Tips Mengatur Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah

Uang blog-image

Oct 20, 2020

Pastinya ada perbedaan dalam mengatur keuangan saat sebelum menikah dan setelah menikah. Maka, tak heran banyak pasangan baru yang kebingungan bahkan cekcok ketika membahas keuangan keluarga. Begini tips atur keuangan setelah menikah!

Pasalnya, beberapa dari mereka belum mampu mengatur keuangan yang tepat setelah menikah. Masalah keuangan ini bahkan bisa berlanjut dan mempengaruhi kehidupan berkeluarga.

Tips Atur Keuangan Setelah Menikah

1. Jangan Menghabiskan Uang dari Tamu Undangan

Tips atur keuangan setelah menikah yang pertama adalah jangan menghabiskan uang dari tamu undangan resepri. Saat melaksanakan resepsi pernikahan pastinya akan ada tamu yang memberikan uang atau hadiah.

Jika kamu mendapatkan hasil yang cukup besar dari tamu undangan jangan langsung menghabiskannya untuk kebutuhan sehari-hari.

Kamu bisa menggunakan uang tersebut untuk keperluan masa depan, seperti mencicil KPR rumah, membayar utang pinjaman, atau untuk investasi keluarga.

Baca: Menikah VS Beli Rumah, Mana yang Harus Didahulukan?

2. Jangan Ada Dusta di antara Keluarga

Cara mengatur keuangan setelah menikah yang kedua adalah kamu harus terbuka dengan pasanganmu ketika sudah berkomitmen untuk menjalani hidup bersama.

Terbukalah dalam segala hal, baik dari hal pekerjaan sampai rencana memiliki anak.

Jangan sampai menimbulkan kecurigaan yang dapat menyebabkan percekcokan di dalam rumah tangga.

Kamu harus terbuka, berkompromi, dan bertanggung jawab agar kondisi keuangan rumah tangga tetap sehat dan aman.

3. Membuat Rekening Bersama

Setelah menikah, Tips atur keuangan baiknya kamu dan pasanganmu membuat rekening bersama. Ini adalah cara ketiga dalam atur keuangan setelah menikah.

Jadi, setelah menerima gaji atau pendapatan usaha, kamu dan pasanganmu harus menetapkan dulu jumlah uang yang akan disimpan di rekening bersama.

Uang yang berada di rekening bersama tidak boleh digunakan kecuali untuk kebutuhan darurat dan harus dikelola dengan baik.

Baca: 3 Tips Investasi untuk Pasangan Baru Menikah, Sudah Coba Belum?

4. Memilih Bendahara Keluarga

Cara mengatur keuangan idealnya di dalam sebuah keluarga harus ada satu orang yang dapat dipercaya untuk memegang dana.

Jika kamu termasuk pribadi yang teliti dan dapat mengelola keuangan keluarga, maka kamu bisa menjadi bendahara keluarga.

Menetapkan bendahara dapat memudahkan kehidupan rumah tangga karena ada satu orang yang bertugas untuk mengatur arus masuk dan keluar dana keluarga.

Sistem ini juga akan mempermudah perencanaan keuangan keluarga.

5. Tentukan Besaran Pengeluaran Keluarga Setiap Bulan

Buatlah catatan kecil yang berisi kebutuhan rumah tangga, seperti bahan makanan, tagihan, pajak, dan pengeluaran lainnya.

Setiap akhir bulan, sempatkan waktu dengan pasanganmu untuk menghitung seluruh pengeluaran rutin rumah tangga.

Kamu dan pasanganmu juga dapat menyesuaikan pendapatan yang diperoleh dengan pengeluaran rumah tangga.

Baca: Pengin Nikah Tahun Depan? Ini 7 Cara Menabung Cepat Siapkan Biayanya!

6. Alokasikan Gaji Masing-masing untuk Berbagai Kebutuhan

Bicarakan alokasi gaji dengan pasanganmu secara baik-baik.

Semua alokasi gaji untuk pengeluaran harus disepakati bersama pasangan karena keberhasilan sebuah keluarga dipengaruhi dari kemampuan mengatur keuangan keluarga.

7. Sisihkan Pendapatan untuk Tabungan Masa Depan

Biasakan menyisihkan sebagai pendapatan yang diterima oleh kamu dan pasanganmu.

Tabungan yang telah dikumpulkan tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan di masa depan.

Biayaa tersebut mencakup biaya pendidikan anak, investasi, dan biaya pengobatan.

Baca: Libur Telah Tiba! Ini 3 Manfaat Habiskan Waktu Berlibur Bersama Keluarga

8. Tidak Lupa Berinvestasi untuk Keluarga

Cara mengatur keuangan setelah menikah selanjutnya adalah dnegan berinvestasi. Investasi dipercaya dapat membantu keuangan keluarga tetap sehat.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk melakukan investasi demi keuangan keluarga.

Sebelum berinvestasi, ketahui keuangan keluarga agar produk investasi yang dipilih sesuai dengan kebutuhan tersebut.

9. Sediakan Dana Darurat

Sesuai dengan namanya, dana darurat digunakan untuk menutup biaya tak terduga, seperti sakit, kecelakaan, atau kematian.

Kejadian buruk dapat menimpa siapapun kapan saja, sehingga kamu dan pasanganmu wajib untuk menyiapkan dana darurat dari awal pernikahan.

10. Menjaga Komitmen dan Disiplin

Tanpa adanya komitmen dan disiplin, rencana keuangan sesempurna apapun akan gagal. Oleh karena itu, kamu dan pasanganmu harus tetap berkomitmen untuk menjalankan rencana yang sudah ditetapkan bersama.

Itulah 10 tips untuk kamu pasangan yang baru menikah! Tips mana yang susah kamu jalankan?

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Baca juga:

Bantu kami membangun aplikasi investasi yang sesuai untukmu

Unduh aplikasi Pluang di iOS atau Android dan bergabunglah bersama lebih dari 800.000+ orang yang telah merubah cara mereka berinvestasi.

google-play apple-store