21 Usaha Sampingan dengan Modal Minim yang Jamin Bikin Kamu Cuan

Dec 12, 2019

Di zaman seperti sekarang ini, banyak orang bekerja kantoran dibarengi dengan bikin usaha sampingan. Kalau kamu baru terpikir untuk bikin, ada beberapa usaha sampingan yang menguntungkan dapat kamu jajal.

Usaha sampingan tentu bukanlah sebatas pekerjaan tambahan, meski bukan pekerjaan utama kamu. Akan lebih baik kalau kamu memilih usaha yang sesuai dengan passion sekaligus bisa menebalkan kantongmu.

usaha sampingan yang menguntungkan

Kamu akan butuh usaha sampingan yang menguntungkan karena tentu uang yang terkumpul dari usaha sampingan itu dapat digunakan untuk berbagai keperluan. 

Penghasilan dari pekerjaan utama dapat kamu simpan sebagai investasi untuk jaminan hari tua. Sementara, keuntungan dari usaha sampinganmu dapat kamu gunakan untuk keperluan lain.

Selain itu, inflasi akan mempengaruhi kenaikan harga barang di masa mendatang, karena itu penghasilan dari pekerjaan tambahanmu dapat membantumu menambah investasi.

Biaya hidup semakin tinggi, kalau mau mengandalkan gaji doang, mana cukup, kan? Nah, bicara soal jenis usaha sampingan yang menguntungkan, ada baiknya kita memilah dan memahami jenis usaha mana yang paling cocok untuk kita.

Baca juga: 7 Investasi Unik Mainan yang Akan Laku Mahal di Masa Depan, Minat Beli?

Bikin usaha sampingan yang menguntungkan dan sesuai dengan kemampuanmu

Setiap jenis usaha tentu akan mensyaratkan kesibukan berbeda. Ada deretan usaha sampingan yang dapat kamu tekuni tahun ini dengan bujet maksimal Rp3 juta saja.

Baik kamu pekerja kantoran atau ibu rumah tangga dengan kesibukan urusan domestik, beberapa usaha sampingan dapat kamu kerjakan di tengah kesibukan lain.

Beberapa hal yang perlu kamu ingat-ingat kalau memulai usaha sampingan agar kamu bisa memperoleh keuntungan:

#1 Jangan sampai mager

Malas gerak, alias mager, selalu jadi penghambat orang untuk bisa maju. Kalau belum apa-apa sudah malas, ya jangan pernah berpikir usaha sampingan yang kamu lakoni bakal untung! Bergeraklah dan fokus juga tekun pada apa yang kamu kerjakan.

#2 Terapkan strategi jemput bola

Jangan terbiasa hanya menunggu. Untuk memulai usahamu dan memperoleh penghasilan besar dari sana, kamu mesti bersikap proaktif.

#3 Hindari boros saat memodali usaha

Saat memulai usahamu, perhitungkan dengan benar apa saja yang kamu akan perlukan. Bikin tabel yang merincikan pengeluaran dan penghasilanmu dalam beberapa bulan pertama. Kalau perlu, kamu juga mesti membandingkan harga dari tiap item dan beli yang paling sesuai dengan modalmu.

#4 Pilihlah usaha sampingan dengan peluang pasar luas

Jika kamu seorang yang kreatif, melakoni usaha sampingan pasti akan menyenangkan. Pastikan kamu memilih usaha yang meningkatkan kreativitasmu. Selain itu, lihat juga peluang usaha di sekitarmu.

#5 Rancang ide dan strategi untuk eksekusi usahamu

Bila sudah banyak yang melakoni usaha seperti yang kamu garap, kamu bisa memodifikasi jenis usahamu dengan lakukan survei pada pelanggan kompetitormu. Survei ini juga bisa dimulai dari orang-orang terdekat untuk mengembangkan produkmu.

Baca juga: Libur Telah Tiba! Ini 3 Manfaat Habiskan Waktu Berlibur Bersama Keluarga

Berbagai jenis usaha sampingan kreatif yang bisa kamu coba

Usaha sampingan bisa dikategorikan berdasarkan apa yang kamu tawarkan. Pada dasarnya apa pun bisa dijual, mulai barang hingga jasa, asalkan itu tidak melanggar hukum.

