Apa Itu Angel Investor?

Jun 25, 2020

DEFINISI

angel investor adalah mereka yang menyediakan pembiayaan untuk startup (perusahaan pemula), biasanya pada tahap awal, dengan imbalan kepemilikan saham.

Memahami Angel Investor

Angel investor adalah salah satu cara untuk membiayai sebuah startup, biasanya ketika perusahaan baru saja dimulai. Alih-alih meminjamkan uang, angel investor menerima kepemilikan saham di perusahaan dengan imbalan dana yang mereka kontribusikan.

Investor malaikat biasanya adalah anggota keluarga yang kaya atau teman dari pemilik bisnis yang menginvestasikan uang mereka sendiri. Jika bisnis gagal, pemilik tidak perlu membayar uang kembali. Jika perusahaan berhasil, investor malaikat dapat menjual sahamnya untuk mendapatkan keuntungan yang signifikan, tetapi sebagian besar investasi malaikat tidak berakhir seperti itu. Karena risiko berinvestasi dalam startup, angel investor biasanya mencari potensi pengembalian yang tinggi.

CONTOH

Bayangkan Laura memiliki ide bisnis untuk perangkat lunak yang dapat digunakan dokter dan pasien untuk berkomunikasi dengan aman. Sebagai wirausahawan baru, ia kesulitan mendapatkan pinjaman untuk meluncurkan perusahaan. Laura memutuskan untuk mencari investor malaikat untuk mendanai bisnis. Dia mendekati Tim, teman keluarga kaya yang menyukai rencana bisnis Laura. Dia menginvestasikan $ 50.000 dan menerima 20% dari saham perusahaan. 

Kesimpulan

Angel investor adalah seperti jenis malaikat …

Mereka membantu kamu dengan memberimu uang yang kamu butuhkan untuk memulai bisnismu, bahkan ketika tidak ada orang lain yang mau. Kemudian mereka mengawasimu dan perusahaan, terkadang menjadi advokat dan membantumu  membuat keputusan bisnis. Tapi investor malaikat biasanya tidak melakukan ini karena kebaikan hati mereka – Mereka percaya pada usahamu dan berharap akan ada imbalan.

Ketahui Lebih Lanjut …

Apa itu angel investor?

Bagaimana cara kerja angel investor?

Perbedaan antara investor malaikat dan pemodal ventura

Siapa yang bisa menjadi angel investor?

Dari mana sumber pendanaan angel investor?

Bagaimana angel investor menghasilkan uang?

Apakah menjadi angel investor cukup menguntungkan?

Berapa persentase yang diinginkan angel investor?

Apakah kamu harus membayar angel investor kembali?

Pro dan kontra menggunakan angel investor

Apa Itu Angel Investor?

Angel investor adalah individu kaya yang berinvestasi dalam bisnis baru dengan uang mereka sendiri. Mereka menyediakan modal yang dibutuhkan startup; sebagai gantinya, mereka menerima kepemilikan saham dalam bisnis dan dengan demikian mendapat bagian dari keuntungan perusahaan.

Investor malaikat biasanya mengenal pemilik bisnis secara pribadi atau bertemu dengannya melalui teman bersama. Namun, platform online yang menghubungkan investor malaikat dengan pendiri juga menjadi populer.

Sering kali adalah pendukung kuat untuk kesuksesan perusahaan. Setelah investasi awal mereka, mereka dapat memberikan modal tambahan untuk membantu startup melewati tahun-tahun awalnya yang sulit. 

Angel investor berharap bahwa startup yang mereka danai akan menjadi sukses, pada titik mana mereka dapat menjual saham mereka ketika perusahaan go public atau diakuisisi. Jika semua berjalan sesuai rencana, investor malaikat akan mendapat untung besar.

Namun, investasi bisa sangat berisiko, karena banyak startup gagal. Karena potensi kerugiannya tinggi, investor malaikat biasanya berharap tingkat pengembalian investasi yang tinggi.

Bagaimana Cara Kerja Angel Investor?

Angel investor adalah salah satu cara untuk membiayai usaha bisnis baru. Alih-alih meminjamkan uang kepada pemilik bisnis, investor malaikat pada dasarnya membeli saham perusahaan. Ini berarti investor akan mendapatkan bagian dari keuntungan dan memiliki suara dalam keputusan bisnis. Namun, pemilik tidak perlu mengembalikan investasi.

