Tren Harga Emas Masih di Bawah Level US$1.900 per Ounce

Artikel blog-image

Nov 20, 2020

Harga emas mendekati level terendah Juni yang dicapai hampir dua minggu lalu. Investor tengah mempertimbangkan berita tentang pengembangan vaksin untuk COVID-19 dan bantuan yang dapat dibawa dengan lonjakan kasus virus di beberapa negara.

Dampak Vaksin Pada Emas

Tren harga emas telah mengukir kisaran perdagangan di bawah US$1.900 per ounce sejak Pfizer mengumumkan pembacaan awal tentang keefektifan vaksin Senin lalu (9/11), menumpulkan permintaan untuk safe-haven.

Minggu ini, kabar bagus dari perkembangan vaksin berlanjut. Di hari Senin (16/11), Moderna Inc merilis rincian tingkat kemanjuran 94,5% untuk kandidat vaksinnya. Harga emas spot kembali jatuh dengan kabar ini.

Tetapi, di hari Selasa, emas dengan cepat pulih dari penurunan harga semalam. Investor mengklarifikasi kemungkinan jadwal sebelum program vaksinasi yang tersedia untuk umum diberlakukan, mendorong harga kembali mendekati paritas dengan harga pada hari Selasa. Perjalanan masih panjang sebelum pengiriman vaksin dapat dimulai.

Uji coba kandidat yang berhasil dari Moderna dan Pfizer Inc telah meningkatkan kemungkinan pemulihan ekonomi AS yang lebih cepat dari yang diharapkan. Hal ini menyebabkan investor mulai beralih ke aset berisiko dengan prospek pemulihan ekonomi, melemahkan harga aset safe-haven ini.

Pada hari Rabu, tren harga emas mengalami penurunan hari ketiga berturut-turut. Optimisme seputar perkembangan vaksin terbaru mendukung sentimen risiko, yang pada akhirnya membebani aset safe-haven. Selain itu, faktor lain yang menyebabkan penurunan juga adalah kekuatan dari greenback.

Menuju akhir minggu, Emas menetap di US$1.861 meskipun saingan dolar meluncur ke wilayah negatif. Dinamikanya adalah ketika dolar melemah, biasanya harga emas akan meningkatkan. Namun hal ini tidak terjadi di Jumat pagi.

Baca juga: Spot Emas Melemah, Apakah Tren Ini akan Berlanjut?

Tren Harga Emas dan Investasi 

Harga emas saat ini masih berayun di antara US$1.850 dan US$1.900 per ounce. Ada kemungkinan kisaran ini akan menjadi semi permanen. Pengecualian dapat terjadi jika stimulus ekonomi AS yang baru disahkan pada Tahun Baru. Tanggapan dari pemerintah terhadap pandemi ini akan menjadi katalis untuk emas.

Amerika Serikat melewati milestone yang suram pada Covid-19 pada hari Rabu. Angka kematian melebihi 250.000 sementara jumlah kasus melebihi 11,5 juta. Pakar kesehatan memperkirakan bahwa negara itu dapat segera melaporkan 2.000 kematian sehari atau lebih, sesuai atau melebihi puncak musim semi. Sejumlah 100.000 hingga 200.000 lebih orang Amerika dapat meninggal dalam beberapa bulan mendatang.

Berlanjutnya kasus pandemi seharusnya mendorong investor untuk beralih ke safe-haven seperti emas. Tetapi, prospek bullish logam kuning sepertinya telah ditumpulkan oleh banyak berita dari perusahaan obat.

“Tren harga emas telah melemah menuju batas bawah kisaran perdagangan baru-baru ini dan bisa rentan terhadap terobosan level $1,850 jika dolar melanjutkan rebound,” kata Ed Moya, seorang analis di OANDA New York.

“Pelemahan emas seharusnya hanya jangka pendek, tetapi jika momentum bearish berlanjut, level $ 1,800 akan terbukti sangat menarik bagi investor jangka panjang.”

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Bantu kami membangun aplikasi investasi yang sesuai untukmu

Unduh aplikasi Pluang di iOS atau Android dan bergabunglah bersama lebih dari 800.000+ orang yang telah merubah cara mereka berinvestasi.

google-play apple-store