Berbagai bentuk bisnis yang kini sudah dikenal di antaranya bisnis kuliner, kraf, buku bekas, blogging atau vlogging, bisa jadi bisnis menjanjikan. Ingin tahu lebih lanjut soal usaha sampingan ini? Yuk, kita telusuri satu per satu:

Usaha sampingan untuk lingkup domestik

#1 Jasa menjahit

Usaha ini membutuhkan modal beli mesin jahit. Setidaknya harga mesin jahit bekas Rp2 jutaan, modal jarum dan benang sekitar Rp200-300 ribuan.

Bagi kamu yang belum bisa menjahit, bisa ambil workshop atau belajar dari video Youtube dan kunjungi beberapa situs web. Banyak kelas online menyediakan cara belajar menjahit. Belajar sebulan-tiga bulan, kalau sudah mahir, kamu bisa mulai bisnis ini dan mengiklankannya.

#2 Buka laundry kiloan

Punya mesin cuci yang nganggur dan enggak terpakai? Pemain bisnis di bidang ini kini makin banyak, apalagi kalau kamu punya rumah dekat wilayah kampus dan perkantoran. Kamu bisa mulai berkecimpung dan tawarkan jasa. Modalnya hanya dengan bikin selebaran flyer yang dapat kamu bagikan di perkantoran atau kampus dan kos-kosan mahasiswa.

Untuk wilayah dengan persaingan ketat, coba kerja sama dengan induk semang kosan untuk program antar-jemput laundry. Modal awal tentu adanya mesin cuci, tapi kalau kamu bisa tawarkan jasa cuci tangan plus setrika, bisnis ini lumayan menjanjikan. Tinggal sediakan saja timbangan, setrika, dan plastik untuk membungkus hasil cucian laundry.

#3 Jasa cuci motor atau mobil

Banyak orang yang antre menggunakan jasa satu ini. Menyediakan jasa cuci profesional hanya membutuhkan modal yang relatif terjangkau.

Paling tidak kamu butuh modal Rp3 juta untuk menyediakan semua peralatan profesional mencuci. Kebutuhannya di antaranya pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor.

Pengeluaran untuk tempat cuci tentu bisa dipangkas apabila kamu punya ruang kosong di rumah yang dapat kamu pakai.

#4 Jual pulsa elektrik dan jual bensin

Kamu dapat menyasar teman kantor, teman kos, atau tetangga sekitar untuk jadi target usahamu. Pebisnis pulsa skala besar di Jakarta bisa dapat omzet hingga Rp20 T setahun, lho.

Namun, usaha besar tentu dimulai dari langkah kecil dulu. Mulailah dengan bikin usaha jual pulsa dari skala kecil, dengan modal relatif kecil dari cicilan Rp50 ribu hingga Rp1 jutaan setiap bulannya kepada vendor/operator penyedia pulsa elektrik.

Tiap provider pulsa elektrik tentu punya ketentuan berbeda. Kamu tinggal pintar-pintar melakukan survei harga dan mengikuti aturan mainnya saja.

#5 Sediakan aneka kue dan jajanan pasar

Kalau kamu suka bikin kue seperti pastel, risol, dan camilan hari raya, kenapa kamu tidak jadikan ini bisnis rutin? Tidak ada yang bisa menolak camilan yang lezat. Bisnis ini bisa dijajal hanya dengan modal peralatan masak yang selama ini sudah bertengger di dapurmu.

Dari kue basah seperti bika ambon, brownies kukus, dadar gulung, lapis legit hingga kue kering seperti nastar nanas, putri salju, semuanya bisa kamu jajal. Modalnya umumnya Rp10 juta untuk satu bulan pertama, Rp9 juta untuk bahan baku (Rp300 ribu x 30 hari), Rp300 ribu untuk gas, dan Rp250 ribu untuk listrik dan air.

#6 Bikin katering atau jual makanan di depan rumah

Usaha ini bisa dimulai dengan modal sekitar Rp4 juta per bulan. Sekitar 80% bisa kamu pakai untuk beli bahan baku seperti telur, beras, daging, dan sayuran. Termasuk juga minyak goreng dan gas.

Bila belum ada order yang banyak, kamu bisa gunakan halaman depan rumah untuk tempat jualan makanan. Menunya bisa menyesuaikan dengan kegemaran pelangganmu.

Baca juga: Ganjaran Gaji Fantastis untuk Sektor Digital, Tertarik Pindah Haluan Kerja?

