Tips Investasi Sukses yang Sederhana

Panduan Investasi blog-image

Nov 20, 2020

Tips Investasi Sukses

Kebanyakan orang yang baru mengenal pasar saham percaya bahwa ada beberapa formula tersembunyi untuk sukses berinvestasi yang diketahui oleh orang-orang dari latar belakang bisnis atau mereka yang memiliki kualifikasi pendidikan di bidang keuangan / perdagangan.

Namun kenyataannya adalah bahwa aturan yang sukses cukup mendasar dan langsung. Nah kita akan membahas beberapa aturan sederhana namun kuat dari investasi yang sukses untuk menciptakan kekayaan dari waktu ke waktu.

Memulai sejak dini

Jika takut memulai berinvestasi semisal di saham kini semua bisa dimulai dengan uang virtual atau uang simulasi. Semisal jika ingin belajar memulai dengan membeli saham, beberapa sekuritas ternama mengizinkan bagi para calon investor untuk merasakan pengalaman berbelanja saham dengan uang virtual terlebih dahulu.

Beberapa platform fintech alternatif investasi bahkan dapat dimulai dari pendanaan cukup Rp 100.000 saja, serta semua proses pendaftar online dan mudah.

Tentu bagi para calon investor yang telah rajin menabung sejak kecil akan lebih mudah untuk beradaptasi melakukan kegiatan investasi seperti ini.

Baca juga: Bagaimana Menghitung Imbal Hasil Saham S&P 500?

Menetapkan tujuan investasi

Tips investasi untuk pemula berikut walau klise, tetapi cukup penting. Tujuan orang berinvestasi umumnya adalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan diluar gaji yang diterima sebagai karyawan (atau laba dalam konteks pebisnis).

Namun hal pasti yang perlu diperhatikan adalah jangka waktu dan tujuan akhir dari apa yang ingin dicapai dari penanaman modal. Bagi sebagian besar masyarakat kegiatan investasi dilakukan untuk memberi rasa aman pada saat pensiun kerja nantinya di hari tua.

Adapun orang lain menganggap tujuan investasi adalah untuk hanya melawan inflasi. Pada akhirnya semua pertimbangan harus melihat situasi keuangan calon investor, imbal hasil yang ingin dicapai dan jangka waktu.

Menginvestasikan kembali Imbal hasil

Kunci dari membangun kekayaan adalah memanfaatkan konsep bunga-berbunga atau compound interest, yakni konsep dimana bunga atau imbal hasil dari investasi diinvestasikan ulang termasuk pokoknya sehingga pertumbuhan keuntungannya eksponensial.

Semakin dini mulai berinvestasi, semakin besar efek keuntungan yang didapat dari konsep bunga berbunga. Sebagai ilustrasi, dengan asumsi instrumen dengan imbal hasil 10% dan pokok Rp 1 juta, dalam waktu 10 tahun akan menjadi Rp 2.6 juta yakni untung 1.6 juta.

Baca juga: Apa itu Externality?

Jika ditarik lurus ke 20 tahun, keuntungan akan menjadi Rp 6.8 juta, untung 5.8 juta! Hampir 3x lipat dengan jangka waktu yang sama. Jadi bisa dibayangkan berapa yang didapat jika rutin dan disiplin menunggu waktu yang memberikan imbal hasil keuntungan dari investasi.

Konsep pada tips investasi untuk pemula keenam ini telah teruji oleh Investor kawakan. Seperti Warren Buffet memanfaatkan teknik bunga berbunga selama lebih dari 50 tahun karirnya dan kini telah sukses menjadi salah satu miliarder ternama di dunia keuangan.

Sisihkan dana untuk investasi

Kegiatan berinvestasi tidak akan dapat dimulai tanpa ada dana yang disisihkan secara khusus oleh investor. Penyisihan dana secara rutin dapat dikatakan adalah bentuk komitmen yang nantinya membentuk perilaku investor agar rajin dan konsisten dalam melakukan kegiatan investasi.

Ini artinya bagi para calon investor, kedisiplinan untuk membagi secara rinci dan terukur pada portfolio keuangan mulai dari biaya untuk kebutuhan sehari-hari, tabungan, dana darurat, serta dana investasi sangat diperlukan.

Pasalnya, alokasi dana yang umumnya dilakukan oleh para investor adalah 10-20% dari uang pemasukan bulanan (bagi karyawan). Bagi beberapa orang, ada yang cukup ekstrim sampai dengan 80% uang yang didapat langsung diinvestasikan ke berbagai macam instrumen.

Tips untuk pemula kedua ini semua pada akhirnya kembali dihadapkan pilihannya bergantung pada profil risiko dan tujuan para investor.

Baca: Apakah Indeks S&P 500 Termasuk Dividen Saham?

Diversifikasi

Pembelian aset tidak terlepas dari risiko. Seperti peribahasa yang sering kita dengar: jangan menaruh semua telur ke dalam 1 keranjang. Sangat penting untuk melakukan alokasi dana ke instrumen aset-aset yang berbeda.

Sehingga jika terjadi suatu kejadian yang menyebabkan dana hilang. Maka kerugian dapat diminimalisasi dengan keuntungan imbal hasil yang didapat dari aset lain.

Diversifikasi dapat dilakukan tidak hanya dalam level aset itu sendiri (misal saham Bank mandiri dan saham Unilever). Tetapi diversifikasi bisa dilakukan lintas aset (misal investor memiliki portofolio tanah, emas, deposito, dan reksadana).

Alokasi dana di masing-masing aset pun bervariasi tergantung dari profil risiko dari investor. Tugas investor di sini adalah melakukan riset yang mendalam dan mencari titik optimal antara rasio potensi imbal hasil dengan potensi risiko yang akan dihadapi dari suatu aset yang diinvestasikannya.

Nikmati Keuntungan dengan Investasi Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di Google Play Store atau App Store untuk membeli emas digital dan S&P 500 index futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Untuk produk investasi emas, kamu bisa menarik emas fisik dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999,9 mulai dari 1 gram hingga 100 gram. Sementara dengan Pluang S&P 500, kamu bisa berinvestasi dalam kontrak berjangka saham perusahaan besar di AS seperti Apple, Facebook, Netflix, Nike, dan lainnya.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Produk investasi di Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Baca juga:

Bantu kami membangun aplikasi investasi yang sesuai untukmu

Unduh aplikasi Pluang di iOS atau Android dan bergabunglah bersama lebih dari 800.000+ orang yang telah merubah cara mereka berinvestasi.

google-play apple-store