Catat! 6 Kebiasaan Hidup Orang Kaya yang Bisa Ditiru

Kisah Sukses

Jun 25, 2020

Kita sudah banyak mendengar bahwa orang sukses karena kerja yang ulet dan memupuk pendapatan mereka secara rutin. Padahal, ada banyak cara orang miskin menjadi kaya yang perlu ditempuh selain urusan kerja dan menabung. Apa saja rahasia sukses orang kaya itu?

Kamu mungkin bertanya, apa yang memungkinkan Bill Gates atau Bob Sadino meraih pencapaiannya sekarang? Apa saja rutinitas yang dijalani orang-orang terkaya dalam daftar Forbes?

Banyak cerita tentang cara orang miskin menjadi kaya menunjukkan bahwa dibutuhkan ambisi yang kuat untuk mencapai tujuan tersebut. Dan mereka pun telah sukses menerapkan rahasia sukses orang kaya.

Buku The Billion Dollar Secret mendokumentasikan hasil wawancara selama lima tahun terhadap 21 taipan paling sukses di dunia.

Masing-masing dari mereka mengisahkan betapa uniknya perjalanan yang mereka tempuh hingga di posisinya sekarang. Terutama, mereka memiliki area expertise alias wilayah kepakaran yang memberi mereka keunikan tersendiri.

Terlepas dari betapa uniknya pendekatan mereka atas bisnisnya, ada 6 kebiasaan mereka yang beririsan.

Baca juga: Tetap Produktif Meski Kerja dari Rumah, Ini 9 Trik dari Para Freelancer Sukses

#1 Rahasia sukses orang kaya – mereka bangun lebih awal dari kebanyakan orang

Bagaimana bisa bangun lebih awal menjadi jalan untuk sukses? Tapi, kenyataannya demikian. Sebagian besar pengusaha tersukses di dunia menyatakan bahwa mereka biasa bangun sekitar pukul 5.30 pagi.

Mereka juga umumnya tidur cukup selama 7 hingga 8 jam untuk istirahat yang optimal.

Dini hari, ketika matahari baru mulai terbit, memancarkan semacam energi yang memberi tenaga.Kamu pun memiliki lebih banyak waktu untuk memikirkan rencana hari itu dalam keheningan. Bisa bekerja tanpa gangguan dan mempersiapkan mental untuk hari itu.

Manny Stul, CEO dari Moose Toys, mengaku bahwa awalnya ia sulit untuk melakukan kebiasaan ini. “Awalnya itu adalah perjuangan. Tetapi setelah sekitar dua minggu, saya bangun tanpa alarm.”

Dan setelah itu menjadi kebiasaannya, ia tak pernah berhenti melakukannya. Tidak peduli jam berapa pun ia pergi tidur, ia selalu bangun pagi dan berolahraga selama satu jam.

#2 Mereka fokus menjaga kesehatan

Untuk meraih impian, kesehatan yang memadai kita perlukan sebagai modal utama. Entah di usia 40 atau 80 tahun, rata-rata orang terkaya di dunia mengaku bahwa mereka tetap menjaga kesehatan dengan rutin beraktivitas.

Mengapa ini menjadi salah satu rahasia sukses orang kaya? Karena tak banyak yang menyadari bahwa olahraga juga memacumu tentang menang dan kalah. Mindset ini penting untuk menjalankan bisnis dan kehidupan. “Olahraga memberimu pelajaran tentang karakter, kompetisi, dan bagaimana bermain adil.”

Seorang pengusaha Brazil Lirio Parisotto menyebut ia berlari di treadmill paling tidak 3 kali dalam sepekan. “Rata-rata kaloriku yang terbakar setiap kali workout sekitar 1.000 kal,” ujarnya.

Dan ia melakukan rutinitas itu setiap saat ia sempat. Kendati ia mengaku itu cukup sulit dilakukan jika jadwal bepergiannya teramat padat. Tapi, setidaknya dia selalu berusaha melunasi hari-hari bolong itu ketika telah kembali ke rutinitasnya.

Baca juga: Bisa Bantu Krisis, Ini 5 Trik Memulai Dana Darurat Tanpa Ganggu Cashflow

#3 Rahasia sukses orang kaya – mereka banyak baca buku

Warren Buffett, investor paling disegani di dunia, mengaku sebagai pembaca yang rakus. Membaca, ujarnya, memberinya kekayaan pengetahuan. CEO Berkshire Hathaway ini mengaku membaca hingga 500 halaman per hari.