Usaha sampingan untuk orang yang doyan mobile

#7 Jasa titip alias jastip

Ini bisnis yang sedang populer. Kalau kamu doyan jalan ke luar negeri, kamu bisa sediakan sebagian dari bagasimu untuk “dibeli” oleh pelangganmu. Tidak hanya jastip ke luar negeri, ini juga bisa berlaku kalau kamu sedang jalan ke luar kota.

Lumayan, kan? Sekalian jalan di factory outlet, kamu bisa beli barang yang kamu incar, juga bisa beli untuk yang nitip. Dapat ongkos tip pula. Apalagi kalau mereka nitipnya barang mewah dan mahal.

#8 Makelar properti

Coba amati lingkungan sekitarmu, apakah sedang ada orang yang melakukan proyek pembangunan rumah atau apartemen? Jika iya, coba tawarkan dirimu jadi makelar. Jangan lupa tanyakan sistem komisi dan bonus yang diberlakukan supaya bisa jadi usaha yang menguntungkan untukmu.

Pemasaran properti ini bisa kamu lakukan lewat beragam cara, dari blog marketing, display marketing, hingga email marketing. Modalnya? Waktu dan ongkos transportasi doang. Cus, lakukan sambil jalan saja.

#9 Agen asuransi

Penghasilan yang diperoleh oleh para agen asuransi lumayan proporsional, lho. Kalau kamu ingin dapat hasil tinggi, maka kerja keras dan sanggup menjual produk asuransi dalam jumlah besar.

Agen asuransi yang berprestasi biasanya dapat kesempatan pengembangan diri lewat training dan banyak bonus menjanjikan. Coba daftarkan diri di perusahaan asuransi yang bona fide untuk keuntungan ini.

#10 Agen pemasaran umroh dan haji

Sama seperti asuransi, memasarkan bisnis umroh dan haji juga menjanjikan. Jumlah jamaah umroh capai hingga 1,6 juta orang pada setiap periode. Supaya tidak terlibat kasus penipuan umroh, cerdiklah memilih biro umroh yang bertanggung jawab.

Untuk setiap jamaah yang berhasil kamu ajak, kamu bisa dapat komisi berkisar antara Rp500 ribu hingga Rp1 juta. Suatu usaha sampingan yang menguntungkan, kan?

#11 Les privat

Suka mengajar mata pelajaran, bahasa asing, atau keterampilan tertentu? Mengapa tidak tawarkan jasa les privat?

Kamu bisa datangi rumah murid-muridmu pada awal memulai usaha. Apabila jasamu sudah mulai dikenal dan kamu punya banyak murid, tentu kamu bisa tawarkan jasa les privat di rumah.

#12 Bisnis MLM

Multi level marketing adalah metode pemasaran yang sudah jamak di masyarakat. Kamu bisa pilih produk tertentu yang menarik. Selanjutnya, untuk memasarkan produk, kamu bisa lakukan follow up dengan calon member lewat melakukan pertemuan langsung dan transaksi pembelian barang. Ingat, sama seperti bisnis biro umroh, berhati-hatilah memilih bisnis MLM, pastikan kamu mengikuti bisnis dengan sistem yang baik.

Baca juga: Staycation di Jakarta? Ini 8 Hotel Murah di Sepenjuru Jakarta yang Bisa Kamu Pilih

Usaha sampingan yang menguntungkan untuk mereka yang suka di depan layar

#13 Menulis atau mengedit konten

Ini usaha sampingan yang banyak ditawarkan kepada freelancer di internet. Dengan tingkat persaingan yang cukup ketat, pastikan kamu sudah memiliki track record dan punya porto folio yang menjanjikan untuk ditawarkan kepada klien.

Tingkatkanlah kemampuanmu dengan belajar mengelola artikel SEO. Kini, sudah banyak akses untuk belajar konten SEO lewat Youtube.

#14 Jasa penerjemah andal

Bisa banyak bahasa? Wuih, ini mah kamu tinggal tunggu klien untuk memakai jasamu. Tapi kalau kamu butuh cari klien, bangunlah portofolio yang menjanjikan dan tampilkan di blogmu. Klien umumnya akan mengecek dulu hasil terjemahanmu dan menawarkan pekerjaan kepadamu.

Untuk dapat nilai proyek yang menjanjikan, coba tengok situs web Himpunan Penerjemah Indonesia supaya dapat insight tentang tarif penerjemah yang kini sedang berlaku.

