Mau Wisata New Normal? Checklist Daftar Ini Dulu!

Serba-serbi blog-image

Nov 17, 2020

Beberapa bulan ini kita memasuki masa new normal, berbagai sektor ekonomi kembali dibuka demi menumbuhkan perekonomian masyarakat. Semuanya tentu mengutamakan protokol kesehatan. Salah satu sektor yang dibuka adalah wisata new normal.

Dengan dibukanya kembali sektor pariwisata di tengah masa new normal ini, setidaknya dapat mengobati kerinduan orang-orang yang hobi berwisata.

Akan tetapi, meski memasuki masa new normal, kewaspadaan sangat dibutuhkan jika ingin melakukan wisata new normal karena sebenarnya pandemi COVID-19 memang belum mereda.

“Prinsipnya saat ini kalau mau traveling adalah sehat dulu, traveling kemudian. Kita harus tahu kondisi fisik kita seperti apa ketika ingin melakukan traveling,” ujar M. Arif Rahman, travel blogger, dalam dialog di Media Center Gugus Tugas Nasional.

“Jika sudah siap traveling, harus patuh dengan protokol kesehatan dengan pakai masker, jaga jarak dan senantiasa cuci tangan,” imbuh Arif Rahman.

Baca juga: Segini Uang yang Bisa Disimpan Jika Bawa Bekal Makan Siang dari Rumah

Agar aman dalam melakukan wisata new normal, kamu harus meningkatkan kewaspadaan

Di samping menerapkan protokol kesehatan dalam wisata new normal ini, kamu juga harus meningkatkan kewaspadaan diri dan teliti dalam memilih destinasi wisata yang dituju.

Telitilah dengan benar apakah destinasi wisata itu berada dalam zona aman COVID-19.

Untuk itu kamu bisa membuka situs Gugus Tugas Nasional yang beralamat di covid19.go.id untuk melihat apakah destinasi wisata yang kamu tuju masuk zona hijau, kuning, oranye, atau merah.

“Cukup mudah untuk melakukan traveling, tinggal booking tiket pesawat dan hotel lalu kita siap berangkat. Namun di tengah pandemi seperti ini, kita harus tahu terlebih dahulu zona mana yang aman untuk traveling,” jelas Arif Rahman.

Langkah berikutnya agar kamu aman wisata new normal adalah memperhatikan protokol transportasi di daerah wisata yang kamu tuju.

Kamu harus mengetahui transportasi apa saja yang diizinkan beroperasi dan syarat apa saja yang harus dipersiapkan untuk bisa menggunakan sarana transportasi tersebut.

Misalnya jika kamu ingin naik kereta api, pastikan apakah kamu membutuhkan surat hasil rapid test, dan jika membutuhkan, di mana kamu bisa melakukan rapid test dan berapa biaya yang dibutuhkan.

Yang tidak kalah penting saat hendak melakukan wisata new normal, kamu harus memeriksa kesiapan lokasi wisata yang kamu tuju untuk menerima kunjungan.

Apakah tempat itu sudah siap dengan protokol kesehatan yang baru. Kamu bisa melakukan pemeriksaan ini dengan mencari informasi terkait tempat wisata itu di internet.

Baca juga: Selain Gak Bikin Kantong Jebol, Ini 5 Manfaat Gaya Hidup Minimalis untuk Keuanganmu

Kebiasaan baru yang harus dilakukan selama wisata new normal

Setelah memastikan keamanan transportasi dan destinasi wisata, kamu jangan sampai lupa untuk menerapkan kebiasaan-kebiasaan baru yang harus dilakukan selama wisata new normal:

Wisata New Normal – Hindari keramaian

Hindarilah berkumpul dan berkerumun dengan banyak orang saat berada di lokasi wisata. Sebagaimana dianjurkan bahwa dalam rangka menghindari penyebaran COVID-19, kita harus melakukan social distancing.

Kamu harus selalu berupaya menjaga jarak dengan pengunjung tempat wisata lainnya. Dengan demikian kamu akan terhindar dari kemungkinan tertular COVID-19.

Cek suhu badanmu secara berkala

Kamu harus memastikan badanmu benar-benar dalam kondisi sehat ketika berwisata. Untuk itu kamu harus rajin-rajin secara berkala memeriksa suhu badanmu.

Pastikan suhu badanmu tidak lebih dari 37,3 derajat celcius. Kamu bisa meminta pertolongan petugas yang biasanya berjaga di lokasi wisata untuk mengecek suhu badanmu.

Terapkan metode contactless

Kalau bisa kamu harus menerapkan metode contactless saat berwisata. Misalnya, kamu ada baiknya membatasi transaksi tunai sebisa mungkin.

Untuk melakukan pembayaran transaksi kamu dapat menggunakan aplikasi pembayaran yang ada di gawai kamu, atau kamu dapat memanfaatkan kartu debet kamu.

Membawa peralatan makanmu sendiri

Demi menjaga kebersihan dan menerapkan metode contactless tadi, ada baiknya kamu membawa sendiri peralatan makanmu selama berwisata.

Termasuk membawa botol air minum sendiri jika memang diperlukan. Dengan demikian kamu bisa tahu kebersihan alat-alat yang kamu gunakan, dan juga mencegah kontak fisik dengan orang lain.

Wisata new normal – Mencuci tangan secara teratur

Kamu harus rajin-rajin mencuci tanganmu ketika berada di lokasi wisata. Segeralah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, atau pakailah hand sanitizer setiap kali kamu habis bersentuhan dengan barang di tempat umum.

Terutama kamu harus melakukan cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer ini ketika kamu hendak makan.

Selalu membawa health kit  di dalam tas

Biasakan untuk selalu membawa peralatan kesehatan sederhana di dalam tasmu. Kebutuhan peralatan kesehatan setiap orang tentu berbeda-beda. Pokoknya kamu sendiri yang tahu apa yang kamu butuhkan. Maka, persiapkanlah alat-alat kesehatan ini ketika hendak berangkat.

Paling tidak, kamu harus menyiapkan hand sanitizer dan tissue basah yang kemudian dapat kamu gunakan untuk membersihkan permukaan yang banyak disentuh oleh orang lain.

Selain menjalankan berbagai kebiasaan baru di atas, kamu harus disiplin mengenakan masker. Jangan sampai melepaskan maskermu, kecuali saat sedang makan.

Dengan demikian, perjalanan wisata new normal kamu akan tetap aman, dan hatimu pun terasa nyaman karena bisa mendapatkan hiburan.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Simak juga:

Bantu kami membangun aplikasi investasi yang sesuai untukmu

Unduh aplikasi Pluang di iOS atau Android dan bergabunglah bersama lebih dari 800.000+ orang yang telah merubah cara mereka berinvestasi.

google-play apple-store