Dengan pinjaman bank, di sisi lain, pemberi pinjaman tidak mendapatkan kepemilikan saham di perusahaan, mengambil keuntungan apa pun, atau mencoba memengaruhi keputusannya. Tetapi bisnis biasanya harus membayar utang tidak peduli berapa tarif perusahaan.

Angel investor sering berencana untuk membiayai perusahaan sampai berhasil, kemudian menjual saham mereka dan menghasilkan banyak uang. Namun, ini merupakan investasi yang berisiko karena banyak startup yang memiliki kinerja buruk.

Kamu mungkin menganggap hubungan itu sebagai duo “ide dan uang”. Pemiliknya memiliki ide bisnis yang bagus tetapi tidak memiliki dana. Investor malaikat memiliki uang, tetapi tidak memiliki ide bisnis. Mereka menggabungkan kekuatan untuk membentuk perusahaan yang mereka harap akan berhasil.

Perbedaan antara Angel Investor dan Pemodal Ventura

Baik angel investor dan pemodal ventura menginvestasikan uang dalam bisnis kecil, tetapi ada perbedaan utama.

Angel investor adalah individu yang memasang uang mereka sendiri. Kapitalis ventura biasanya tidak menginvestasikan uang mereka sendiri. Sebaliknya, mereka menarik modal dari banyak investor ke dalam dana dan mengelolanya secara strategis. Angel investor biasanya memberikan jumlah yang lebih kecil daripada perusahaan modal ventura.

Mereka juga biasanya berinvestasi pada tahap awal dalam kehidupan perusahaan, sering kali ketika baru memulai. Secara umum, angel investor mengambil lebih banyak risiko dan karenanya menargetkan imbalan yang lebih tinggi. 

Siapa yang Bisa Menjadi Angel Investor?

Secara umum, siapa pun dapat menjadi investor malaikat jika ia memiliki cukup uang dan bersedia berinvestasi di perusahaan pemula. Sebagian besar perusahaan mencari angel investor yang memenuhi definisi Komisi Bursa Efek tentang “investor terakreditasi,” karena itu membebaskan mereka dari berbagai pengajuan peraturan. Kamu dapat menjadi investor yang terakreditasi dengan memenuhi salah satu dari dua kualifikasi:

  • Memiliki kekayaan bersih $ 1 juta atau lebih, tidak termasuk tempat tinggal utamamu (ini dapat dikombinasikan dengan kekayaan bersihmu dengan pasanganmu).
  • Telah mendapatkan $ 200.000 per tahun selama dua tahun terakhir (atau $ 300.000 dalam pendapatan gabungan dengan pasanganmu) dan berharap untuk menghasilkan yang sama tahun ini.

Dari Mana Sumber Pendanaan Angel Investor?

Angel Investor menyediakan uang mereka sendiri, tetapi mereka dapat menggunakan perseroan terbatas atau sarana lain untuk membiayai startup.

Investor malaikat dapat memilih untuk berinvestasi dalam berbagai jumlah. Menurut Angel Capital Association, investor dengan latar belakang kewirausahaan menempatkan rata-rata $ 39.000, sementara yang lain berkontribusi rata-rata $ 28.000. Jumlah spesifik tergantung pada investor dan bisnis yang bersangkutan.

Biasanya, bisnis menghadapi tantangan terbesarnya selama tahun-tahun pertamanya. Angel investor menyadari fakta ini dan dapat memberikan modal tambahan untuk membantu perusahaan melalui tahun-tahun awalnya. Sudah umum bagi investor malaikat untuk awalnya berinvestasi dalam startup yang mengetahui bahwa mereka kemungkinan harus menyediakan lebih banyak uang di tahun-tahun berikutnya.

Secara kolektif, angel investor menyediakan dana hingga $ 24 miliar untuk lebih dari 64.000 startup setiap tahun.

Bagaimana Angel Investor Menghasilkan Uang?

Angel investor memiliki kepemilikan saham di perusahaan, biasanya dalam bentuk saham preferen (sejenis saham yang memberi investor klaim lebih tinggi terhadap dividen). Itu berarti mereka berhak atas sebagian dari keuntungan. Namun, mereka biasanya menghasilkan sebagian besar uang mereka ketika mereka menjual saham mereka, baik ketika perusahaan go public atau ketika bisnis lain mengakuisisi perusahaan.

