikan kepatuhan suatu organisasi .

Jenis-jenis Audit

Ada 3 jenis audit utama:

Internal

Bisnis umumnya melakukan audit internal untuk memberi tahu manajemen atas tentang kondisi keuangan dan risiko. Audit internal juga memastikan bahwa kontrol internal mematuhi hukum federal. Mereka juga kadang-kadang digunakan untuk mengembangkan kebijakan dan strategi perusahaan. Auditor internal dapat dilakukan oleh karyawan perusahaan atau konsultan luar – Mereka tidak diharuskan bersikap tidak memihak dan independen seperti seorang auditor eksternal.

Biasanya ada banyak kelonggaran dalam cara perusahaan melakukan audit internal. Contohnya: 

Sementara auditor harus terbiasa dengan standar akuntansi bisnis, ia tidak memerlukan pelatihan atau penunjukan khusus.

Audit internal dapat terjadi kapan pun perusahaan memilih – Frekuensi, lama waktu, dan metode pelaporan semuanya tergantung pada bisnis. 

Auditor internal idealnya objektif dan bebas dari pengaruh orang lain di perusahaan, tetapi mereka pada akhirnya melaporkan kepada atasan.

Eksternal

Ketika sebuah perusahaan menginginkan evaluasi keuangannya yang lebih objektif, ia melakukan audit eksternal. Audit eksternal jauh lebih independen daripada audit internal, karena dilakukan oleh profesional otonom daripada karyawan.

Auditor eksternal harus mengikuti Standar Audit yang Diterima Secara Umum (GAAS). Audit eksternal biasanya dilakukan setahun sekali, biasanya pada bulan-bulan sebelum pajak jatuh tempo. Sebagian besar audit eksternal dilakukan oleh Akuntan Publik Bersertifikat yang memiliki keahlian di bidangnya dan bekerja untuk perusahaan audit.

Pada akhir audit eksternal, auditor menawarkan salah satu dari empat pendapat berikut: 

  • Opini Wajar Tanpa Pengecualian: Juga dikenal sebagai opini bersih, ini menyatakan tidak ada masalah dengan laporan keuangan perusahaan.
  • Memenuhi Syarat: Seorang auditor mengeluarkan opini ini jika laporan keuangan terlihat baik-baik saja, kecuali untuk satu masalah tertentu. Seringkali ini adalah karena auditor tidak dapat memperoleh informasi yang cukup untuk memverifikasi aspek laporan keuangan atau karena laporan tidak sesuai dengan Prinsip Akuntansi yang Diterima Secara Umum (GAAP).
  • Opini Buruk: Ini berarti auditor menyimpulkan bahwa perusahaan tidak mematuhi GAAP dan secara serius salah menyatakan posisi keuangannya dalam laporannya. Pendapat buruk kemungkinan merupakan indikator penipuan. Perusahaan publik yang menerima opini buruk harus memperbaiki pembukuan mereka dan menyerahkannya ke audit lain.
  • Penafian Opini: Terkadang, manajemen tidak kooperatif dalam memberikan catatan keuangan, atau catatan keuangan hilang. Ketika ini terjadi, seorang auditor dapat melaporkan “penafian pendapat,” yang berarti ia tidak dapat membuat pernyataan apa pun tentang catatan perusahaan dan kesehatan keuangan.

Layanan Pendapatan Internal

Internal Revenue Service, otoritas pajak AS, mengaudit individu dan bisnis. IRS memulai audit jika menemukan perbedaan dalam pelaporan keuangan atau jika formula statistik menunjukkan anomali. Memiliki anggota keluarga atau mitra bisnis yang diaudit juga dapat memicu audit. IRS melakukan audit baik melalui surat atau melalui wawancara langsung dan peninjauan catatan. Audit IRS dapat mengakibatkan tidak ada perubahan pada tagihan pajak seseorang atau perusahaan atau dalam pembayaran pajak dan denda tambahan.

Mengapa Audit Itu Penting?

Tujuan audit adalah untuk memverifikasi bahwa informasi keuangan yang dilaporkan akurat dan jujur. Akurasi sangat penting karena pendapatan atau kerugian yang dilaporkan menentukan pajak. Jika informasi tidak akurat, perusahaan mungkin perlu membayar pajak dan mungkin denda. 

Perusahaan publik harus secara teratur merilis laporan keuangan yang diaudit. Jika ini tidak jujur dan akurat, perusahaan dapat memanipulasi informasi untuk menyesatkan investor, yang bisa berdampak buruk.

