Apa Itu Bond Valuation?

Kamus Cuan

Sep 10, 2020

Bond Valuation 

Apa itu Bond Valuation? Bond Valuation adalah sebuah penilaian obligasi merupakan teknik untuk menentukan nilai wajar teoritis dari obligasi tertentu. Penilaian obligasi termasuk menghitung nilai sekarang dari pembayaran bunga obligasi di masa depan, juga dikenal sebagai arus kasnya. Dan nilai obligasi pada saat jatuh tempo, juga dikenal sebagai nilai nominal atau nilai par.

Karena nilai nominal obligasi dan pembayaran bunga ditetapkan, investor menggunakan penilaian obligasi untuk menentukan tingkat pengembalian yang diperlukan agar investasi obligasi bernilai.

Baca juga: Apa Itu Bond Yield (Yield Obligasi)?

Benang Merah Bond Valuation

Jadi Apa itu Bond Valuation? pengertian Bond valuation adalah cara untuk menentukan nilai wajar teoritis (atau nilai par) dari obligasi tertentu. Ini melibatkan penghitungan nilai sekarang dari pembayaran kupon obligasi yang diharapkan di masa depan, atau arus kas, dan nilai obligasi saat jatuh tempo, atau nilai nominal. Saat nilai nominal obligasi dan pembayaran bunga ditetapkan, penilaian obligasi membantu investor mengetahui tingkat pengembalian yang akan membuat investasi obligasi sebanding dengan biayanya.

Baca juga: Apa Itu Pendapatan Tetap?

Memahami Penilaian Obligasi

Obligasi adalah instrumen hutang yang memberikan aliran pendapatan tetap kepada investor dalam bentuk pembayaran kupon. Pada tanggal jatuh tempo, nilai nominal penuh obligasi dibayarkan kembali kepada pemegang obligasi.

Karakteristik ikatan reguler meliputi:

  • Tingkat kupon: Beberapa obligasi memiliki tingkat bunga, juga dikenal sebagai tingkat kupon, yang dibayarkan kepada pemegang obligasi setiap enam bulan. Tingkat kupon adalah pengembalian tetap yang diperoleh investor secara berkala hingga jatuh tempo.
  • Tanggal jatuh tempo: Semua obligasi memiliki tanggal jatuh tempo, beberapa berjangka pendek, yang lain berjangka panjang. Ketika obligasi jatuh tempo, penerbit obligasi membayar kembali nilai nominal obligasi kepada investor. Untuk obligasi korporasi, nilai nominal obligasi biasanya $ 1.000 dan untuk obligasi pemerintah, nilai nominalnya adalah $ 10.000. Nilai nominal belum tentu pokok yang diinvestasikan atau harga pembelian obligasi.
  • Harga Saat Ini: Bergantung pada tingkat suku bunga di lingkungan, investor dapat membeli obligasi dengan harga par, di bawah par, atau di atas par. Misalnya, jika suku bunga naik, nilai obligasi akan turun karena tingkat kupon akan lebih rendah daripada tingkat bunga dalam perekonomian. Jika ini terjadi, obligasi akan diperdagangkan dengan harga diskon, yaitu di bawah par. Namun, pemegang obligasi akan dibayar dengan nilai nominal penuh obligasi pada saat jatuh tempo meskipun dia membelinya dengan harga kurang dari nilai nominal.

Baca juga: Mengenal Obligasi

Penilaian Obligasi Pada Prakteknya

Karena obligasi adalah bagian penting dari pasar modal, investor dan analis berusaha untuk memahami bagaimana berbagai fitur obligasi berinteraksi untuk menentukan nilai intrinsiknya. Seperti saham, nilai obligasi menentukan apakah itu investasi yang cocok untuk portofolio dan karenanya, merupakan langkah integral dalam investasi obligasi. Penilaian obligasi, pada dasarnya, menghitung nilai sekarang dari pembayaran kupon obligasi yang diharapkan di masa depan.

Nilai wajar teoritis suatu obligasi dihitung dengan mendiskontokan nilai sekarang pembayaran kuponnya dengan tingkat diskonto yang sesuai. Tingkat diskonto yang digunakan adalah yield to maturity, yaitu tingkat pengembalian yang akan diperoleh investor jika menginvestasikan kembali setiap pembayaran kupon dari obligasi dengan tingkat bunga tetap hingga obligasi jatuh tempo. Ini memperhitungkan harga obligasi, nilai par, tingkat kupon, dan waktu jatuh tempo.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

Apa Itu Pendapatan Tetap?

Mengenal Obligasi

Apa Itu Bond Yield (Yield Obligasi)?