Sarannya? Bacalah sedari dini. Bacalah tentang apa saja yang menarik bagimu. Temukan bacaan yang dapat menjadikanmu orang yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Sebagian besar pengusaha sukses rutin membaca The Economist, Financial Times, Fortune, ataupun The Wall Street Journal.

Kamu juga bisa membaca rahasia sukses orang kaya lewat buku biografi figur-figur ikonik di bidang bisnis dan keuangan. Termasuk juga para penemu sains, sejarah dunia, ataupun perkembangan teknologi. Memberi kepalamu asupan bacaan terbaik akan menjadikanmu siap menghadapi berbagai tantangan. Fundamental bisnis itu perkara tantangan, kan?

#4 Mereka mengontemplasikan hidup

Orang-orang kaya tidak bekerja keras sepanjang waktu. Mereka tahu bahwa mereka selalu perlu menyisihkan waktu sejenak untuk… berpikir. Mengontemplasikan hal-hal yang telah dijalani, beserta capaian-capaiannya.

Meditasi dapat menjadi aktivitas yang menenangkan. Untuk dapat bekerja optimal, tubuh dan pikiran kita perlu rileks, bukan?

Kim Beom-su, salah seorang pengusaha internet paling sukses di Korea Selatan, mengaku bahwa ia selalu menyisihkan waktunya setiap pagi untuk berpikir mendalam. “Ketika mandi atau jalan santai di pagi hari, aku selalu menggunakan waktu-waktu itu untuk kontemplasi,” ungkapnya.

Taipan media Oprah Winfrey adalah seorang pendukung kuat aktivitas meditasi.

rahasia sukses orang kaya

#5 Orang-orang kaya bersetia pada rutinitas mereka

Rutinitas ataupun ritual termasuk sets of habit mereka. Jika kebiasaan-kebiasaan dijalankan secara konsisten, mereka percaya, hasilnya pun akan signifikan.

Beberapa dari mereka memiliki rutinitas yang kompleks, beberapanya lagi cukup sederhana. Tetapi sebagian besar dari mereka memiliki kesamaan rutinitas dalam memulai hari: bangun pagi, berolahraga, membaca, dan berkontemplasi.

Beom-su menyebut bahwa ia tidur sekitar pukul 11.30 petang untuk dapat terbangun pada pukul 5 atau 6 pagi keesokan harinya. Segera setelahnya, ia akan pasang headphone dan menelusuri jalanan di sekitar huniannya.

Sekembali dari berjalan santai, ia akan menikmati waktu dengan membaca; buku ataupun portal berita. Mendengarkan musik selama setengah jam, lalu menikmati sarapan, dan barulah lantas mulai bekerja.

#6 Mereka betul-betul menerapkan disiplin

Satu kesamaan utama mereka adalah mereka adalah orang-orang yang betul disiplin. Mungkin ini terdengar seperti rahasia sukses orang kaya yang paling sulit dilakukan oleh kita yang terbiasa prokrastinasi, ya?

Kamu tidak akan meraih pencapaian maksimal jika tidak didukung oleh persiapan yang memadai. Dan hasil yang optimal hanya bisa dicapai jika kamu disiplin melakukan persiapan dan berlatih.

Batasi dirimu dari distraksi ataupun hal yang menghambatmu mencetak progress. Teruslah asah skill. Tentu orang-orang kaya ini toh bukan superhuman. Barangkali terkadang mereka merasa malas, bedanya mereka menyadari ini dan berjuang untuk menerapkan disiplin.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Emas Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun. Emas yang kamu beli aman karena disimpan di Kliring Berjangka Indonesia (BUMN), produk emas Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah terlisensi dan diawasi oleh BAPPEBTI. Kamu juga bisa menarik fisik emasnya dalam bentuk logam mulia Antam dengan kadar 999.9 mulai dari kepingan 1 gram hingga 100 gram!

Sumber: CNBC

Simak juga:

Nggak Pakai Ribet, Begini Cara Praktis Top Up Kartu Flazz BCA-mu

5 Kesalahan Umum Menabung yang Wajib Kamu Hindari!

Jajal Peruntungan Bisnis Kuliner Online, Ini 7 Cara yang Bisa Kamu Coba

Enggak Semuanya Merugikan, Ini Lho Manfaat Kartu Kredit yang Perlu Kamu Tahu!

Jangan Dibiarkan, Stres di Tempat Kerja Harus Segera Ditangani dengan Cara Ini!