Seperti strategi investasi apa pun, angel investor mencoba membeli rendah dan menjual tinggi. Mereka dapat membeli rendah jika mereka berinvestasi di perusahaan ketika baru mulai dan memiliki penilaian yang rendah. Mereka mungkin dapat menjual tinggi jika perusahaan lepas landas.

Investor malaikat biasanya exit (menjual saham mereka dalam bisnis) dengan salah satu dari dua cara:

  •   Perusahaan lain mengakuisisi perusahaan, membayar investor malaikat sejumlah uang
  •   Perusahaan menawarkan saham kepada publik melalui penawaran umum perdana, dan investor malaikat menjual sahamnya

Tidak semua exit menguntungkan. Menurut satu survei industri, angel investor melaporkan bahwa, rata-rata, 11% dari perusahaan yang didanai menghasilkan exit yang positif.

Apakah Menjadi Angel Investor Cukup Menguntungkan?

Menjadi angel investor dapat menguntungkan, tetapi sangat berisiko.

Beberapa angel investor melaporkan pengembalian lebih tinggi dari 10 kali investasi awal mereka setelah menjual saham mereka di perusahaan. Namun, sebagian besar investasi malaikat tidak menghasilkan exit, apalagi yang menguntungkan. Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa hanya 5-10% dari investasi malaikat yang menghasilkan keuntungan. Di antara exit yang sukses, hasilnya masih cenderung bervariasi secara signifikan.

Jika kamu berencana untuk menjadi investor malaikat, kamu mungkin perlu meneliti dengan cermat perusahaan dan industri tempatmu berinvestasi dan memahami risikonya. Seorang investor malaikat harus merasa nyaman dengan kemungkinan kuat kehilangan seluruh investasi.

Berapa Persentase yang Diinginkan Angel Investor?

Sebagai imbalan untuk membiayai startup, angel investor biasanya mendapatkan sepotong saham perusahaan. Untuk investasi awal, angel investor biasanya meminta 10% hingga 20% kepemilikan saham. Namun, jumlahnya bervariasi tergantung pada:

  •   Berapa banyak dana yang dimasukkan oleh investor malaikat
  •   Seberapa besar pemilik mau kehilangan kendali
  •   Seberapa menjanjikan masa depan startup

Pemilik dan angel investor harus mendiskusikan rincian ini secara panjang lebar sebelum menyetujui investasi.

Apakah Kamu Perlu Membayar Kembali Angel Investor?

Seorang pemilik bisnis tidak perlu membayar kembali seorang investor malaikat bahkan jika perusahaan itu gagal. Itu tidak berarti investor malaikat memberikan uang gratis. Mereka memiliki bagian dari bisnis, sehingga mereka mendapatkan bagian dari keuntungan. Ini juga berarti mereka akan menerima hasil jika perusahaan lain mengakuisisi bisnis atau jika go public. 

Pro dan Kontra Menggunakan Angel Investor

Beralih ke angel investor memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan sumber pendanaan lain:

Pro:

  • Pembiayaan berisiko rendah. Pemilik bisnis lepas dari kewajiban untuk membayar kembali investor malaikat, bahkan jika perusahaan gagal.
  • Prospek jangka panjang. Angel investor biasanya memahami perjuangan perusahaan hadapi pada tahap awal dan mengambil pandangan jangka panjang. Ini berarti mereka cenderung bertahan bahkan ketika segala sesuatu tampak buruk.
  • Sumber keahlian. Investor malaikat seringkali profesional, seperti pemilik bisnis atau pengacara. Mereka dapat menawarkan saran dan bimbingan profesional ketika startup menavigasi tantangan yang sulit.

Kontra: 

  • Pembiayaan mahal. Investasi malaikat berisiko, sehingga investor biasanya meminta saham besar di perusahaan. Ini dapat memotong keuntungan dan mengurangi berapa banyak pemilik membuat dalam penjualan atau penawaran umum.
  • Kehilangan kendali. Angel investor memiliki hak untuk menjalankan bisnis karena mereka sebagian memiliki perusahaan. Untuk pemilik bisnis, itu berarti melepaskan pengaruhnya.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Robinhood

Simak juga:

Apa Itu Pendapatan Bersih?

Inspirasi Sukses! Ini 7 Kisah Mereka yang Memulai Bisnisnya dari Nol

Berpenghasilan Lebih Besar dari Laki-laki, Ini Caranya Jadi Wanita Karier Sukses!

Tren Borong Saham Anak Muda, Incar Saham Undervalued Saat Ekonomi Rebound