Pergerakan Emas Minggu Ini: Emas Masih Bertahan di Atas $1,900/oz

Uang

Oct 16, 2020

Di hari Jumat siang (16/10), harga emas masih stabil di atas level kunci $1,900/oz. Pergerakan emas minggu ini berada pada kisaran sempit dengan investor masih menunggu perkembangan stimulus baru AS. Meskipun demikian, emas menuju penurunan mingguan sebesar 1.2%, setelah kenaikan dua minggu berturut-turut.

  • Di hari Senin (12/10), emas berakhir lebih tinggi di level $1,925/oz karena adanya ketidakpastian seputar pemilihan presiden AS. Ekspektasi untuk kesepakatan pada paket stimulus COVID-19 mendorong harga untuk bertahan di level tertinggi sekitar tiga minggu. Namun, di saat yang bersamaan ekuitas global juga naik dan membatasi kenaikan logam.
  • Tetapi, harga emas merosot di setelah dolar kembali bergerak. Sementara itu Eropa juga sedang memerangi gelombang virus kedua, kekhawatiran untuk Brexit kembali, dan ECB sedang mempertimbangkan tindakan pada pertemuan 28-29 Oktober.
  • Pendorong bearish emas saat ini adalah: Dolar yang lebih kuat berkat situasi virus yang lebih buruk di Eropa, kebuntuan stimulus fiskal di AS tidak mungkin diselesaikan sebelum pemilu, dan taruhan safe-haven dari ketidakpastian pemilu telah mereda karena Wall Street tumbuh nyaman dengan blue wave.
  • Harga emas gagal mencapai resistance pada $1,930 dan turun 1.65% menjadi $1,891/oz. Dari penurunan di tengah minggu ini, dolar AS- lah yang menyebabkannya. Hal ini juga menunjukkan bahwa aliran atau flow uang cepat dan bukan aliran uang jangka panjang, yang mendorong pergerakan harga intra-day emas. Tetapi penurunan ini tidak berlangsung lama karena pada hari Rabu, emas berjangka mulai naik perlahan di $1,897 lalu menuju $1,915.
  • Di hari Kamis, emas memulih dan menetap di zona hijau untuk hari kedua berturut-turut, tetap di atas level kunci $1,900/oz meskipun ada hiruk pikuk kebingungan atas apa yang diinginkan pemerintahan Trump untuk kesepakatan bantuan Covid-19 yang baru. 
  • Emas sempat turun pada hari Jumat siang dengan emas berjangka berada di level $1,908/oz. 

Outlook untuk Pergerakan Emas

Emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap penurunan nilai mata uang dan inflasi. Di tahun 2020, emas telah naik lebih dari 27%, didorong oleh langkah-langkah stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal ini berlaku di seluruh dunia untuk meredam kejatuhan ekonomi dari krisis saat ini.

Namun, investor terus meragukan kesepakatan yang terwujud sebelum pemilihan presiden 3 November. Pergerakan harga emas dapat berada dalam kisaran sempit untuk bulan Oktober. Namun, tetap ada potensi cukup lebar di kisaran $1,850 – $1,950 diharapkan untuk minggu depan.

Emas mungkin berada dalam beberapa hari yang sulit sampai rebound dolar berakhir. Tapi, harapan untuk kenaikan emas masih ada. Akan ada lebih banyak pelonggaran dari ECB, dan dukungan fiskal AS hanya tertunda. ‘Fed put’ akan mencegah dolar dari reli yang serius. 

“Stimulus fiskal sebelum 3 November tampaknya kurang mungkin dan jika pemilu menghasilkan blue wave, rencana belanja infrastruktur Biden akan sangat negatif untuk dolar AS. Dan menjadi positif untuk emas,” kata Ed Moya, seorang analis dari OANDA.

Diversifikasikan Portofoliomu dengan Investasi Online Aman di Pluang!

Download aplikasi Pluang di sini untuk membeli emas digital dan Indeks S&P 500 Futures dengan harga paling kompetitif di pasaran! Selisih harga jual-beli terendah dan tanpa biaya tersembunyi apapun.

Investasi kamu aman karena disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (BUMN). Pluang dikelola oleh PT PG Berjangka yang sudah berlisensi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Segera download Pluang dan nikmati keuntungannya!

Mulai Investasi