#15 Desainer grafis dan multimedia

Punya kemampuan menggambar, mengedit gambar, edit foto, dan mengelola software image editing? Bangunlah porto folio andalmu dan tawarkan jasa desain. Kalau perlu, kamu bisa bangun biro desain bersama dengan beberapa teman dan tunjukan performa andal kalian. Bila sudah punya cukup track record, tidak ada salahnya kamu pitching ke klien ternama.

#16 Kursus online

Ini untuk kamu yang doyan mengajar tapi mager. Rekam saja video pengajaranmu, lalu unggah di Youtube. Bikin channel Youtube khusus tentang keahlianmu dan bikin video “masterclass” yang menjanjikan. Iklan adsense yang datang dari jumlah visitor channel-mu bisa masuk ke akun Paypal dan lumayan juga, lho. Seru, kan, bisa sharing ilmu dan sekaligus tenar di era kekinian.

#17 Jadi influencer dengan konten berkualitas

Kini kita tentu tidak bisa lepas dari medsos. Iming-iming popularitas banjir saban hari. Kamu bisa juga jadi salah satunya. Luangkan waktu untuk brainstorm ide yang menarik untuk konten yang diperlukan orang di zaman ini. Bikin branding untuk dirimu sendiri, dan pasarkan dirimu.

Dengan akun medsos yang aktif, kamu bisa menghasilkan banyak dari endorsement yang dititipkan oleh klien. Ingat, kamu juga mesti jaga citra yang oke untuk menjaga jumlah followers.

Baca juga: 9 Rekomendasi Buku Keuangan Terbaik Ini Dijamin Bikin Kamu ‘Melek’ Finansial

Usaha sampingan yang menguntungkan lainnya yang bisa kamu lakoni lewat online

#18 Jadi blogger dengan konten favoritmu

Suka menyalurkan hobi lewat blog? Kamu bisa jual traffic dari situs webmu apabila jumlah pengunjungnya menjanjikan. Jadikan ini sebagai usaha yang menguntungkan bagimu. Untuk memulai usaha ini, pilihlah tema yang sesuai dengan passion kamu.

Tema-tema menarik blog ini tentu merentang dari musik sampai elektronik, dengan berbagai jenis konten yang bisa kamu tawarkan dari artikel, ulasan, hingga opini. Dengan konten blog yang berkualitas, kamu juga tentu membangun porto folio yang baik apabila ingin memperoleh klien menulis konten atau menerjemah.

#19 Buka toko online

Di era internet ini, transaksi finansial sudah banyak berputar di ranah online. Peluang toko online bisa banget kamu coba. Beberapa produk yang paling laris di toko online ini merentang dari pakaian, obat herbal, kerajinan khas daerah, pakaian vintage, perangkat elektronik, dll.

Kamu tentu bisa memilih spesialisasi toko online tertentu. Atau sekalian saja terjun di penjualan barang dengan tema general. Selain membikin akun di beberapa e-commerce yang sedang populer, kamu juga bisa bangun toko online sendiri dengan membuat akun medsos khusus.

#20 Tawarkan jasa pembayaran online

Kamu barangkali sudah terbiasa dengan transaksi finansial online. Tapi, perlu kamu ketahui, tidak semua orang bisa melakukannya sefasih kamu. Jadi, kalau ada kawan yang membutuhkan transaksi pembelian dengan kartu kredit di web e-commerce asing, coba saja tawarkan jasa pembelian ini. Tentu, kamu bisa minta komisi untuk tiap item pembelian. Ini juga bisa membantu penggunaan kartu kreditmu tampak kelihatan aktif di riwayat penggunaan.

#21 Gunakan aplikasi Airbnb atau Couchsurfing untuk sewa kamar

Punya kamar nganggur di rumah? Kamu bisa sewakan kamar itu dengan gunakan beberapa aplikasi seperti Airbnb, Booking.com, Airy Rooms, dan situs web lainnya. Ini tentu membantumu menghemat biaya maintenance kamar karena sudah dibayarkan oleh si penyewa.

Sumber: Cermati, Moneysmart

Simak juga:

Tetap Bisa Traveling Saat Kantong Tipis dengan 9 Trik Ini!

Gaji Pas-pasan? Pertimbangkan 4 Hal Ini untuk Mengambil Utang Produktif

Menyulap Hobi Menjadi Bisnis dengan 7 Trik Andalan Ini!

Pengin Bikin Start-up? Ini 5 Strategi Awal yang Harus Kamu Ketahui

Menabung Asyik dengan 5 Cara Fun Ini, yuk!