Catat! 7 Rahasia Sukses Hidup Minimalis Seperti Mark Zuckerberg

Kisah Sukses

Jul 13, 2020

Apa itu gaya hidup minimalis? Apa saja tips gaya hidup minimalis yang bisa ditiru?

Banyak dari kita terbilang sangat mudah terjebak dalam pengambilan keputusan yang sia-sia. Banyaknya pilihan dan kerumitan yang ada menambah tantangan gaya hidup minimalis.

tips gaya hidup minimalis

Mengurangi kebingungan dalam mengambil keputusan untuk hidup minimalis bisa dimulai dengan memahami lebih jauh pengertian apa itu gaya hidup minimalis. Beberapa orang sukses di luar sana mengaplikasikan tips gaya hidup minimalis.

Keluarga Zuckerberg dan Branson adalah orang-orang yang cenderung menggunakan barang yang sama. Masih ingat, kan, cerita Zuckerberg yang pakai kaus dengan motif dan warna yang sama setiap hari? Hal ini bukan tanpa alasan. Saat ini, minimalisme tampaknya menjadi ciri banyak pemimpin perusahaan teknologi.

Dengan mengurangi pilihan, mereka bisa mengaplikasikan tips gaya hidup minimalis. Gaya hidup minimalis lebih menekankan waktu untuk memutuskan hal-hal penting dalam hidup.

Baca juga: 3 Jenis Modal Usaha, Dasar-dasar Financing Bisnis untuk Pemula

Mengapa gaya hidup minimalis?

Mark Zuckerberg terkenal dengan tips gaya hidup minimalis. Dia selalu memakai baju warna abu-abu dalam hampir setiap kesempatan. “Aku seperti tidak bekerja, jika hanya menghabiskan waktu dan energi untuk hal-hal yang remeh temeh di hidupku”, terang Zuckerberg dalam wawancara pada 2014.

Chu, pasangannya, mengatakan bahwa ia harus menghemat energi pada pilihan tentang hal-hal materi. Dan, bahwa sebaiknya Zuckerberg menggunakan energi itu untuk melakukan pekerjaan yang hebat.

Caring about less, will give you more! Itu adalah salah satu tips gaya hidup minimalis. Mungkin semboyan itu terdengar berlawanan dengan intuisi. Namun, sekali lagi ini tergantung pada seberapa besar energi yang kalian buang untuk hal-hal yang tidak penting.

Mark Manson menulis buku berjudul “The Subtle Art of Not Giving a Fuck” untuk menjelaskan hal yang senada. Buku ini banyak menjadi referensi untuk mencari tips gaya hidup minimalis.

“Kunci menuju kehidupan yang baik adalah tidak mempermasalahkan lebih banyak lagi; itu hanya memberikan pengertian tentang penghabisan, fokus tentang apa yang benar, penting, dan urgent,” salah satu kutipan dalam buku itu.

Penelitian terbaru pun menunjukkan bahwa ada korelasi antara kata-kata kotor dan kejujuran. Ada beberapa kutipan dari bukunya yang bisa dilihat untuk menjelaskan premis di atas. “(Ketika) kita merasa seolah-olah kita senantiasa berhak merasa nyaman dan bahagia setiap saat, saat itulah hidup mengalahkan kita.”

Seperti yang ditekankan Manson, melihat hal-hal yang tidak bisa didapat membuat perbedaan nyata. Pendekatan minimalis dapat menyelamatkan dari pemikiran negatif. Tips gaya hidup minimalis mengajarkan untuk tidak terlalu peduli tentang hal-hal yang tidak sepadan dengan waktu dan energi kita.

Baca juga: Catat! Ini 4 Pertanyaan Dasar untuk Tentukan Strategi Investasi

Tips gaya hidup minimalis untuk pemula

Perlu digarisbawahi, menjadi miminalis butuh waktu dan terbilang bukan hal yang instan. Bahkan, ada orang yang ragu, memulai, berhenti, dan mencoba lagi menjadi hidup minimalis. Agar efisien, berikut tips gaya hidup minimalis untuk beginner yang bisa dicoba.

#1 Tips gaya hidup minimalis – buat list

Buat list alasan mengapa kalian merasa perlu untuk melakukan gaya hidup minimalis. Jika kalian bosan dengan debt collector, tulis lah hal itu. Alasan ini bisa membantu kita mengingat inti permasalahan.

#2 Buang duplikasi

Lihat isi rumah dan masukkan barang-barang yang berjumlah ganda. Masukkan buku, karpet, gelas, dan sebagainya ke dalam kardus dan labeli sebagai ‘duplicate’. Setelah satu bulan, jika kalian tidak membutuhkan atau bahkan lupa apa saja isi dalam kotak itu, maka kalian bisa mendonasikannya.

#3 Menyatakan beberapa wilayah sebagai “zona dilarang berantakan”

Area ini bisa area dapur, meja nakas, atau laci di dapur. Gunakan area bersih tersebut untuk inspirasi hidup dengan lebih sedikit.

#4 Tips gaya hidup minimalis – bepergian sesekali

Bepergian bisa memperbaharui passion terhadap gaya hidup minimalis dan sederhana. Jika bepergian, coba membawa barang lebih sedikit. Dan lihat bagaimana rasanya membawa lebih sedikit di bagasi.

#5 Mengurangi pilihan pakaian

Cobalah menggunakan 33 pakaian untuk 3 bulan. Atau, lebih baik lagi, sesedikit mungkin dari jumlah itu. Mungkin cara ini terdengar ekstrem, tapi ribuan orang paham bahwa hal itu membuat hidup lebih simpel.

#6 Makan makanan yang sejenis

Pernahkah kalian berpikir berapa waktu yang dihabiskan hanya untuk memutuskan makan siang atau makan malam? Cobalah untuk menikmati sarapan dan makan siang yang sama. Untuk makan malam, buat pilihan menjadi 2 atau 3 menu saja.

#7 Satu juta untuk tabungan

Dana darurat sangat penting bagi kehidupan. Kalian bisa membuatnya menjadi tantangan yang menyenangkan. Menantang diri untuk menabung sebesar Rp1 juta selama 12 bulan bisa membantu menambah dana darurat. Hasilnya, pikiran kita juga akan lebih tenang dan tidak khawatir dengan keadaan darurat.

Mencoba tips gaya hidup minimalis bisa dilakukan perlahan. Asalkan kalian terus mencoba, meski itu bisa saja memakan waktu selama 10 tahun.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: Lifehack, Be more withless

Simak juga:

Minimalisir Risiko Investasi dengan Strategi Dollar Cost Averaging, Begini Caranya!

Apa Itu Diversifikasi?

3 Jenis Modal Usaha, Dasar-dasar Financing Bisnis untuk Pemula

Mengapa Harus Investasi Emas?