Ramadan Kala COVID-19, Popularitas Tren Belanja Online Dongkrak Omzet 6 Platform Ini

Serba-serbi blog-image

May 20, 2020

Ramadhan kerap diwarnai riuhnya aktivitas belanja untuk persiapan berbuka puasa atau lebaran. Namun, pandemi COVID-19 mengubah cara kita berbelanja. Ramadhan tahun ini cukup berbeda di mana tren belanja online menjadi pilihan kita ketika ingin berbelanja.

Pandemi virus corona memaksa para penjual harus putar akal bagaimana tetap bisa menjual dagangannya. Dan ramadhan tahun ini, tren belanja online merupakan salah satu cara agar bisnis tetap bisa berjalan.

tren belanja online

Dilansir gizmologi (29/4), data McKinsey menyebutkan bahwa tren belanja online meningkatkan pertumbuhan e-commerce di Indonesia delapan kali lipat. Pada ramadhan tahun ini, angka pertumbuhannya di bulan April 2020 mencapai Rp65 M.

Ramadhan secara tradisional merupakan waktu yang menguntungkan bagi penjual makanan di negara-negara mayoritas Muslim, dengan lebih banyak orang pergi keluar untuk makan saat berbuka puasa saat matahari terbenam.

Tetapi dengan adanya wabah virus global, dengan lebih dari 2,6 juta orang terinfeksi, telah menyebabkan penertiban yang meluas. Kebutuhan pokok harus tetap dipenuhi, wajar jika tren belanja online menjadi sangat populer.

Baca juga: Pandemi COVID-19 Bakal Panjang, Apakah Indonesia Siap Hadapi Krisis?

Popularitas tren belanja online di ramadhan tahun ini

ramadhan tahun ini

Ramadhan tahun ini mungkin kamu lebih banyak berdiam diri di rumah kan karena work from home, self quarantine, dan social distancing. Kamu tentu lebih banyak berbelanja makanan melalui aplikasi semacam Go-food atau Grab-food.

Belanja makanan itu adalah bukti bahwa tren belanja online makin populer. Ramadhan tahun ini lusinan grup bazaar ramadhan juga telah muncul di Facebook, di mana penjual dapat menawarkan layanan pengiriman kepada pelanggan yang paling dekat dengan mereka.

Selain melalui aplikasi semacam Go-food atau Grab-food, dan grup Facebook, tren belanja online ini juga merambah situs jejaring pertemanan lainnya seperti di Instagram atau Twitter.

Kalau kamu suka makanan yang sudah jadi, kamu bisa dengan mudah memesannya melalui Go-food atau Grab-food.

Namun, bagaimana kalau kamu lebih suka memasak sendiri? Di ramadhan tahun ini kamu bisa memesan bahan-bahan makanan segar seperti sayuran dan buah melalui 6 platform ini.

Baca juga: Jangan Panik, Ini 9 Cara Positif Atasi Resesi Ekonomi Akibat COVID-19

6 platform untuk belanja sayur dan buah di ramadhan tahun ini

#1 Tren belanja online – Brambang.com

tren belanja online

Sebagai sebuah platform, Brambang.com menawarkan berbagai macam bahan makanan, seperti sayur, buah, daging, madu, bahkan minyak kayu putih.

Untuk pemesanan dan informasi lebih lengkap mengenai produk yang ditawarkan Brambang.com, kamu juga bisa mengeceknya di aplikasi yang tersedia.

#2 Panen abnormal

Tren belanja online selalu menghadirkan sesuatu yang unik dan istimewa. Panen abnormal adalah salah satu platform yang unik tersebut.

Unik karena toko ini menyediakan beragam produk yang ‘jelek’ tapi sebenarnya masih berkualitas. Tujuan dari platform ini adalah untuk mengurangi makanan yang terbuang sia-sia.

Untuk memenuhi kebutuhan memasakmu di ramadhan tahun ini, kamu bisa memesan buah dan sayur di Panen Abnormal melalui situs e-commerce Tokopedia atau melalui DM di Instagram. Jumlah ordernya bebas alias tidak ada order minimal.

#3 Tren belanja online – Happy Fresh

Kalau kamu memiliki keterbatasan waktu berbelanja untuk kebutuhan memasak di ramadhan tahun ini, maka aplikasi Happy Fresh cocok untukmu.

Happy Fresh menghadirkan bahan makanan segar seperti sayuran dan buah. Dan semua itu dapat diantarkan dalam waktu satu jam hingga beberapa hari tergantung jarak.

Happy Fresh bisa dibilang cukup terkenal di tren belanja online kebutuhan bahan makanan. Jadi kamu tidak perlu khawatir karena Happy Fresh juga bekerja sama dengan Ranch Market dan Farmers Market sehingga bahan makanan mereka akan selalu segar dan baru.

#4 Sayurbox

ramadhan tahun ini

Sayurbox adalah platform belanja kebutuhan harian dan bahan makanan lainnya yang dapat diandalkan.

Produk yang ditawarkan di situ beragam mulai dari sayur, buah, bumbu dapur, camilan, bahkan sampai jamu.

Untuk memesan, kamu juga tinggal menggunakan aplikasi yang tersedia atau mengunjungi situs Sayurbox.

#5 Tren belanja online – Go Mart

Mungkin Go-Food adalah salah satu fitur Gojek yang paling populer di tren belanja online. Di situ kamu bisa memesan makanan yang sudah matang. Selain Go-Food, Gojek juga punya fitur Go-Mart.

Di Go-Mart kamu bisa belanja bahan makanan, termasuk sayuran dan buah untuk kebutuhan memasakmu di ramadhan tahun ini.

Layanan Go-Mart ini akan mewakili pembeli berbelanja di supermarket seperti Hero, Transmart, Ranch Market, dan Total Buah.

Semua bahan makanan itu kemudian akan diantar ke rumahmu.

#6 Psyur.in

Toko sayur online ini menjual beragam produk yang ditanam oleh para petani urban di Bogor.

Produk-produk pertanian berbagai sayuran dan buah ini dapat diantarkan ke berbagai daerah di Jabodetabek. Kamu bisa memesan melalui DM atau pesan di Instagram.

Ramadhan tahun ini memang terasa lebih berat karena adanya pandemi COVID-19. Namun, kamu masih dapat meringankan beban hidupmu dengan adanya tren belanja online. Maka, daripada harus keluar rumah untuk berbelanja, kamu bisa mempertimbangkan menggunakan platform di atas. Selamat berbelanja sayur dan buah.

 Sumber: Reuters

Simak juga:

Demi Nawacita, Jokowi Kembangkan Tol Laut untuk Pengembangan Daerah Terpencil

Ini 7 Kostum Halloween Termahal di Dunia, Supreme Edition Iron Man Salah Satu Peringkat Teratas!

Berpenghasilan Lebih Besar dari Laki-laki, Ini Caranya jadi Wanita Karier Sukses!

Di Tengah Perang Dingin Teknologi AS-Tiongkok, 5G Huawei Optimis Akan Meledak di Pasar

Perbankan Terimpit Persaingan Fintech, OJK Dukung Merger Bank di Indonesia

Bantu kami membangun aplikasi investasi yang sesuai untukmu

Unduh aplikasi Pluang di iOS atau Android dan bergabunglah bersama lebih dari 800.000+ orang yang telah merubah cara mereka berinvestasi.

google-play apple-store