Punya Resolusi Keuangan untuk 2020? Wujudkan dengan 5 Trik Taktis Ini, Yuk!

Uang

Dec 29, 2019

Berhasil atau tidak dalam melakukan resolusi di tahun 2019, kamu tentu sudah kepikiran untuk bikin resolusi tahun baru 2020, kan? Lewat artikel Pluang ini, yuk pakai tips dan triknya untuk rencanakan resolusi keuangan buatmu yang tidak muluk-muluk untuk tahun mendatang.

Dari tahun ke tahun, kamu tentu sudah bisa melihat apa saja resolusimu dari tahun sebelumnya yang berhasil ataupun yang gagal kamu capai. Dan terkadang, beberapa resolusi jadi perlu dibawa lagi ke tahun selanjutnya!

resolusi keuangan

Resolusi tahun baru biasanya berisi hal-hal yang harus dilakukan agar dapat mencapai tujuanmu. Rentangnya bisa dari resolusi keuangan sampai resolusi pendidikan, karier, hingga percintaan.

Nah, agar kamu berhasil mewujudkan resolusimu di tahun 2020 nanti, yuk pikirkan resolusi yang tidak muluk-muluk.

Tentu resolusi keuangan ataupun pendidikanmu akan didukung juga bila kamu merencanakan mengurangi kebiasaan buruk dan membangun kebiasaan-kebiasaan “sehat”.

Apalagi kalau urusannya soal resolusi keuangan, wah ini bukan perkara mudah. Kamu tidak cukup menuliskan saja apa yang kamu harapkan. Kamu perlu komitmen dan kemauan keras untuk itu.

Karena itu, yuk simak tips dan trik berikut ini supaya resolusi keuangan 2020 kamu lancar jaya!

Baca juga: Tahun 2020, Tenaga Kerja dan Gaji Karyawan Startup Diprediksi Melonjak

#1 Semuanya dimulai dengan… komitmen!

Untuk mewujudkan cita-cita besar, kamu mesti menyusun langkah-langkah kecil. Karena itu, supaya kamu berhasil mewujudkan “resolusi besar”, kamu mesti mulai dari komitmen.

Itu artinya, untuk sukses dengan komitmenmu, kamu juga mesti membangun kebiasaan baik sehari-hari. Beberapa kebiasaan yang bisa kamu terapkan setiap hari untuk membantumu hidup lebih baik:

  • Detoks media sosial, karena biasanya media sosial menyita banyak waktumu. Padahal kamu bisa menggunakan waktumu untuk lebih aktif di dunia nyata dan merefleksikan hari-harimu. Cobalah berpuasa medsos dan beri waktu kepada dirimu untuk merencanakan resolusi tahun baru dengan lebih tenang. Ini juga bisa membantumu untuk kurangi gosip dan hal-hal tidak produktif.
  • Memilah barang tak terpakai, ini bisa membantumu untuk “meminimalkan” beban pikiran. Yang artinya, kamu juga meminimalkan beban hidupmu. Pilihlah barang-barang lama yang sekiranya sudah tidak terpakai lagi, seperti pakaian, peralatan elektronik, hingga peralatan dapur. Kamu bisa jual barang preloved itu atau sumbangkan.
  • Bergerak dan perhatikan asupan kalori, karena untuk bisa memikirkan dan sukses merencanakan keuangan, kamu butuh pikiran dan tubuh yang bugar. Jaga nutrisi untuk tubuhmu dan ingat gerak tubuh atau olahraga. Kamu bisa rencanakan pola makan sehat dan olahraga teratur tiga kali seminggu.

#2 Setelah kamu berkomitmen, sekarang saatnya… rancang tujuan spesifik!

Jika memiliki keinginan, kamu mesti spesifik tentang apa yang kamu inginkan. Artinya, kamu tidak bisa sekadar tulis: “aku ingin kaya” atau “aku ingin terbebas dari utang” atau “aku ingin punya tabungan”.

Jadilah terbuka dan jujur ke dirimu dan spesifikkan keinginanmu untuk resolusi tahun baru! Jika kamu berpikir kamu ingin kaya, maka kamu perlu menentukan langkah-langkah untuk jadi kaya. Rancang kegiatan apa saja yang berguna bagimu untuk wujudkan keinginan jadi kaya ini.

Begitu pula jika kamu bilang kamu ingin punya tabungan, pikirkan kembali, berapa persen dari penghasilan yang dapat kamu sisihkan setiap bulannya untuk tabungan itu? Misal, targetkan hingga akhir 2020 kamu bisa punya tabungan sebesar Rp36 juta karena kamu merasa bisa menyisihkan Rp3 juta setiap bulannya.

Baca juga: 21 Usaha Sampingan dengan Modal Minim yang Jamin Bikin Kamu Cuan

#3 Motivasi dirimu dengan berikan alasan tepat bagi setiap resolusi

Kamu perlu berikan alasan yang kuat mengapa kamu memancangkan resolusi keuangan untuk tahun 2020. Jangan sampai tujuanmu tidak beralasan.

Misalnya, pancangkan alasan mengapa kamu ingin menabung Rp36 juta hngga akhir tahun 2020. Apakah kamu ingin beli laptop baru?

#4 Pastikan resolusi tahun baru yang kamu bikin realistis

Inilah kenapa sedari awal kamu sebaiknya jangan bikin resolusi yang muluk-muluk. Meski tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, tapi kamu juga harus memahami kemampuan dirimu.

Kondisimu menentukan resolusi yang dapat kamu bangun. Jika kamu hanya mampu menabung Rp3 juta sebulan, tentu tidak mungkin dong kamu bikin resolusi keuangan untuk punya duit Rp1 M di akhir 2020?

Nah, dari sana saja kamu bisa melihat sejauh apa kamu bisa berekspektasi demi resolusi tahun baru yang masuk akal. Apalagi, tujuan yang tidak realistis biasanya justru menghambat kamu untuk mencapainya, lho. Berabe, kan? Nah, jangan sampai ulangi kesalahan yang sama!

#5 Setelah bikin resolusi yang realistis, tentukan tahapan mencapainya

Setelah kamu spesifikkan resolusi tahun baru ideal 2020, ini saatnya memecah resolusi tersebut ke bagian-bagian kecil.

Mengapa? Karena di setiap fase dari bagian-bagian itu, kamu akan punya kesempatan untuk melakukan refleksi dan mengevaluasi sejauh mana kamu berusaha untuk mencapai resolusi 2020.

Jika kamu targetkan Rp36 juta di akhir tahun, coba bagi tahun 2020 menjadi 4 bagian, jadi per kuartal, kamu mesti pastikan kamu telah menabung Rp9 juta. Artinya, untuk resolusi keuangan Rp36 juta pada akhir tahun 2020, pada bulan Maret, kamu sudah mesti pastikan kamu telah menabung Rp9 juta.

Nah, tidak sulit, kan, untuk mewujudkan resolusi tahun baru yang bisa membantumu mencapai resolusi keuangan dengan taktis?

Coba praktikkan tips dan trik di atas dengan didampingi partner yang mampu mengingatkanmu mengevaluasi resolusimu, ya!

Sumber: CNN Indonesia, Cermati

Simak juga:

Naik Hanya 8,51%, Ini Alasan Serikat Buruh Tolak Kenaikan Upah Buruh yang Kecil

Di Tengah Perang Dingin Teknologi AS-Tiongkok, 5G Huawei Optimis Akan Meledak di Pasar

Perbankan Terimpit Persaingan Fintech, OJK Dukung Merger Bank di Indonesia