Tetapi audit adalah tidak hanya penting bagi perusahaan publik dan mereka yang membayar pajak. Audit internal memastikan keakuratan informasi keuangan dan memverifikasi integritas proses yang digunakan untuk menghasilkan pelaporan. Ini memberikan manajemen atas dalam perusahaan informasi yang akurat tentang keuangan, praktik bisnis, dan risiko yang menjadi dasar keputusan mereka.

Dalam semua kasus, audit bermanfaat untuk mencegah dan mendeteksi penipuan. Penipuan adalah tindakan sengaja menipu orang lain untuk keuntungan pribadi. Sebagai pengetahuan bahwa audit yang akan berlangsung dapat mengurangi penipuan finansial, karena audit adalah salah satu cara terbaik untuk mendeteksinya. 

Kadang-kadang, pemberi pinjaman atau investor akan membutuhkan catatan keuangan yang diaudit sebelum mereka mengeluarkan pinjaman.

Bagaimana Cara Kerja Audit?

Audit Internal, eksternal, dan Internal Revenue Service memiliki beberapa perbedaan, tetapi sebagian besar audit mengikuti pola yang sama.

Pertama, kamu mengumpulkan semua informasi keuangan yang kamu miliki. Rekaman yang mungkin diminta IRS dapat mencakup:

  •   Tagihan
  •   Tanda terima
  •   Dokumen resmi
  •   Catatan medis dan dokter gigi
  •   Catatan pekerjaan
  •   Sumbangan amal

Selanjutnya, auditor memeriksa semua dokumentasimu, mencari perbedaan. Jika IRS menemukan masalah, kamu mungkin diminta untuk membayar pajak dan denda tambahan. Namun, IRS biasanya memberimu waktu 30 hari untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut jika menurut kamu auditor melakukan kesalahan. Jika petugas banding menolak bandingmu, kamu memiliki 90 hari tambahan untuk mengeskalasi masalah ini ke pengadilan pajak.

Jika audit internal suatu perusahaan menemukan masalah, mungkin disarankan agar manajer memperbaikinya, tetapi apakah perusahaan melakukannya atau tidak, umumnya terserah mereka. Dengan audit eksternal, kesalahan dalam dokumentasi dapat menghasilkan opini yang berkualitas atau merugikan. Perusahaan mungkin diminta untuk mengulangi pembukuannya dan menyerahkan audit kedua.

Pekerjaan Seorang Auditor

Apa yang dilakukan seorang auditor bervariasi berdasarkan jenis audit yang mereka lakukan.

Auditor internal mengevaluasi laporan keuangan dan efektivitas pengendalian internal perusahaan. Mereka juga dapat mengevaluasi proses dan operasi bisnis, termasuk apakah berbagai cabang perusahaan bekerja menuju sasaran keseluruhan perusahaan. Atau mereka mungkin ditugaskan dengan kepatuhan hukum, yang melibatkan penelitian hukum dan memastikan perusahaan mengikuti mereka. 

Auditor eksternal biasanya disewa oleh pemilik atau pemegang saham perusahaan, tetapi mereka bekerja secara independen. Mereka memeriksa catatan keuangannya dan kemudian memberikan pendapat tentang akurasi dan keadilan mereka. Auditor eksternal harus mengikuti Standar Audit yang Diterima Secara Umum (GAAS). Mereka juga menentukan apakah catatan keuangan perusahaan mengikuti Prinsip-prinsip Akuntansi yang Diterima Secara Umum (GAAP).

Auditor Internal Revenue Service meninjau pengembalian pajak bisnis dan pribadi. Mereka mencari perbedaan atau yang secara statistik tidak seperti skenario keuangan statistik. Namun, dipilih untuk audit bukan bukti bahwa bisnis atau individu telah melakukan kesalahan. Ketika IRS memulai audit, ia mengirim permintaan untuk dokumentasi lebih lanjut atau menjadwalkan wawancara tatap muka.

Auditor IRS kemudian menentukan apakah seseorang atau bisnis berhutang pajak tambahan. Jika tidak, auditor mencatat “tidak ada perubahan,” dan kasing ditutup. Jika mereka merekomendasikan perubahan, individu dan bisnis memiliki kesempatan untuk menyetujui perubahan tersebut dan membayar pajak dan penalti yang terhutang. IRS dapat mengeluarkan hukuman untuk pengajuan pajak yang tidak akurat, tidak lengkap, atau terlambat, serta keterlambatan pembayaran atau kegagalan membayar sama sekali. Jika wajib pajak atau bisnis tidak setuju dengan temuan, ia dapat mengajukan banding atas putusan tersebut.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Robinhood

Simak juga:

Pengembangan Vaksin Covid-19, Pertaruhan antara Pandemi dan Ekonomi

Apa Itu Margin Call?

Aturan Anggaran 50/30/20, Cara Efektif Rem Jumlah Pengeluaran