Trend Harga Emas Mingguan, Emas Menyentuh $1,930/oz!

Uang blog-image

Oct 23, 2020

Trend harga emas minggu ini menunjukkan pergerakan harga dikisaran yang cukup besar. Harga emas juga masih bergantung pada harapan perkembangan stimulus AS dan juga dolar AS.

trend-harga-emas
Pergerakan harga emas sepekan terakhir (16 Oktober – 23 Oktober). Sumber: Investing.com

Trend Harga Emas Minggu Ini:

  • Emas mencatat kenaikan pada hari Senin, didukung oleh melemahnya dolar AS. Hal ini dikarenakan oleh para trader yang mengamati upaya terakhir di antara anggota parlemen AS untuk mencapai babak baru langkah-langkah stimulus.
  • Di hari Selasa, emas mulai turun tipis snamun tetap terjaga di atas angka $ 1,900. Investor berhati-hati dan hal ini mengurangi daya tarik logam kuning sebagai lindung nilai terhadap inflasi. Saham, yang biasanya bergerak berlawanan arah dengan emas, juga sebagian besar turun pada hari Selasa.
  • Kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah, mungkin, terkait dengan kemajuan negosiasi stimulus fiskal antara anggota parlemen di Washington, juga membatasi kenaikan harga emas. Yield Treasury 10-tahun AS naik hampir 3 basis poin di sekitar 0,79%, dengan pelaku pasar mengaitkan beberapa keuntungan dengan ekspektasi pengeluaran pemerintah yang lebih besar ketika dan jika paket fiskal disetujui.
  • Harga emas naik lebih tinggi untuk hari ketiga berturut-turut pada awal Rabu, mendorong logam mulia ini lebih jauh di atas puncak satu minggu, karena kenaikan imbal hasil obligasi dibayangi oleh pelemahan dolar AS. Emas spot mencapai level $1,930/oz. 
  • Reli tiga hari emas yang mempesona terhenti pada Kamis karena dolar pulih dari level terendah tujuh minggu. Emas turun sebanyak $24.90, atau sebesar 1.3% ke bawah level kunci $1,900. Selain itu, imbal hasil treasury AS terus bergerak lebih tinggi. Data klaim pengangguran yang lebih kuat dari perkiraan membantu meningkatkan imbal hasil AS yang telah bergerak ke level tertinggi yang terlihat pada Mei 2020. 
  • Tetapi ini tidak berlangsung lama karena di hari Jumat, emas kembali mendapat dukungan meskipun dolar AS tetap kuat. Emas berhasil naik lebih tinggi ke atas level psikologis $1,910. Ini adalah tertinggi harian baru dalam dua jam terakhir. Logam kuning berhasil mendapatkan kembali beberapa traksi positif pada hari terakhir perdagangan minggu ini.

Baca juga: Perkembangan Pasar: Sentimen Positif Stimulus AS

Outlook Trend Harga Emas

Di hari Kamis, Presiden Donald Trump dan kandidat Demokrat Joe Biden telah menjalankan debat terakhir presiden sebelum pemilihan presiden 3 November. Investor akan mempertimbangkan hasil debat dan juga langkah-langkah stimulus terbaru.

Optimisme stimulus Ketua DPR Pelosi telah memberikan dorongan pada harga emas. Emas akan didukung oleh stimulus, meskipun nilainya dan waktunya masih menjadi tanda tanya besar. Jaring pengaman emas tetap merupakan upaya moneter Fed yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dukungan fiskal seharusnya menjadi pendorong untuk jalur emas kembali ke $2000. Untuk emas dapat menembus level yang lebih tinggi, lebih dari $2 triliun stimulus perlu disahkan sebelum pemilihan. Prospek jangka menengah bullish emas tetap utuh karena melonjaknya kasus virus di belahan bumi utara. Amerika Utara dan Eropa perlu meningkatkan upaya mereka karena penyebaran virus tampaknya ditakdirkan untuk mengembalikan langkah-langkah pembatasan yang akan melumpuhkan kegiatan ekonomi.

Pengumuman mengenai kemajuan pembicaraan stimulus muncul setelah berita pengobatan pertama yang disetujui untuk COVID-19. Berita itu meningkatkan kepercayaan investor dan, pada gilirannya, akan melemahkan status dolar sebagai mata uang cadangan global. Namun demikian, kenaikan kecil yang muncul pada sentimen risiko global dapat merusak permintaan emas sebagai tempat berlindung dan membatasi momentum kenaikannya.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Online Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dan Indeks S&P 500 Futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Investasi Sekarang

 

Bantu kami membangun aplikasi investasi yang sesuai untukmu

Unduh aplikasi Pluang di iOS atau Android dan bergabunglah bersama lebih dari 800.000+ orang yang telah merubah cara mereka berinvestasi.

google-play apple-store