Terkesan Profesional, Ini Contoh CV Gratis Menarik yang Bisa Kamu Tiru

May 27, 2020

Template CV menarik bakal sangat berguna bagi kamu yang bekerja di industri kreatif. Deretan pekerjaan dan latar belakang profilmu akan makin berkilau jika kamu tampilkan dalam template CV yang juga ciamik. Temukan template CV gratis dan tips menulisnya dalam artikel ini!

Curriculum Vitae (CV) adalah dokumen penting bagi pelamar pekerjaan, apalagi jika yang dituju ialah perusahaan bergengsi.

Para bos di perusahaan bergengsi menyukai CV yang tidak bertele-tele, alias dibikin dengan padat, singkat, dan jelas, menerangkan kredibilitasmu pada pekerjaan yang kamu tuju.

template cv gratis

Karena itu, bagi kamu yang fresh graduate nih, sebelum mengajukan lamaran pekerjaan, sempatkan waktu percantik dokumen satu ini dengan temukan template cv gratis dan template cv menarik yang cocok dengan bidang kerjamu.

Jangan ragu karena artikel ini menyediakan format CV dalam 1 halaman dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia yang bisa kamu jadikan acuan.

Baca juga: Diberlakukan Sistem Upah Berdasarkan Jam Kerja, Untung atau Rugi bagi Pekerja?

Tips membuat CV yang menarik

template cv menarik

#1 Relevansi isi CV dengan pekerjaan yang kamu tuju

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan saat melamar pekerjaan adalah kesesuaian biodata dengan pekerjaan yang dituju. Sebagus apa pun CV buatanmu, meski kamu meniru template cv gratis paling cakep sekalipun, tetap saja yang terpenting adalah substansinya.

Jadi, pastikan kamu isi template CV-mu dengan informasi yang ringkas, padat, dan jelas tentang kemampuanmu secara umum.

Terutama, mendaftarlah pada pekerjaan yang sesuai dengan latar belakangmu. Karena itu, sangat penting bagimu untuk menemukan lowongan yang sesuai dengan bidang kerja dan keahlianmu.

#2 Profilmu mesti tampil mantap dan profesional dalam template cv yang menarik

Selain informasi yang kamu cantumkan dalam CV, yang akan menarik HRD adalah bagaimana kamu hadir di jejaring sosial. Misalnya, dari username akun medsos ataupun email kamu. Gunakan email yang benar dan profesional dengan nama asli dalam template CV.

Hindari nama-nama lucu-lucuan karena ini penting sebagai impresi bagi HRD agar ia tertarik dengan template CV kamu.

Baca juga: Tahun 2020, Tenaga Kerja dan Gaji Karyawan Startup Diprediksi Melonjak

#3 Tampilkan CV dengan informasi yang ringkas, padat, dan jelas

Substansi CV harus dibuat singkat dan sejelas mungkin. Bayangkan ketika kamu melamar ke perusahaan dengan jumlah pelamar hingga ribuan. Kamu bisa temukan banyak template CV gratis yang menarik untuk contoh.

Apabila template CV yang kamu buat tidak menarik dari lembar pertama, tentu kamu akan langsung gugur bersaing dengan deretan pelamar lainnya, kan?

Nah, jangan sampai kamu gugur karena CV! Template CV menarik adalah yang menampilkan informasi sepadat mungkin sehingga HRD tidak perlu menghabiskan waktu sekian menit hanya untuk melihat informasi pribadimu.

#4 Contoh Format Informasi CV yang diperlukan HRD, cek template CV gratis ini!

Berikut ini beberapa contoh template CV gratis yang menarik dan dapat kamu aplikasikan desainnya pada CV kamu. Masing-masing CV menampilkan kesan energik dan elegan, tergantung impresi yang ingin kamu tampilkan pada perusahaan yang kamu lamar.

CV gratis

CV menarik

curriculum vitae

Substansi CV

Secara umum, substansi dari CV yang perlu kamu siapkan, sebagaimana contoh dalam template CV gratis itu, adalah:

  • Data diri: berupa foto, nama lengkap beserta gelar, serta kontak pribadi berupa nomor ponsel, akun email, dan akun medsos kamu
  • Data pribadi: tipe personality (MBTI atau EPPS), tanggal lahir, status perkawinan, kebangsaan, dan bahasa yang kamu kuasai
  • Penjelasan singkat tentang dirimu, baik latar belakang pendidikan maupun pengalaman, serta kelebihan maupun kekuranganmu berdasarkan persepsimu
  • Kemampuan yang relevan terkait soft skill maupun hard skill yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu tuju
  • Daftar pengalaman kerja yang relevan
  • Riwayat pendidikan: universitas/kursus, jurusan yang ditekuni, dan informasi IPK serta periode waktu tempuh pendidikan

Nah, cukup terinspirasi, kan, untuk menyiapkan CV menarik buat melamar pekerjaan berdasarkan template CV gratis di atas? Bayangkan template CV yang kamu siapkan sebagai alat untuk bertempur ke medan perang dan siapkan semaksimal mungkin, ya!

Sumber: Finansialku, Cermati

Simak juga:

Naik Hanya 8,51%, Ini Alasan Serikat Buruh Tolak Kenaikan Upah Buruh yang Kecil

Di Tengah Perang Dingin Teknologi AS-Tiongkok, 5G Huawei Optimis Akan Meledak di Pasar

Perbankan Terimpit Persaingan Fintech, OJK Dukung Merger Bank di Indonesia